Kamis, 16 Februari 2017

Apa Faktor Penyebab Kanker Otak Pada Anak Remaja Dan Pencegahannya

Penyebab kanker otak dan pencegahannya- kanker otak ialah sekumpulan dari sel-sel otak yang tumbuh abnormal dan diluar kendali. Sebagian sel-sel penyebab kanker otak dapat menyebar melulai jaringan otak, tetapi uniknya dari sel ini jarang menyerang ke area bagian vital tubuh lainnya. Namun pada kasus kanker otak jinak saat mereka sedang berproses tumbuh, sel-sel tersebut sanggup menghancurkan dan bahkan menekan jaringan pada otak yang normal lainnya, sehingga dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen yang fatal bagi otak. Dalam istilah dunia medis, terkadang dokter lebih suka memakai istilah “tumor otak” daripada “kanker otak”.

Apa Faktor Penyebab Kanker Otak Pada Anak Remaja Dan Pencegahannya

Pada kasus ini yang menjadi fokus utama pada pasien kanker otak ialah seberapa cepat mereka menyebar melalui bagian otak/syaraf tulang belakang lainnya dan apakah mereka bisa diangkat atau disembuhkan dan adanya kemungkinan akan kembali kambuh atau tidak. Kanker otak dan syaraf tulang belakang yang dimiliki orang dewasa atau remaja berbeda dengan yang dimiliki oleh anak-anak. Maka dari itu, sel-sel penyebab kanker otak tersebut juga bisa terbentuk dan berkembang dari sel yang berbeda. Sehingga pendekatan dalam pengobatannya juga bisa berbeda.

Apa Faktor Penyebab Kanker Otak Pada Anak Remaja Dan Pencegahannya

Penyebab Timbulnya Kanker Otak Pada Remaja

Penyebab dari terbentuknya kanker otak pada remaja belum bisa dipastikan dengan jelas. Diduga akibat radiasi ionisasi dapat menyebabkan pertumbuhan kanker pada otak manusia. Radiasi ionisasi ialah energi yang mempunyai radiasi tinggi yang mampu menyebabkan kerusakan pada molekul DNA, sehingga dapat mengakibatkan mutasi sel penyebab timbulnya kanker otak. Kebiasaan hidup yang tidak baik seperti merokok dan mengonsumsi minuman berakohol juga bisa turut berperan aktif sebagai penyebab kanker otak.

Pada dasarnya setiap manusia mempunyai sel kanker dalam tubuhnya dan umumnya sel tersebut juga tidak bisa tumbuh normal di dalam tubuh manusia. Sel kanker dapat tumbuh subur karena di berikan pemicu dari makanan-makanan yang banyak mengandung pengawet dan biasa kita makan. Terkadang kita juga tidak menyadari kebiasaan-kebiasaan buruk yang kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari dapat menyebabkan sel kanker berubah menjadi sel aktif.

Berikut beberapa faktor yang juga dapat menyebabkan timbulnya kanker otak:
  1. Faktor genetik
    Faktor pertama yang dapat menjadi penyebab kanker otak pada anak ialah genetika. Faktor ini dapat terjadi jika si penderita mempunyai garis darah atau pada turunan di anggota keluarganya yang lain pernah mempunyai penyakit sejenis kanker. Faktor ini sudah terbukti dan banyak yang terjadi, karena ikatan pada gen sangatlah kuat dan dapat membawa sejenis penyakit turunan pada si penderita.
  2. Faktor terkena benturan keras di kepala anda
    Disaat kepala anda terkena benturan dari benda tumpul atau keras, faktor tersebut akan memicu terjadinya trauma di kepala dan juga bisa memicu timbulnya sel penyebab kanker otak remaja.
  3. Radiasi
    Gelombang atau signal dari efek radiasi elektronik yang terkena pada anggota tubuh juga bisa memicu timbulnya sel kanker di tubuh anda. Dan tidak menutup kemungkinan radiasi elektronik ini juga bisa menjadi penyebab kanker otak.
  4. Makanan pengawet
    Pada makanan yang banyak mengandung zat karsionegik dan banyak terdapat di makanan yang sebagian banyak telah diawetkan dapat menjadi penyebab kanker otak utama yang susah dijauhi oleh kita. Sekarang ini susah dalam membedakan makanan yang telah diawetkan dengan yang tidak, karena hampir semua makanan yang dijual di pasar dan supermarket telah mengandung bahan pengawet. Maka dari itu pintar-pintarlah dalam memilih makanan.

Ciri Dan Gejala Dari Penyakit Kanker Otak

Untuk mewaspadai penyakit ini dapat menimpa siapa saja, anda bisa mempelajari tanda-tanda dari gejala yang ditimbulkan oleh penyebab kanker otak, ciri-ciri gejala umumnya ialah:
  1. Sakit pada kepala
    Sakit yang dirasakan oleh penderita kanker otak ialah rasa sakit atau pusing pada kepala yang tidak biasa, seperti rasa pusing yang terjadi pada kepala bagian belakang, nyeri dan sakit pada bagian belakang telinga serta seperti sedang ditekan. Sakit tersebut sering muncul dan kambuh dengan disertai dengan rasa mual berlebih,
  2. Gangguan pada mata
    Akibat rasa sakit yang ditimbulkan atau dirasakan dikepala anda, hal ini berdampak pada daya penglihatan anda menjadi sedikit berkurang, kabur dan berbayang.
  3. Mati rasa
    Ada beberapa bagian tubuh yang akan sulit digerakkan untuk beberapa waktu, seperti pada bagian tubuh kaki, tangan, dll. Bahkan pada beberapa kasus ada yang sampai mengalami efek kejang di tubuh dan disertai dengan sulitnya menjaga keseimbangan saat sedang dalam keadaan sadar.
  4. Perubahan perilaku
    Pada penderita yang telah positif terkena kanker otak ini, akan sering merasa lemas dan tak bertenaga. Dan cepat lelah, tidak bisa melakukan pekerjaan berat.
  5. Pendengaran terganggu
Penderita juga akan mengalami pendengaran yang sesikit terganggu secara bertahap.
Itulah beberapa gejala yang dapat dikenali tandanya jika terkena penyakit kanker otak. Jika anda mengalami beberapa tanda diatas dan telah berlangsung agak lama, segeralah periksakan tubuh anda dengan melakukan citiscan pada kepala dan beberapa rotgen untuk memeriksakannya secara detail. Baca juga artikel kesehatan lainnya: Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga Yang Kemasukan Air Dan Akibatnya.

Ciri Ciri Kanker Otak Rambut Rontok

Rambut rontok bisa jadi salah satu ciri pentakit lupus yang setara dengan kanker kondisi dimana tubuh merah dan sering lelah.

Tips Pencegahan Agar Terhindar Dari Penyakit Kanker Otak

Beberapa hal yang bisa anda lakukan sebagai bentuk pencegahan dan membentengi diri dari penyakit berbahaya seperti kanker otak dan penyakit berbahaya lainnya sangat penting untuk anda ketahui terutama kaum remaja, untuk itulah kami merangkum beberapa ulasan berikut agar anda bisa melakukan pencegahan dari sedini mungkin. Berikut beberapa hal dan tips pencegahan yang bisa anda lakukan:

  1. Usahakan untuk selalu menjaga kepala anda agar tidak terbentur oleh benda yang keras dan tumpul, karena hal itu bisa membahayakan kesehatan otak dan bisa menambah resiko terkena penyebab kanker otak. Untuk itu gunakanlah helm selalu saat anda sedang berkendara sebagai bentuk dari pencegahan kepala anda terbentur saat nanti terjadi kecelakaan yang tidak diduga.
  2. Jangan terlalu sering menggunakan benda yang dapat menghasilkan radiasi tinggi seperti handphone, karena aliran sinyal yang dapat mengenai otak anda dengan level tertentu bisa menyebabkan perubahan sel menjadi abnormal. Untuk itu, ketika anda tidur usahakan untuk mematikan ponsel anda atau pada smartphone anda bisa menggunakan mode pesawat untuk mengistirahatkan handphone anda.
  3. Jauhi makanan atau bahan-bahan yang mengandung karsinogenik seperti minyak goreng yang telah digunakan untuk menggoreng secara berulang-ulang, maka untuk menghindari hal itu gantilah secara bertahap minyak goreng anda dan jangan gunakan minyak goreng yang sudah berulang-ulang untuk menggoreng makanan lain.
  4. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung banyak serat dan biasakan untuk tidak terlalu banyak dalam mengonsumsi makanan berlemak atau jika bisa untuk menjauhinya secara bertahap.
  5. Perbanyak mengonsumsi buah-buahan segar yang memiliki kandungan alami antioksidan seperti kurma, jeruk, kismis, storberi, buah plum dan anggur merah. Sebab kandungan antioksidan dapat melancarkan peredaran darah pada saraf otak anda sehingga bisa menghindari terjadinya kasus penyempitan atau penyumbatan pada aliran atau pembuluh darah di tubuh anda.

Itulah beberapa ulasan mengenai pengertian, penyebab dan pencegahan dari penyakit mematikan seperti kanker otak. Sekian dari www.obatpusing.com Semoga bermanfaat.

Previous Post
Next Post

0 komentar: