Senin, 06 Februari 2017

Kenapa Kuping Berdengung Terus Menerus Dan Cara Mengobati Kuping Berdengung

Sebab-Sebab Kuping berdengung- Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya telinga yang berdengung bukan tidak memiliki sebab dan bukan hal yang berbahaya. Memang telinga yang berdengung tidak memiliki waktu lama, bisanya hanya beberapa detik berdengung setelah itu selesai. Telinga berdengung jika semakin bertambah parah akan sering dirasakan, hal ini tentu saja akan merusak konsentrasi dan sangat mengganggu. Pasien yang sering menderita telinga berdengung ini disebut dengan tinnitus. Tinnitus ini akan sering terjadi ketika pasien sedang ada dalam ruangan yang hening, misalnya saja ketika anda akan berangkat untuk tidur. Selain itu penderita tinnitus akan lebih sensitive pada suara hyperacusis.

Kenapa Kuping Berdengung Terus Menerus Dan Cara Mengobati Kuping Berdengung


Ada dua jenis tinnitus, jika suara dengung dalam telinga hanya bisa didengar oleh anda saja itu tandanya anda mengalami tinnitus subjektif. Hal ini bisa saja dipacu oleh masalah yang ada di telinga bagian luar, tengah, atau juga dalam. Tidak hanya itu masalah pada saraf pendengaran atau bagian otak bisa juga memicu datangnya tinnitus subjektif. Sedangkan untuk tinnitus yang objektif biasanya terjadinya Kuping berdengung suara tersebut bisa didengarkan oleh dokter. Tinnitus objektif ini bisa dikarenakan oleh pembuluh darah, kontraksi otot, atau bisa juga karena kondisi tulang telinga bagian dalam.


Kenapa Kuping Berdengung Berdengung Terus Menerus Dan Cara Mengobatinya

Karena Beberapa Alasan Inilah Kuping Sering Berdengung

Ada beberapa penyebab kenapa kuping kita sering berdengung. Ada penyebab yang ringan dan biasanya sering kita lakukan. Sedangkan penyebab yang seirus dikarenakan ada masalah dengan kesehatan kita. Berikut ini beberapa sebab yang bisa mengakibatkan Kuping berdengung:

1. Penyebab Kuping Berdengung yang ringan
Jika anda sering menggunakan obat – obatan yang terbuat dari bahan kimia seperti aspirin, antibiotic dan juga kina maka bisa menyebabkan efek samping adanya tinnitus. Untuk itu anda harus menggunakan obat sesuai dengan keperluan dan dosis yang dianjurkan oleh dokter.
  • Hobi mendengarkan musik atau suara apapun dengan suara yang sangat keras akan menyebabkan tinnitus. Tinnitus yang diderita akibat sering mendengarkan suara yang keras ini bisa menyebabkan permanen dan sulit untuk dihilangkan.
  • Zat besi yang ada dalam tubuh juga mempengaruhi timbulnya tinnitus. Asupan zat besi untuk tubuh harus dalam kadar yang cukup agar tubuh semakin sehat.
  • Tinnitus yang menyerang juga bisa disebabkan oleh adanya infeksi pada telinga. Hal ini harus mendapaktan perawatan yang cepat seab tinnitus dapat hilang dengan cepat.
  • Menjaga kebersihan telinga juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Kuping berdengung juga bisa dikarenakan terlalu banyaknya kotoran pada telinga sehingga menyebabkan iritasi.
  • Hidup sehat tidak hanya secara jasmani saja namun juga rohani. Kedua hal ini sangat berkaitan, misalnya ketika anda sedang stress maka jasmani anda juga akan mendapatkan dampaknya. Kuping yang sering berdengung juga bisa disebabkan oleh stress dan cemas yang kita rasakan. Jadi usahakan pikiran agar tetap tenang dan tidak perlu merasakan cemas ataupun stress yang berlebihan.
  • Jika umur sudah semakin tua hampir semua fungsi dari tubuh mulai menurun. Tennitis juga bisa disebabkan oleh penurunan daya pendengaran karena usia yang semakin tua.
  • Perubahan postur tubuh juga mempengaruhi. Ketika anda sedang terbaring atau sedang duduk kemudian anda memberikan gerakan kepala secara sepontan biasanya akan terjadi telinga berdengung. Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan pada tekanan saraf, otot, atau bisa juga pembuluh darah disekitar telinga anda.

2. Penyebab Kuping Berdengung Terus-menerus yang serius
  • Penyebab serius dari tinnitus biasanya disebabkan oleh adanya tumor pada bagian kepala atau leher. Ketika adanya tumor maka pembuluh darah pada kepala dan leher akan menjadi tertekan.
  • Jika anda sering kuping berdengung maka bisa saja disebabkan oleh penyakit darah tinggi. Sebaiknya anda memeriksakan tensi darah anda agar bisa memberikan penanganan dan memberikan pencegahan untuk kuping yang sering berdengung.
  • Penyempitan pembuluh darah pada telinga akan berakibat kuping sering berdengung juga. Penyempitan pembuluh darah ini biasanya disebabkan oleh penumpukan kolestrol. Bagi beberapa orang yang sudah berumur tingginya kolestrok akan membuat pembuluh darah bagian utama yang terletak dibagian telinga bagian tengah akan kehilangan elasitasnya. Baca juga artikel kesehatan Telinga lainnya: Kumpulan Merk Obat Sakit Telinga Di Apotik Kimia Farma Yang Ampuh.

Penanganan Alami Untuk Penderita Kuping Berdengung

Kuping yang sering berdengung tidak bisa dibiarkan saja, anda harus memberikan penanganan agar tidak membuatnya semakin parah. Cara Mengobat kuping berdengung bisa menggunakan cara yang alami. Cara alami akan membantu dengan memberikan rasa aman jika dibandingkan dengan menggunakan obat – obatan yang terbuat dari bahan kimia. Mengingat salah satu penyebab kuping berdengung adalah efek samping dari obat. Berikut ini beberapa cara alami yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan kuping yang sering berdengung:

1. Lakukan relaksasi
Penyebab dari kuping yang sering bordering atau tinnitus ini dikarenakan stress dan rasa cemas yang berlebihan. Anda bisa mengatasinya dengan mencoba melakukan relaksasi. Mulai dari berfikir yang positif dan meghirup nafas akan sangat membantu.

2. Cara Mengobati Kupungyang berdengung selanjutnya bisa anda gunakan adalah menghindari ruang hening. Kuping yang berdengung biasanya dikarenakan suara hening sebab anda semakin sering mendengarkannya. Anda bisa membantu dengan mendengarkan suara – suara yang nyaman namun dengan volume yang rendah. Ini bisa membantu untuk mengalihkan pendengaran. Lakukan cara ini ketika anda akan tidur.

3. Jika masih sering mengalami kuping berdengung maka anda bisa mencoba untuk menggunakan alat bantu dengar. Dengan menggunakan alat bantu dengar ini anda bisa mendengarkan suara normal lebih jelas lagi dan bisa mengalahkan suara dengung yang mengganggu anda. Tidak hanya bisa digunakan untuk sakit tinnitus tetapi juga bisa digunakan untuk penyakit tuli.

4. Menggunakan daun sambiloto
Jika anda ingin menyembuhkan kuping berdengung dengan menggunakan bahan yang alami maka anda bisa menggunakan daun sambiloto. Daun sambiloto memang memiliki manfaat yang sangat banyak sehingga bisa digunakan untuk berbagai macam masalah tubuh. Cara yang bisa digunakan untuk menyembuhkan telinga berdengung anda bisa melembutkan daun sambiloto terlebih dahulu, kemudian lengkuas merah, dan juga daun miana. Dari campuran ketiganya dna bisa mengambil sarinya saja. Gunakan ramuan tersebut untuk obat tetes telinga, cukup gunakan satu tetes saja untuk satu hari. Lakukan hingga kuping berdengunga anda sembuh.

5. Menggunakan daun dewa
Bahan alami yang aman untuk menyembuhkan kuping berdengung yang lainnya adalah menggunakan daun dewa. Daun dewa terkenal sebagai ramuan tradisional, caranya anda hanya menyediakan daun dewa dan daun pegagan kering sebanyak 15 gram. Kemudiana keduanya bisa dierbus dengan air sebanya 700 ml. Biarkan air mendidih hingga menjadi 300 ml. Anda dapat meminum ramuan tersebut dua kali dalam satu hari dengan takaran satu gelas. Cara ini bisa anda lakukan sampai dengung yang ada di kuping sudah jarang terjadi.

Itulah sedikit informasi dari www.obatpusing.com mengenai kuping berdengung namun disini kami tidak mebahas apa arti telinga berdenging menurut primbon jawa. Semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post

0 komentar: