Selasa, 14 Februari 2017

Apa Penyebab Telinga Berdengung Dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

Penyebab telinga berdengung- pernahkah anda merasakan telinga yang berdengung? Sepertinya hampir semua orang pernah merasakan telinga yang berdengung. Telinga yang berdengung bisa menjadi salah satu tanda – tanda bahwa teling anda sedang dalam keadaan yang tidak sehat. Telinga yang berdengung memang menyerang hanya sebentar saja, namun jika telinga berdengung sering terjadi maka bisa jadi dapat merusak konsentrasi seseorang. Bila dilihat dari bagian medis kondisi telinga berdenging yang terlalu sering ini disebut dengan tinnitus. Tinnitus terjadi jika anda bisa mendengarkan beberapa suara yang tidak normal pada dalam telinga. Suara tersebut bisa menyerupai dengung, siulan, atau seperti suara bising mesin.

Apa Penyebab Telinga Berdengung Dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

Tinnitus atau telinga yang berdenging ini biasanya akan semakin sering anda rasakan ketika sedang di tempat yang sepi atau ketika anda akan tidur ketika malam hari. Bukan hanya itu, penderita dari tinnitus ini akan menjadi sensitive terhadapa beberapa volume yang sebenarnya normal untuk beberapa orang. Jika hal tersebut terjadi maka penderita sudah dalam tahap hypeacusis. Ada dua jenis tinnitus, ada tinnitus subjektif dan ada objektif. Jika tinnitus subjektif dikarenakan ada masalah pada telinga luar sampai dalam. Namun jika tinnitus objektif bisa jadi dikarenakan masalah pada pembuluh darah atau bisa juga karena kontraksi otot.


Apa Penyebab Telinga Berdengung Dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

Penyebab Telinga Berdenging

Tinnitus yang datang bukan berarti tanpa sebab, ada beberapa sebab telinga berdengung menyerang. Penyebab telinga berdengung dapat dikarenakan beberapa masalah kebiasaan buruk yang tidak kita sadari. Berikut ini penyebabnya:

Penyebab telinga berdengung mulai dari yang ringan hingga yang berat
Penyebab dari telinga berdengung ini dibagi menjadi dua keadaan, bisa karena penyebab ringan atau penyebab serius, berikut penjelasannya:

1. Penyebab telinga berdengung yang ringan


1) Penyebab telinga berdengung yang pertama bisa dikarenakan terlalu sering mendengarkan suara yang keras. Biasanya hal ini menjadi kebiasaan buruk bagi seseroang yang suka mendengarkan musik atau beberapa suara lainnya menggunakan headset. Jika hal ini tetap dilakukan seperti beberapa kasus maka telinga berdengung atau tinnitus akan menjadi permanen. Permanen yang dimkasud adalah, pendertia akan semakin sering mendengarkan suara dengung dan bisa saja menyebabkan ketulian.

2) Terlalu sering menggunakan obat – obatan yang terbuat dari bahan kimia juga memberikan efek samping telinga berdengung terlalu sering. Efek samping ini biasanya didapatkan pada obat aspirin, kemudian beberapa antibiotik, dan juga kina. Anda bisa mencoba menggunakan beberapa bahan herbal untuk mengatasi masalah ini atau mengurangi kadar penggunaan dari obat dari bahan kimia.

3) Makanan juga bisa mempengaruhi, tubuh anda membutuhkan gizi dan nutrisi yang lengkap agar tetap sehat. Salah satu penyebab dari tinnitus atau telinga yang sering berdengung adalah kekurangan zat besi. Kebutuhan akan zat besi harus bisa terpenuhi agar terhindari dari beberapa penyakit lainnya.

4) Jika anda sering membersihkan telinga dengan menggunakan beberapa alat yang dilarang atau membersihkan telinga yang terlalu dalam akan dapat menyebabkan infeksi pada telinga. Penyebab telinga berdengung sevelah salah satunya karena infeksi pada telinga. Sebaiknya anda memeriksakan telinga yang sering berdengung pada dokter spesialis telinga agar tahu ada infeksi atau tidak di dalam telinga. Jika infeksi dapat disembuhkan, maka tinnitus atau telinga berdengung juga bisa disembuhkan.

5) Banyaknya kotoran telinga juga bisa menjadi salah satu penyebab dari tinnitus. Anda harus membersihkan telinga namun menggunakan alat yang tepat, seperti cotton bud dan juga minyak pembersih.

6) Telinga berdengung secara terus menerus juga bisa dikarenakan terlalu stress dan sering merasakan
cemas.
7) Jika sudah memasuki usia 60 tahun, biasanya telinga sering berdenging. Hal ini disebabkan karena turunnya daya pendengaran karena usia.

8) Penyebab telinga berdengung setelah bangun tidur lainnya bisa dikarenakan posisi tubuh. awalnya memiliki posisi tidur kemudian menggerakakan kepala dengan tepat dan memberikan efek adanya telinga berdengung. Untuk itu anda harus lebih hati – hati lagi.

2. Penyebab telinga berdengung yang serius

1) Penyebab dari telinga yang sering berdengung secara terus menerus bisa dikarenakan ada tumor pada telinga atau pada leher. Hal tersebut akan menyebabkan pembuluh darah pada kepala atau pada leher menjadi lebih tertekan.

2) Jika anda memiliki penyakit darah tinggi maka bisa menjadi salah satu penyebab telinga berdengung yang terlalu sering.

3) Adanya penyempitan pembuluh darah pada telinga yang diakibatkan oleh penumpukan kolestrol juga bisa menjadi peyebab dari telinga yang berdengung. Biasanya hal ini dialami oleh beberapa orang yang sudah lanjut usia.

4) Adanya penyakit meniere bisa juga menjadi penyebab telinga berdengung. Akibat dari adanya tekannan pada koklea atau struktur telinga di bagian dalam akan membuat kondisi ini menghasilkan rasa pusing atau vertigo dan tinnitus.

3. Penyebab Telinga Berdengung Saat Hamil

Menurut Dr Raymond Ngo saat ditanya kenapa telinga berdenging saat hamil ? ini jawabnnya .
“Suara berdenging yang Anda jabarkan sepertinya adalah 'pulsatile tinnitus'. Tinitus mengacu pada penerimaan suara (auditori) maya dan dideskripsikan sebagai pulsatile bila bersamaan dengan detak jantung.

Telinga bagian dalam dikelilingi dengan pembuluh darah utama yang menghubungkan saluran menuju dan dari otak. Mungkin saja Anda mendengar suara telinga berdenging ini karena kehamilan.

Kehamilan dapat menyebabkan kondisi hiperdinamik dalam aliran darah Anda. Saya sarankan Anda menghubungi dokter spesialis THT untuk mendapatkan bantuan medis bila telinga berdenging Anda tetap datang setelah Anda melahirkan.” Itulah jawaban tentang Penyebab Telinga Berdengung Saat Hamil baik hamil muda, pertengahan 4 bulanan atau pun tua.Baca juga artikel kesehatan lainnya: Cara mengatasi telinga kemasukan air Pada Bayi Dan Orang Dewasa Saat Mandi Dan Berenang.

Langkah ringan untuk menghentikan telinga berdengung

Ada beberapa langkah ringan yang bisa anda gunakan untuk membuat tinnitus atau telinga berdengung ini pergi. Namun anda perlu melakukannya secara rutin agar telinga berdenging tidak datang kembali lagi. Berikut ini beberapa langkah tersebut:
1. Mencoba relaksasi
Mengetahui penyebab telinga berdengung salah satunya dalah karena stress atau cemas. Untuk itu anda bisa mengatasi telinga berdengung dengan relaksasi. Melakukan relaksasi akan membantu untuk mengurangi stress dan cobalah untuk selalu berfikir positif agar tidak ada stress yang datang.


2. Mengkonsumsi obat antidepresan
Stress yang menyebabkan telinga berdengung memang bisa diatasi dengan relaksasi, namun jika cara tersebut tidak kunjung juga untuk meredakan telinga yang berdengung maka anda bisa mencoba untuk menggunakan obat antidepresan. Tetapi ingat, penggunaan obat ini harus mengikuti aturan dari dokter dan tidak bisa anda konsumsi dengan sendirinya. Dosis untuk penggunaannya juga harus tepat agar tidak ada efek samping yang diberikan selanjutnya.

3. Hindari keadaan yang hening
Biasanya telinga yang berdengung ini datang ketika anda sedang dalam keadaan yang sepi dan ruangan yang hening. Untuk itu sebaiknya anda bisa menghindari agar suara dengungan tidak terlalu sering datang. Anda bisa menggunakan beberpa lagu yang nyaman untuk didengarkan dengan volume yang rendah. Hal tersebut dilakukan agar dapat mengalihkan perhatikan pendengaran anda dan anda bisa melakukan tidur dengan nyenyak tanpa dengung telinga.

4. Gunakan alat bantu dengar
Jika beberapa penyebab telinga berdengung lama tidak bisa lagi diatasi menggunakan beberapa cara yang ringan maka anda bisa mengatasinya dengan menggunakan alat bantu dengar. Untuk menggunakannya anda harus berkonsultasi dengan dokter spesialis telinga dulu. Dengan menggunakan alat bantu dengar anda bisa mendengarkan suara normal yang lebih jelas dan mengalahkan suara dengung pada telinga anda. Alat ini biasanya digunakan untuk beberapa orang yang menderita tinnitus dan juga penderita tuli. Alatnya mudah untuk ditemui, di apotik terdekat juga sudah ada namun jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Itulah beberapa informasi yang penting seputar penyebab telinga berdengung dari kami www.obatpusing.com. Semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post

0 komentar: