Selasa, 14 Februari 2017

Cara mengatasi telinga kemasukan air Pada Bayi Dan Orang Dewasa Saat Mandi Dan Berenang

Tips Cara mengatasi telinga kemasukan air berhari-hari - Jika orang dewasa telinganya kemasukkan air pasti saat merasakan hal yang tidak nyaman akan segera mencari solusi agar telinganya bisa segera disembuhkan. Tetapi bagaimana jika kondisi ini terjadi pada bayi? Tentunya bayi tidak bisa mengeluh atau menyampaikan apa yang dia rasa. Sebagai orang tua kita lah yang harus bisa mengerti jika ada hal yang tidak diinginkan menimpa bayi kita. Lalu bagaimana caranya agar dapat mengetahui bayi anda saat telinganya kemasukkan air setelah mandi.

Cara mengatasi telinga kemasukan air Pada Bayi Dan Orang Dewasa Saat Mandi Dan Berenang


Gejala atau tanda telinga pada bayi anda saat kemasukkan air:
  1. Lubang pada telinga si bayi sering terlihat basah,
  2. Telinganya sering mengeluarkan cairan atau selalu terlihat basah dan lembab,
  3. Dan tidurnya terlihat tidak nyaman atau tenang.

Tetapi biasanya pada bayi yang kemasukkan air tidak menimbulkan masalah yang berarti. Seperti pada halnya bayi yang sudah mulai bisa berenang, telinganya pasti ada kemungkinan untuk kemasukkan air tapi tidak banyak memberikan efek yang membahayakan. Namun beda halnya bila tiba-tiba dari telinga bayi keluar cairan berbau dan sedikit berwarna, hal ini bisa terjadi karena telatnya penanganan tindakan dalam Cara mengatasi telinga kemasukan air sehingga menyebabkan infeksi. Penyebab utama terjadinya infeksi ialah virus atau bakteri.

Kondisi yang terjadi pada bayi saat telinganya mengalami infeksi ialah adanya cairan yang menumpuk akibat masuknya air dibagian belakang gendang telinga dan telah terinfeksi. Umumnya cairan yang masuk ke telinga bayi melalui tuba eustachius dapat menghubungkan telinga pada bagian tengah dengan telinga hidung dan tenggorokan. Bayi yang terkena infeksi pada bagian telinga seringkali disertai dengan demam. Demam bisa disebabkan oleh antibodi pada bayi yang sedang melawan infeksi yang muncul di dalam tubuh bayi.

Cara mengatasi telinga kemasukan air Pada Bayi Dan Orang Dewasa Saat Mandi Dan Berenang

Cara Mengetahui Infeksi Telinga Pada Bayi

Pada kondisi tubuh bayi yang semakin buruk atau antibodinya jelek bisa menyebabkan telinga bayi anda mengalami peradangan, gendang telinga memerah, demam, hingga ototitis media akut.
Berikut beberapa tanda atau gejala yang dapat menjadi acuan anda untuk mengetahui si kecil terkena infeksi pada telinganya atau tidak, yaitu:

1) Terlihat pergerakan yang tidak biasa pada si bayi, yaitu pergerakan seringnya menarik-narik telinga. Hal ini menandakan bahwa terjadi ketidaknyamanannya pada bagian telinganya. Jika anda melihat kondisi ini harus segera memeriksa telinga si bayi bermasalah atau tidak.
2) Bayi anda cenderung mengalami gangguan kesehatan diantaranya muntah atau diare. Penyebabnya bisa dikarenakan adanya infeksi bakteri dan virus yang dapat mempengaruhi kesehatan pada sistem pencernaan bayi.

3) Bayi anda setelah mendapatkan ASI seringkali menolak asupan dari makanan lain. Nafsu makannya menjadi berkurang dan mengakibatkan gangguan pada pencernaan bayi. Nafsu makannya berkurang disebabkan oleh infeksi pada telinganya. Infeksi tersebut dapat menimbulkan efek rasa sakit saat bayi akan menelan dan mengunyah. Bahkan pada bayi yang belum mendapatkan MPASI akan senarik dirinya saat sedang menyusu pada ibunya.

4) Seringkali pada telinga bayi keluar cairan kuning atau berawarna putih dan mengalir tiba-tiba. Gejala ini merupakan bukti nyata bahwa bayi anda telah terkena infeksi yang harus diobati secepatnya.

Cara Mengatasi Telinga Yang Kemasukkan Air Pada Bayi Dan Orang Dewasa

Agar masalah telinga kemasukkan air pada bayi anda tidak berkembang menjadi infeksi yang besar dan membahayakan, sebaiknya anda mengupayakan bagaimana Cara mengatasi telinga kemasukan air segera mungkin. Di bawah ini merupakan beberapa cara yang bisa anda lakukan sebagai penanganan pertama pada bayi anda:

1) Lap telinga dengan kain lembut
Saat telinga pada bayi anda tidak sengaja kemasukkan air setelah mandi atau berenang, cara mudah untuk mengeluarkannya ialah dengan mengelap telinga bayi anda dengan kain lembut. Mengelap bagian telinga bagian luarnya secara perlahan-lahan memakai kain lembut secara berkelanjutan. Lakukan Cara mengatasi telinga kemasukan air saat mandi dengan mengelap ini sembari memiringkan telinga yang telah kemasukkan air pada bayi anda ke arah kain. Pastikan untuk tidak mendorong kainnya terlalu masuk ke bagian dalam telinga, karena itu justru bisa mendorong masuknya air lebih dalam.

2) Teknik terapi panas
Anda dapat melakukan Cara mengatasi telinga kemasukan air pada bayi anda selanjutnya dengan teknik terapi panas. Caranya ialah dengan mengompres telinga dengan kain atau lap yang dicelupkan lebih dahulu dalam mangkok atau ember kecil yang telah diisi air panas sebelumnya. Hal ini bisa membantu membuka tabung eustachius pada telinga si bayi. Sehingga air bisa mudah keluar dari telinga dengan mudah. Lakukanlah beberapa kali secara berulang memirngkan badan bayi anda mengikuti bagian telinga yang kemasukkan air. Baca juga artikel kesehatan lainnya: Resep Jamu Obat Sakit Telinga Anak Keluar Cairan Dan Bernanah Secara Alami.

Penanganan atau cara mengeluarkan air dari telinga setelah berenang

Lalu bagaimana dengan Cara mengatasi telinga kemasukan air pada orang dewasa? Berikut beberapa cara yang bisa anda tiru dan ikuti untuk penanganan pertama:

3) Teknik Gravitasi
Cara efektif untuk mengeluarkan air dari telinga ialah dengan memanfaatkan efek gravitasi. Anda dapat memulainya dengan memiringkan kepala sesuai dengan telinga yang telah kemasukkan air, kemudian tempatkan telapak tangan pada telinga yang bermasalah hingga menutup saluran telinga, lalu tekan telapak tangan anda ke arah dalam telinga seperti memompa. Tahan hingga beberapa detik, kemudian lepaskan telapak tangan anda. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, diharapkan anda melakukannya dengan tekanan tepat dan berulang-ulang dalam satu waktu sebagai Cara mengatasi telinga kemasukan air saat berenang.

4) Teknik maneuver valsalva
Teknik ini dapat membantu tabung eustachius pada telinga anda menjadi terbuka sehingga terjadinya dorongan yang bisa membuat air keluar dari saluran telinga. Cara melakukannya dengan mengambil nafas dalam-dalam lalu tutup mulut dan lubang hidung anda dengan jari-jari tangan. Tiup udara keluar dari hidung agar tekanan udaranya teratur. Jika Cara mengatasi telinga kemasukan air ini dilakukan dengan benar, maka akan terdengar suara popping, suara itu sebagai pertanda tabung Eustachius pada telinga anda sudah terbuka kembali. Usahakan untuk meniupnya tidak terlalu keras agar gendang telinga anda terhindar dari cedera atau bahaya lain.

5) Alkohol dan cuka
Menggunakan metode alkohol dan cuka yang merupakan alternatif pengobatan kuno. Cuka dipercaya mempunyai sifat anti bakteri dan mampu membunuh kuman yang terdapat di dalam telinga anda. Sedangkan alkohol yang mempunyai senyawa ringan dapat membantu mengeringkan air yang terperangkap di saluran telinga anda. Caranya dengan mencampur satu sendok teh masing-masing kedua bahan tersebut dengan menggunakan pipet, lalu teteskan kira-kira 2 hingga 3 tetes campuran dari larutan inipada telinga anda yang telah kemasukkan air. Setelah itu pijat lembut dengan jari bersih searah memutar pada saluran telinga. Lakukan sekitar 40 detik, lalu miringkan kepala agar cairan yang terjebak didalam telinga dapat keluar dengan mudah.

Jika teknik Cara mengatasi telinga kemasukan air masih belum bisa mengeluarkan air dari dalam telinga anda sebagai orang dewasa maupun pada bayi anda. Sebaiknya anda segera mengunjungi dokter THT untuk memeriksakan kondisi anda lebih lanjut dan mendapatkan penanganan tepat, sekian dari kami www.obatpusing.com.
Previous Post
Next Post

0 komentar: