Rabu, 15 Februari 2017

Bagaimana Cara Merawat Telinga Dengan Baik Agar Tidak Tuli Dengan Trapi

Cara merawat telinga Agar Tidak Tulia- telinga adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki fungsi untuk mendengarkan segala macam suara. Seperti bagian tubuh yang lainnya, telinga juga butuh perawatan agar tetap sehat. Telinga merupakan anggota tubuh yang sangat penting. Secara tidak langsung kadang kita melakukan hal – hal yang dapat membuat telinga menjadi tidak sehat. Kebiasaan – kebiasaan buruk itu bisa berupa sering mendengarkan musik yang terlalu keras, atau bisa juga memasukan beberapa benda tajam pada telinga. Beberapa kebiasaan yang berbahaya seperti dua hal tersebut akan membuat telinga rusak.

Bagaimana Cara Merawat Telinga Dengan Baik Agar Tidak Tuli Dengan Trapi


Dampak terbesar dari rusaknya telinga adalah ketulian. Untuk itu anda harus berhati – hati untuk merawat telinga.


Bagaimana Cara Merawat Telinga Dengan Baik Agar Tidak Tuli Dengan Trapi

Cara merawat telinga dengan benar dan aman

1. Mencoba meminimalkan dampak dari perubahan tekanan
Menjaga kesehatan telinga juga harus mempehatikan tekanan. Tekanan yang sering berubah – ubah dapat membuat gendang telinga menjadi pecah. Untuk itu sangat penting jika anda mengambil langkah – langkah pencegahan sebagai cara merawat telinga. Jika anda sedang melakukan penerbangan atau sedang berlibur ke tempat – tempat yang tinggi, sebaiknya anda menyiapkan tabunga Eustachian. Cara yang bisa dilakukan menggunakan permen karet untuk dikunyah sebelum terjadi perubahan tekanan. Cara lain yang bisa digunakan, anda dapat mengambil dekongestan beberapa hari sebelum melakukan perhalanan, hal tersebut dapat dilakukan jika anda baru sembuh dari penyakit flu.

2. Lebih hati – hati dengan air
Bagi anda yang suka sekali bermain air selama berjam – jam dan sering sekali telinga anda kemasukan air, hal tersebut bisa membuat infeksi pada telinga. Jika aktivitas anda lebih banyak di dalam air, atau anda seorang perenang maka anda bisa menggunakan topi pelindung yang membantu untuk melindungi telinga anda dari air yang akan masuk. Namun kadang air masuk dengan cepat pada telinga, apabila terjadi hal seperti itu cara merawat telinga berdesing yang bisa dilakukan adalah anda bisa langsung memiringkan kepala anda hingga air di dalam telinga dapat keluar semuanya.

3. Jangan terlalu sering membersihkan telinga
Membersihkan teling adalah salah satu cara yang sering digunakan pada jaman dahulu. Banyak orang sering membersihkan telinga bagian dalam dengan menggunakan cotton buds, namun sebenarnya hal tersebut tidak perlu dilakukan sebab telinga bagian dalam dapat membersihkan dirinya sendiri. Mungkin anda merasa bingung, namun anda hanya perlu membersihkan telinga bagian luar tapi hati – hati jangan samapi ada air yang masuk ke dalam telinga. Jika anda merasa ada kotoran yang tidak normal di telinga anda, maka anda bisa memeriksakannya ke THT agar mendapatkan perawatan yang aman untuk telinga. Jika anda mau menggunakan cara merawat telinga tersumbat dengan membersihkan bagian dalam sebaiknya jangan terlalu sering digunakan dan jangan terlalu dalam untuk membersihkan.

4. Segera berikan obat untuk infeksi telinga
Perhatian kita pada telinga kadang terabaikan, berbeda ketika kita memperhatikan bagian tubuh yang lainnya. Padahal telinga juga memiliki peranan yang sangat penting untuk kehidupan kita. Cara merawat telinga bernanah juga bisa lakukan ketika telinga kita sedang terserang infeksi dan merasakan sakit maka sebaiknya segera berikan penanganan yang tepat. Jangan terlalu lama membiarkan sebab infeksi telinga dapat mengakibatkan kehilangan pendengaran. Biasanya gejala dari infeksi bisa berupa adanya nanah, sakit, dan rasa tidak nyaman di telinga. Segera bawa menuju THT untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

5. Jangan terlalu sering mendengarkan suara keras
Di dalam telinga kita ada bagian yang bernama koklea yang berfungsi untuk mendenar dan mengenali suara. Bulu – bulu halus yang ada disekitar organ ini dapat mendeteksi getaran dengan cepat. Getaran yang diterima akan dikirim menuku otak. Jika anda suka sekali mendengarkan suara yang terlalu keras, maka bulu – bulu pada koklea ini bisa rusak dan bisa penyebabkan kehilangan pendengaran. Cara merawat telinga berdenging salah satunya adalah menjaga tidak terlalu mendengarkan suara – suara yang terlalu keras dan menyakiti telinga. Batasi saja suara yang akan anda dengarkan, lebih baik jika anda mendengarkan dengan suara yang rendah. Baca juga artikel kesehatan lainnya: Makna Dan Tanda Telinga Berdenging Sebelah Kanan Menurut Primbon Dan Kesehatan.

Cara merawat telinga dengan memberikan terapi

Merawat telinga tidak hanya dapat menggunakan beberapa pencegahan saja, anda juga bisa menggunakan terapi untuk merawat telinga. Bagi yang sudah tidak bisa mendengar ada beberapa cara terapi yang dapat digunakan untuk membantu agar telinga dapat mendengar lagi. Berikut beberapa jenis terapinya:

1. Terapi totok telinga
Pernahkah anda mendengar terapi totok telinga? Terapi totok telinga ini membantu anda untuk bisa mendengarkan lagi. Sudah ada beberapa orang yang mencoba melakukan terapi totok telinga dan memberikan hasilnya. Cara merawat telinga yang tuli dengan menggunakan totok telinga akan bekerja dengan cara membuka saraf pendengaran pada titik – titik tertentu. Waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan juga tidak sebentar, kira – kira dibutuhkan waktu satu tahun untuk pendengaran kembali normal. Kemudian harga yang dibandrol juga tidak murah, bisa mencapai puluh juta. Namun jika dapat mengembalikan pendengaran lagi rasanya uang puluhan juta juga tidak menjadi soal yang besar.

2. Mencoba terapi lilin
Berbeda dengan terapi totok telinga. Baru – baru ini ada juga terapi lilin yang dapat digunakan untuk menyembuhkan telinga yang tuli. Sudah ada beberapa orang yang mencoba dan katanya bisa dibuktikan, namun masih belum ada pembuktian secara ilmiah. Terapi lilin ini menggunakan lilin sebagai medium utamanya dengan cara meletakkan lilin di atas telinga. Waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan tidak sampai setahun, empat sampai lima kali saja sudah bisa membuat telinga tuli menjadi sembuh. Namun untuk lebih baiknya anda bisa berkonsultasi dengan dokter THT bagaimana cara merawat telinga dengan menggunakan terapi lilin.

3. Menggunakan terapi hiperbarik
Terapi selanjutnya untuk membuat telinga yang tuli bisa mendengar lagi adalah terapi hiperbarik. Terapi ini merupakan salah satu terapi dari luar negeri dengan menggunakan system oksigen 100% di ruangan udara yang memiliki tekanan >1 atmosfer. Tekanan yang diberikan ini dapat menyerupai kegitatan menyelam di dalam tekanan 10 meter. Tekanan yang tinggi akan memuat oksigen menjadi mudah terserap pada peredaran darah. Selain itu molekul oksigen juga dapat termampatkan dan sirkulasi akan menjadi lebih lancar dan menggapi pembuluh darah kecil.

Terapi ini memang bisa digunakan untuk menjadi solusi atau cara merawat telinga yang tuli atau sudah tidak bisa mendengar lagi. Terapi hiperbarik ini memfokuskan diri pada rumah siput atau yang biasa disebut dengan koklea. Pada koklea terdapat sejumlah bulu seperti yang dijelaskan diatas tadi, bulu tersebut adalah pembuluh darah kecil. Jika diberikan tekanan yang tinggi maka pasokan dari oksigen akan secara efektif dapat mencapai pada bulu di koklea. Selain itu sel akan medapatkan pasokan oksigen yang cukup dan nutrisi yang baik.

Itulah beberapa cara merawat telinga yang bisa kami berikan sebagai informasi. Sekian dari www.obatpusing.com Semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post

0 komentar: