Kamis, 16 Februari 2017

Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga Yang Kemasukan Air Dan Akibatnya

Tips Cara mengeluarkan air dari telinga- Saat anda sedang mandi atau berenang, tanpa kita sadari air bisa saja masuk ke dalam telinga tanpa sengaja. Meski kemasukan air bukan termasuk dalam kondisi serius, tetapi rasa yang ditimbulkan sangat tidak nyaman. Jika air tetap dibiarkan didalam telinga anda, maka telinga akan terasa sakit, nyeri, mendengung atau bahkan pendengaran anda akan terganggu. Ketika telinga anda kemasukkan air, rasa gatal juga akan menghampiri anda akibat air yang masih terjebak dalam kanal telinga.

Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga Yang Kemasukan Air Dan Akibatnya

Untuk meredakan kondisi akibat masuknya air ke telinga anda, anda harus mempunyai cara mengeluarkan air dari telinga atau juga dengan mengeringkannya sesegera mungkin. Sebab bila tdak segera diatasi bisa mengganggu aktifitas anda sehari-hari dan bila dibiarkan terlalu lama juga bisa menyebabkan bau dan infeksi pada telinga anda.

Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga Yang Kemasukan Air Dan Akibatnya

Penanganan pertama mengeluarkan air dari telinga

Berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan sebagai penanganan pertama untuk mengeluarkan air dari dalam telinga anda:

1. Melakukan hentakan pada kepala
cara menghilangkan telinga berdengung karena kemasukan air yang pertama ialah dengan menghentak-hentakan kepala sembari mengambil posisi telingan yang kemasukkan air menghadap kebawah, lalu memukul-mukul kepala anda dengan perlahan. Biasanya air akan keluar perlahan dari dalam telinga anda jika anda melakukannya dengan benar.

2. Memasukkan air
Menurut mitos jaman dahulu jika telinga kita kemasukkan air, cara mengeluarkan air dari telinga dengan memasukkan kembali air pada telinga kemudian buru-buru dikeluarkan kembali. Cara mengeluarkan airnya kembali setelah dimasukkan air dengan memiringkan kepala anda dengan lurus dan tunggu beberapa saat hingga airnya mengalir keluar. Namun terkadang cara ini kurang berhasil dan terkadang malah bertambah parah.

3. Memanfaatkan uap dari nasi hangat
Anda dapat meminta bantuan teman atau orang lain untuk menggunakan cara mengeluarkan air dari telinga yang kemasukan air . Caranya dengan meminta orang lain untuk mengambil nasi hangat sembari digenggam dan dekatkan pada telinga anda. Lalu tiupkan nasi tersebut ke telinga anda agar uap nasi bisa masuk kedalam telinga dan mengeluarkan air yang terjebak didalamnya.

4. Selembar kertas bersih
Menurut pengalaman sebagian orang cara mengeluarkan air dari telinga bayi kali ini aman dan ampuh untuk digunakan. Selain itu juga sederhana dan cepat, hanya dengan memanfaatkan selembar kertas. Caranya dengan menyiapkan selembar kertas atau bisa juga menggunakan tisu, buku, atau kertas apapun, tetapi dianjurkan kertas yang mempunyai tekstur lembut seperti koran dan tisu. Lalu ambillah ujung dari kertas koran tersebut dengan dipotong dan membentuk segitiga kecil. Sebelum memotong kertas dengan tangan anda, pastikan tangan anda dalam keadaan kering dan tidak terserap oleh kertas korannya.

Gulunglah potongan kertas koran tersebit dari ujung sehingga membentuk gulungan kecil yang memanjang. Setelah jadi gulung kembali dengan agak ditekan supaya bentuknya ramping dan padat. Masukkan gulungan kertas tersebut kedalam telinga anda secara perlahan-lahan hingga menyentuh air yanga ada didalam telinga. Ketika kertas koran yang dimasukkan tadi menyentuh air, maka air akan terserap kedalam kertas dengan ditandai seperti suara air yang terserap. Jika cara ini telah berhasil dilakukan maka pendengeran anda akan kembali secara normal serta kepala anda terasa ringan setelahnya.

5. Larutan alkohol dengan cuka
Cara mengeluarkan air dari telinga setelah berenang selanjutnya ialah dengan mencampurkan larutan alkohol dan cuka putih. Campuran dari kedua bahan ini dapat membantu mengeringkan air yang terjebak di dalam saluran telinga anda. Caranya dengan memasukkan 3-4 tetes campuran larutan tersebut ke dalam telinga dengan memiringkan kepala anda terlebih dahulu dan biarkan selama beberapa saat. Jika berhasil anda akan mendengarkan suara hampa di telinga sebagai tanda bahwa telinga anda mulai mengering.

6. Gerakkan kepala
Gerakkan kepala anda dari satu sisi ke sisi lain seperti gerakan kepala miring ke arah bahu ke samping kanan dan kiri. Jangan lupa untuk memasukkan jari ke telinga untuk membuat tekanan yang cukup agar air cepat keluar dari saluran telinga.

7. Hairdryer
Cara mengeluarkan air dari telinga yang terakhir ialah dengan memanfaatkan hairdriyer. Sebelumnya anda bisa memiringkan kepala dan mengeringkannya dengan hairdriyer. Lalu jika belum berhasil baru menggunakan hairdryer. Caranya dengan menyetel suhu panas yang rendah dan di arahkan ke lubang telinga, ternyata mampu menguapkan air dan mengeringkannya didalam telinga. Gunakanlah hairdryer ini sedikit lebih lama atau sekitar 5-7 menit di telinga anda. Sebelum menggunakannya pada telinga, tes suhu pengering rambut anda pada kulit ditangan untuk memastikan panasnya tidak terlalu berlebihan.

Akibat telinga kemasukkan air

Apa akibat yang akan ditimbulkan jika anda tidak segera mengambil tindakan atau melakukan cara mengeluarkan air dari telinga sesegera mungkin? Apa telinga anda akan baik-baik saja? Tentu pertanyaan itulah yang ada dibenak anda jika anda kesulitan saat ingin mengeluarkan air yang terjebak di saluran telinga dalam anda.

Bila air dibiarkan berlama-lama di dalam saluran telinga, hal ini akan menciptakan lingkungan yang sempurna bagi berbagai sumber infeksi organisme, karena penyebab infeksi organisme seperti jamur dan bakteri sangat suka hidup ditempat hangat, lembab, gelap dan tempat-tempat basah. Hal ini biasanya menyakitkan, terutama ketika anda tarik bagian luar telinga. Hal ini juga bisa menyebabkan cairan kuning telinga menjadi busuk seperti penyakit telinga congek. Baca juga artikel kesehatan telinga lainnya: Fungsi Gendang Telinga Dan Rumah Siput Pada Manusia Dan Cara Merawatnya.

Masalah telinga yag ditimbulkan karena otitis eksterna

Akibat yang ditimbulkan karena masalah ini juga bisa menimbulkan beberapa gejala dan infeksi pada telinga anda, seperti telinga yang selalu mendengung atau juga bisa timbulnya peradangan pada telinga dalam maupun diluar. Pada kasus peradangan telinga ialah kemerahan dan pembengkakan pada saluran yang terletak di antara telinga bagian luar dan gendang telinga atau biasa dikenal sebagai otitis eksterna. Beberapa masalah yang dapat muncul akibat otitis eksterna tidak ditangani dengan cepat dan tepat ialah:

1) Otitis eksterna kronis
Otitis eksterna yang berlangsung dalam jangka berkepanjangan ataupun terjadi secara berulang-ulang.

2) Otitis eksterna bersifat ganas
Otitis ini timbul karena dibiarkan akibat gejala dari otitis eksterna kronis dibiarkan berlanjut, sehingga dapat berkembang menjadi ganas, sebab infeksi telah menyebar dan merusak ke tualng rawan dan tulang tengkorak anda.

3) Adanya penyempitan saluan pada telinga
Infeksi yang berulang pada saluran telinga kemungkinan besar bisa menyebabkan terjadinya penyempitan, terutama disebabkan oleh timbulnya jaringan parut. Jika kondisi ini telah terjadi, maka keberhasilan untuk mengeluarkan air dari saluran telinga akan lebih sulit dilakukan dan penderita bisa mengalami kemungkinan dari gangguan kualitas pendengarannya.

4) Terjadinya pembengkakan pada wajah anda
Otitis eksterna dapat menyebar melalui lubang kecil di bagian sekitar tulang rawan anda. Dan pada akhirnya, berpotensi membuat bagian pada wajah anda mengalami pembengkakan secara tiba-tiba.

Itulah beberapa ulasan yang dapat kami berikan mengenai akibat dan cara mengeluarkan air dari telinga dari kami www.obatpusing.com. Jika dalam waktu lama anda masih belum bisa mengeluarkan air yang terjebak di telinga anda, segerlah hubungi dokter anda agar mendapatkan pertolongan yang tepat.
Previous Post
Next Post

0 komentar: