Minggu, 20 November 2016

Gejala Awal dan Ciri Ciri Penyakit Fertigo dan Makanan Untuk Penderita Vertigo

Penyakit Fertigo - Kesehatan merupakan hal mutlak yang harus selalu dipelihara oleh setiap orang. Tanpa tubuh yang sehat dan bugar, tentu manusia tidak bisa menjalankan aktifitas merekan dengan lancar berdasarkan harapan mereka. Apabila waktu sakit datang maka baru akan terasa pentingnya kesehatan untuk tubuh manusia.

Gejala Awal dan Ciri Ciri Penyakit Fertigo dan Makanan Untuk Penderita Vertigo


Salah satu jenis penyakit yang sering menyerang tubuh adalah penyakit vertigo. Gejala awal dari penyakit ini ditandai dengan pusing seperti kepala yang terasa berputar atau biasa juga dengan gejala penglihatan terbalik. Dampak buruk yang mungkin akan dialami oleh penderita diantaranya adalah tidak mampu berdiri sebab sakit kepala berat yang melemahkan tubuh.

Mengenal Gejala Awal dan Ciri Ciri Penyakit Fertigo

Vertigo merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti memutar. Penyakit Fertigo terkadang disertai dengan rasa terhuyung, dimana penderita merasakan seperti akan jatuh disertai dengan bunyi yang berdengung pada telinga. Tapi vertigo bisa juga muncul karena terjadinya gangguan pada mata ataupun leher.

Hal ini dapat terjadi misalnya karena ukuran lensa antara mata kanan dan kiri yang berbeda jauh. Atau dapat juga terjadi karena adanya gangguan pada sumbu mata yang kemudian menyebabkan penglihatan menjadi kabur dan rangkap.

Pada dasarnya vertigo merupakan jenis gangguan keseimbangan disusunan saraf yang secara pasti penyebabnya sulit untuk dipastikan. Berbagai macam jenis penyakit pada bagian tubuh lain ataupun di sekitar otak juga dapat menimbulkan Penyakit Fertigo. Rasa sakit karena vertigo terkadang disertai dengan rasa mual, keringat dingin, pucat, perubahan denyut nadi, muntah, dan diare dan tekanan darah.

Gejala Awal dan Ciri Ciri Penyakit Fertigo dan Makanan Untuk Penderita Vertigo
Disamping itu, faktor dari usia seseorang yang semakin tua, kebiasaan kurang tidur, dan berbagai tekanan hidup merupakan beberapa faktor yang juga dapat menyebabkan penyakitvertigo. Berikut ini akan dibahas berapa ciri – ciri dari Penyakit Fertigo:

 Ciri Ciri Penyakit Fertigo perlu dikerahui

1. Penderita yang mengalami masalah vertigo akan merasa bahwa dirinya ataupun benda – benda yang ada disekitarnya seperti bergerak atau berputar-putar.

2. Terjadinya gerakan mata yang abnormal.
Hal ini merupakan salah satu petunjuk akan adanya kelainan dari fungsi pada telinga bagian dalam. Hal tersebut juga sebagai pertanda akan adanya kelainan di bagian saraf yang berhubungan dengan otak.
Gerakan pada mata yang cepat dari kanan ke kiri ataupun dari atas ke bawah disebut dengan Nistagmus. Untuk mendeteksi nistagamus ini sebagai diagnosa terhadap vertigo, dapat dilakukan dengan cara menggerakkan kepala penderita dengan tiba-tiba. Cara lain yang dapat digunakan adalah dengan meneteskan air dingin ke dalam lubang telinga si penderita Penyakit Fertigo.

3. Penderita dari vertigo mengalami pusing, mual dan juga muntah. Bahkan penderita biasanya merasa seperti akan terjatuh.

Setelah mengetahui gejala awal dan juga ciri – ciri penyakit vertigo, kita juga harus mengetahui penyebab dari penyakit ini. Penyebab terbanyak dari vertigo adalah ganggunan yang terjadi pada leher. Gangguan leher ini terjadi karena adanya pengapuran ditulang leher yang kemudian dapat menyebabkan vertigo. Tulang leher yang mengalami gangguan dapat menyebabkan rasa terhuyung ataupun sempoyongan di kepala.
Disamping itu, gangguan pada leher dapat terjadi karena pola hidup ataupun pola kerja yang tidak seimbang. Stres ataupun tekanan karena pola kerja yang tidak seimbang ini dapat menyebabkan Penyakit Fertigo. Pekerjaan seperti mengetik dengan posisi layar monitor komputer yang terlalu tinggi pun juga dapat menyebabkan vertigo karena terjadi ketegangan leher.

Makanan Sehat untuk Penderita Penyakit Fertigo

Vertigo bukanlah sebuah penyakit yang asing. Penyakit ini sangat sering menimpa seseorang karena pola hidup yang kurang teratur. Untuk membantu meringankan maslaah penyakit ini, maka dibutuhkan asupan makanan yang dapat menunjang penyembuhan dari vertigo ini. Berikut ini adalah beberapa Makanan Untuk Penderita Vertigo yang baik di konsumsi:

1. Bayam
Bayam kaya akan Vitamin B6 yang sangat baik untuk dikonsumsi sebagai makanan untuk meringankan penyakit vertigo. Penderita dari penyakit vertigo memang sangat membutuhkan banyak asupan dari Vitamin B6. Anda perlu memasak bayam dengan cara yang benar. Tipanya adalah jangan mengkonsumsi bayam saat sudah dimasak melebihi 4 jam.

2. Paprika
Memasukan paprika kedalam menu masakan sehari – hari juga sangat disarankan sebab sayuran ini juga kaya akan Vitamin B6. Sebab harganya yang cukup mahal, maka tidak banyak dari penderita vertigo yang mengkonsumsinya. Namun apabila ingin benar – benar melakukan usaha penyembuhan , anda dapat mengkonsumsinya setiap hari. Paprika juga merupakan merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk para penderita penyakit ginjal.

3. Ikan Air Tawar
Penderita Penyakit Fertigo juga sangat disarankan untuk menghindari jenis daging – dagingan. Oleh sebab itu untuk menambah asupan protein, anda dapat menkonsumsi ikan air tawar. Ikan air tawar sangat baik dikonsumsi untuk mengurangi gejala vertigo.

4. Putih Telur
Putih telur merupakan jenis makanan yang kaya akan protein yang sangat baik bagi tubuh. Apabila anda mengalami vertigo, cobalah untuk rutin mengkonsumsi telur.

5. Mengkudu
Mengkudu memiliki banyak nutrisi yang sangat baik dalam meringankan gejala penyakit vertigo. Ada tidak harus memakan langsung buah mengkudu yang memiliki rasa pahit ini. Tapi anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk pil yang telah banyak dijual di apotek atau yang biasa disebut dengan ekstrak. Buah ini juga dipercaya bisa membuat tubuh anda menjadi lebih segar serta tidak gampang merasa letih.

6. Pisang
Buah pisang juga bagus dikonsumsi oleh penderita Penyakit Fertigo. Selain untuk menambah energi supaya tetap bertenaga, buah pisang juga baik untuk memperbaiki sistem imun tubuh. Kelebihan lain dari buah ini adalah juga harga nya sangat terjangkau serta sangat mudah ditemukan.

7. Buah Citrus
Aneka macam buah citrus seperti lemon, anggur dan jeruk yang kaya akan Vitamin C sangat baik dikonsumsi oleh penderita Penyakit Fertigo. Buah – buahan jenis ini dapat dijadikan anti-oksidan bagi tubuh sehingga dapat mengurangi kambuhnya penyakit vertigo yang diderita.

8. Alpukat
Buah alpukat memiliki banyak kandungan Vitamin B6 dan lemak tidak jenuh. Sehingga buah ini sangat cocok dikonsumsi oleh para penderita Penyakit Fertigo. Buah ini dapat dikonsumsi langsung atau dalam bentuk jus. Atau anda juga bisa mencampurnya dengan beberpa hidangan seperti pasta atau salad. Buah ini juga dipercaya dapat dikonsumsi untuk menyembuhkan penderita tipes.

9. Jahe
Air dari rebusan jahe yang dicampur dengan sedikit gula juga sangat bagus dikonsumsi oleh para penderita Penyakit Fertigo. Jahe bisa mengurangi rasa mual serta menghangatkan tubuh anda. Jahe juga mampu memberikan efek relax pada tubuh penderita vertigo. Disamping itu, jahe juga sangat baik dimanfaatkan sebagai obat penghilang amandel yang cukup ampuh dan tentunya aman. Lalu apa Makanan Untuk Penderita Vertigo yang dilarang. Lihat juga Cara Mengobati Vertigo Secara Alami Tradisional Dengan Cepat & Tanpa Obat.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Vertigo


makanan – makanan yang harus dihindari penderita vertigo. Inilah makanan yang harus dihindari penderita vertigo:

  • Kurangi makan telur, apapun jenisnya
  • Hindari juga buah-buahan yang berkulit tebal, seperti durian, nangka serta jengkol
  • Hindari minuman es
  • Dan hindari juga minuman yang mengandung alkohol
  • Hindari masakan yang di goreng
  • Hindari makanan yang memakai santan kental
  • Hindari konsumsi berbagai jenis kue dan selai, seperti martabak, mentega, keju dan susu
  • Hindari masakan jeroan, baik ayam, kambing maupun sapi
  • Hindari masakan yang mengandung bumbu kemasan, seperti mie instan
Sekian saja dari www.obatpusing.com bahasan luas tentang vertigo semoga memberi wawasan baru.
Previous Post
Next Post

0 komentar: