Kamis, 16 Februari 2017

Bagian Bagian Telinga Beserta Fungsinya Dengan Lengkap dalam dan tengah

Bagian Bagian Telinga lengkap– Proses mendengar di awali dengan telinga luar yang telah menagkap gelombang suara yang telah di ubah menjadi energi mekanis oleh telinga tengah. Telinga tengah ini mengubah energi mekanis menjadi gelombang saraf yang kemudian di hantarkan ke otak. Manusia terlahir dengan 2 telinga pada bagian kanan dan bagian kiri. Telinga manusia, merupakan organ yang berperan pada pendengaran kita akan bunyi atau suara. Hal ini terjadi karena telinga kita memiliki reseptor yang khusus yang berfungsi untuk mengenai getaran suara. Tetapi telinga sendiri memiliki batasan suara yang mapu di dengar, yaitu pada frekuensi antara 20 Hz sampai 20.000 Hz.

Bagian bagian telinga dan fungsinya masing masing

Perlu anda tahu apa manfaat telinga secara umum yang biasa anda gunkan.

Fungsi Utama Telinga

Menurut fungsinya telinga memiliki dua fungsi utama antaranya yaitu:
Fungsi yang pertama sebagai alat pendengaran, pada Bagian Bagian Telinga luar dan bagian telinga tengah memiliki fungsi sebagai penghantar bunyi, sedangkan pada bagian telinga dalam memiliki fungsi sebagai penerima bunyi.

Fungsi telinga yang kedua sebagai alat pengatur keseimbangan, pada bagian telinga dalam memiliki 3 saluran semisirkularis serta vestibuli yang mengandung cairan serta sensor yang bisa mengatur keseimbangan pada saat terjadinya pergerakan pada kepala.

Bagian Bagian Telinga Beserta Fungsinya Dengan Lengkap dalam dan tengah

Bagian Bagian Telinga dan penjelasannya

Telinga terdiri dari tiga bagian dan pada setiap bagian – bagiannya mempunyai tugas serta fungsi masing – masing. Bagian Bagian Telinga ini yaitu telinga bagian luar, telinga bagian dalam dan telinga bagian tengah. Bagian telinga mempunyai peranan penting pada proses pendengaran, karena ketiga bagian ini sangat membantu dalam proses pendengaran. Apabila salah satu tidak berfungsi maka akan terjadi gangguan – gangguan telinga yang dapat mempengaruhi proses pendengaran kita, yang biasanya pendengaran kita menjadi tidak jelas atau tuli. Untuk itu supaya anda mengetahui bagian telinga beserta fungsinya, marilah kita simak penjelasan di bawah ini:

 Bagian-Bagian Telinga luar dan penjelasannya

Bagian Bagian Telinga luar yang berfungsi untuk menangkap getaran bunyi dari luar, telinga luar terdiri dari:

1. Daun telinga atau pinna, bagian ini tersusun dari tulang rawan dan mempunyai bentuk yang khas yang tentunya di sesuaikan dengan fungsinya. Fungsi daun telinga yaitu untuk menangkap dan mengumpulkan getaran suara yang di terima yang selanjutnya di salurkan masuk kedalam liang telinga.

2. Liang telinga atau meatus akustikus eksterna, Bagian Bagian Telinga luar ini memilki banyak kelenjar sudorifera, kelenjar ini menghasilkan serumen atau kotoran yang berbentuk seperti lilin dan dapat mengeras. Serumen ini dapat berfungsi untuk menjaga agar kotoran dari luar tidak masuk ke dalam telinga, dengan baunya yang kurang sedap sehingga serumen dapat menjaga supaya serangga tidak masuk dalam telinga.

3. Gendang telinga atau membran timpani, pada bagian ini merupakan telinga luar yang dapat membatasi telinga luar dengan telinga tengah serta bagian ini berfungsi untuk menangkap gelombang suara serta mengubah menjadi getaran.

Bagian Bagian Telinga tengah manusia

Bagian Bagian Telinga tengah merupakan rongga yang berisi udara yang mempunyai fungsi utama untuk meneruskan suara yang di terima bagian telinga luar ke bagian telinga dalam, bagian telinga tengah terdiri dari:

1. Tulang – tulang pendengaran, pada bagian ini terdiri dari tulang maleus, incus dan stapes yang tulang tersebut saling berhubungan satu sama lain dari semacam persendian antar tulang, memungkinkan tulang – tulang ini dapat bergerak dengan meneruskan getaran yang berasal dari gendang telinga pada bagian telinga luar yang menuju ke jendela oval di Bagian Bagian Telinga dalam.

2. Tuba eustachius, saluran yang menghubungkan telinga bagian tengah dengan tenggorokan. pada saluran ini berfungsi mengatur keseimbangan tekanan udara di bagian telinga luar dengan tekanan udara di bagian telinga tengah. Tube eustachius selalu menutup serta dapat membuka ketika kita menganga dan menelan, karena itu ketika terjadi suatu perubahan tekanan, seperti ketika berada pada tempat ketinggian yang bisa menyebabkan telinga berdengung, makan di anjurkan unutk melakukan gerakan menelan, karena ketika melakukan gerakan menelan tube eustachius akan membuka serta akan menyeimbangkan kembali tekanan udara. Pada dinging tube eutachius di lengjapi juga dengan silia atau rambut kecil dimana silia ini berfungsi mencegah masuknya kuman yang berada di rongga hidung, saluran pernafasan atas ketelinga tengah dan rongga mulut sehingga pada bagian telinga tengah akan tetap pada keadaan yang stabil. Baca juga artikel kesehatan telinga lainnya: Gejala Penyebab Gendang Telinga Pecah Dan Infeksi Serta Cara Mengobatinya.

Bagian Bagian Telinga dalam bahasa indonesia

Bagian Bagian Telinga dalam, telinga dalam atau di sebut sebagai labirin karena struktur anatomi yang di mlikinya menyerupai labirin. Bagian telinga dalam terdiri dari bagian tulnag keras, dan bagian tulang membran yang lunak. Pada bagian telnga dalam terdiri dari:

1. Rumah siput atau koklea, dengan bentuk seperti tabung membengkok kearah belakang dan melingkar ke dalam sejauh 2,5 lingkaran dan bentuk seperti kerucut pada ujungnya, sehingga bagian ini menyerupai sumah siput. Koklear ini memiliki sekat yang memisahkan koklear menjadi 3 skala yaitu: skala vestibulasi di atas, skala media di tengah serta skala timpani di tengah. Skala vestibular dan timpani berisi suatu cairan di sebut dengan endolimfe. Bagian atas membran basilaris terdapat struktur yang merupakan reseptor pendengaran yang di sebut dengan organ korti, yang berfungsi mengubah getaran suara menjadi impuls. Organ korti ini tersusun atas sel rambut dan sel pengoyong, di mana sel rambut pada organ korti berhubungan dengan bagian auditor.

2. Vestibuli
Bagian ini merupakan sentral dari labirin yang menghubungkan koklea dengan saluran semisirkular. Vestibuli ini terdiri dari utrikula dan sakula, yang tersusun oleh sel rambut yang mempunyai struktur khusus yang di sebut dengan macula acustika. Sel rambut ultrikula tersusun secara horizontal sedangkan sel rambut sakula tersusun secara vertikal. Pada sel rambut ini tersebar partikel serbuk protein kalsium karbonat yang di sebut dengan otolith. Macula acustika berfungsi untuk mengatur keseimbangan statis yang dapat menentukan kesadaran posisi kepala terhadap gaya gravitasi ketika tubuh dalam keadaan diam, serta kesadaran posisi kepala ketika terjadi percepatan linier seperti terjadi kecelakaan dengan arah pergerakan kepala dengan garis tubuh pada suatu garis lurus. Aktivitas macula acustika kemudian di transmisikan ke bagian vestibular dari saraf otak.

3. Kanalis semisirkularis
Bagian Bagian Telinga ini merupakan saluran setengah lingkaran, yang terdiri atas 3 saluran yang tersusun menjadi satu kesatuan dan dengan posisi yang berbeda, yang terdiri: kanalis semisirkular horizontal, kanalis semisirkular vertikal atas dan belakang. Pada masing – masing kanalis semisirkularis terdapat sebuah ampul yang berisi kista yang terdiri dari sel rambut yang menonjol berbentuk lapisan gelatin dan sel penunjang yang di debut dengan kupula. Ampul tersebut berfungsi untuk mengatur keseimbangan dinamis, yaitu untuk menetukan kesadaran akan posis kepala ketika terjadi gerakan rotasi atau gerakan angular. Dimana aktivitas ampula ini di transmisikan ke bagian vestibular.

Demikian penjelasan Bagian Bagian Telinga Beserta Fungsinya Dengan Lengkap dari www.obatpusing.com. Alat pendengaran telinga memiliki peran penting untuk membantu proses komunikasi antara seseorang dengan orang lain di sekitarnya, sebagai pengatur keseimbangan telinga juga membantu seseorang untuk berdiri, berjalan serta dapat lari tanpa terjatuh. Telinga beserta bagian – bagiannya dan fungsinya merupakan organ yang sangat penting dan sangat bermanfaat dalam aktivitas kehidupan kita. Sekian.
Previous Post
Next Post

0 komentar: