Senin, 13 Februari 2017

Penyebab, Gejala Dan Akibat Infeksi Telinga Serta Dan Obatnya

Telinga merupakan organ pendengaran yang mampu mengenal atau mendeteksi suara serta banyak berperan dalam keseimbangan posisi tubuh. Munculnya Infeksi Telinga terjadi pada bagian telinga tengah sampai ke daerah di belakang gendang telinga, di mana tuba eustachian yang tersambung ke dalam tenggorokan akan mengalami pembengkakan serta dapat menghalangi udara masuk ke telinga tengah. Akibatnya, cairan justru dapat tertarik masuk ke dalam. Sehingga pada hal ini, sakit telinga bisa terjadi apabila cairan mengalami infeksi. Infeksi ini dapat berpengaruh terhadap berbagai organ tubuh lainnya, namun telinga merupakan salah satu daerah yang sangat rentan akan terkena infeksi.

Penyebab, Gejala Dan Akibat Infeksi Telinga Serta Dan Obatnya


Infeksi Telinga bisa terjadi terhadap salah satu dari ketiga bagian telinga tersebut. Dimana terjadinya infeksi tersebut, paling serius terjadi pada bagian telinga dalam. Sehingga dengan adanya masalah tersebut sangat penting untuk melalulan pengobatan supaya tidak terjadi komplikasi termasuk pecahnya gendang telinga atau rusaknya telinga. Infeksi pada telinga yang tidak segera di obati dapat menyebabkan infeksi tersebut kambuh secara kronis serta dapat mengakibatkan ketulian. Sehingga sangat penting untuk mengetahui apa saja penyebab, gejala serta pengobatan infeksi yang terjadi pada telinga. Untuk lebih jelasnya mengenai hal tersebut, di bawah ini ada penjelasannya.

Penyebab, Gejala Dan Akibat Infeksi Telinga Serta Dan Obatnya

Apa Penyebab Infeksi Telinga?

Infeksi pada telinga ialah terjadinya suatu peradangan pada telinga yang dapat menimbulkan gejala tertentu. Infeksi pada teling lebih sering di sebabkan oleh virus ataupun oleh bakteri, di antaranya yaitu bakteri Streptococcus pneumoniae, Moraxella catarrhalis, Haemophilus influenzae, Staphylococcus aureus dan Streptococcus pyogenes. Bakteri – bakteri tersebut memang pada dasarnya hidup di dalam telinga tetapi tidak menimbulkan masalha apapun. Namu seperti pada kebanyakan bakteri dan virus bisa aktif dalam kondisi tertentu seperti misalnya pada kondisi tubuh yang menurun ataupin karena terkena flu.

Infeksi yang terjadi pada telinga lebih sering menyerang pada anak – anak karena pada anak – anak anatominya serta saluran eustachius yang lebih sempit serta pendek serta rentang akan terkena penyumbatan. Bahkan pada beberapa anak – anak tabung eustachia berbentuk hampir lurus sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Infeksi ini dapat terjadi ketika kita terlalu membersihkan telinga kita sampai menjadi luka pada telinga, dimana luka ini dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri dan virus yang kemudian tumbuh menjadi infeksi pada telinga.

Apabila anda memiliki hobi berenang atau juga menyelam, anda perlu berhati – hati usahakan jangan sampai ada air yang masuk ke dalam telinga. Karena ketika menyelam terjadi suatu perubahan tekanan udara, semakin besar tekanan yang di hasilkan maka semakin tinggi pula resiko terjadinya Infeksi Telinga yang mungkin akan anda alami.

Gejala Infeksi Telinga

Terjadinya infeksi pada telinga tentu akan menimbulkan beberapa gejala di antaranya yaitu:
1. Rasa nyeri
Nyeri yang di alami penderita infeksi pada telinga ini, intensitas rasa nyeri yang muncul pada setiap orang berbeda atau tidak sama, hal ini tergantung pada tingkat keparahan infeksi yang terjadi.
2. Demam
Pada penderita Infeksi Telinga mereka yang mengalami penyakit tersebut akan merasakan demam baik demam ringan ataupun demam sedang.
3. Tuli mendadak
Mereka yang mengalami infeksi ini bahkan sampai merasakan pendengarannya berkurang sangat drastis atau mengalami tuli yang mendadak.
4. Mengeluarkan cairan bernanah serta mengeluarkan bau yang kurang sedap
Penderita infeksi telinga yang sudah sangat parah, biasanya akan mengalami gejala tersebut.
5. Pusing dan sakit kepala
Mereka akan merasakan pusing serta sakit kepala tidak seperti pada umumnya, dan rasa sakit yang muncul akan sangat tak tertahankan. Serta merasakan lemah dan lelah yang biasanya terjadi pada anak - anak

Akibat Dari Terjadinya Infeksi Telinga

Infeksi pada telinga yang terjadi pada anak – anak akan berakibat pada masalah perkembangan akan menjadi terganggu misal pertumbuhan pada bayi atau balita akan telat berbicara atau kurang berkembang dalam kemampuan bersosialisasi. Dan juga infeksi ini akan berakibat pada masalah pendengaran yang permanen. Jika Infeksi pada telinga yang tidak segera di obati tentu akan mmenimbulkan akibat yang sangat parah atau bisa di sebut infeksi komplikasi. Komplikasi akibat infekis yang terjadi pada telinga yaitu
Labirintis ialah penyebaran infeksi menuju telinga bagian dalam, mastoiditis ilaha penyebaran infeksi pada tulang belakang teling, dan meningitis ialah penyebaran infeksi yang sampai ke selaput pelindung otak serta pada saraf tulang belakang atau meningitis.

Obat Untuk Infeksi Telinga

Setelah mengetahui apa saja penyebab, gejala dan akibat dari Infeksi Telinga . Selanjutnya kita harus mengetahui apa saja obat untuk menyembuhkan infeksi pada telinga. Di antaranya yaitu:
1. Cuka Sari Apel
Untuk menghilangkan jamur yang bisa menyebabkan infeksi pada telinga, cuka sari apel merupakan pilihan yang paling terbaik. Cara membuatnya yaitu: anda siapkan cuka sari apel dan air, setelah itu campur ke dua bahan tersebut dengan ukuran sama. Lalu and arendam bola kapas kedalam campuran tersebut, setelah itu anda ambil bola kapas lalu letakan pada telinga dan anda biarkan sekitar 5 menit, kemudian anda lepaskan bola kaps yang menempel pada telinga,

Setelah itu anda berbaring pada sisis berlawanan dengan telinga yang terinfeksi, supaya cairan bola kapas tersebut mengalir kedalam telinga. Setelah itu keringkan telinga sampai benar – benar kering, anda dapat gunakan pengering rambut untuk mengerinkannya. Baca juga artikel kesehatan lainnya: Kenapa Kuping Berdengung Terus Menerus Dan Cara Mengobati Kuping Berdengung.

2. Bawang putih
Obat Telinga Infeksi dapat anda gunakan dengan bawang putih. Dimana bawang putih ini memiliki sifat anti mikroba serta dapat menghilangkan rasa sakit sehingga bawang putih ini akan sangat efektif dalam mengobati infeksi pada telinga. Cara membuatnya yaitu: anda membuat minyak bawang putih, dengan cara anda siapkan 2 siung bawang putih dan 2 sendok minyak wijen atau minyak mustad goreng sampai hingga bawang putih berubah warna menjadi kehitaman.

Kemudian saring minyak tersebut ketika minyak masih dalam keadaan hangat anda gunakan untuk mengobati infeksi pada telinga dengan meneteskan 2 sampai 4 tetes ke dalam telinga yang terinfeksi. Selain itu anda juga bisa merebus 2 atau 3 siung bawang putih segar selama 5 menit setelah itu hancurkan rebusan bawang putih tersebut lalu anda tambahkan garan secukupnya. Lalu masukan campuran kedua bahan tersebut dalam kain yang bersih dan letakan pada telinga anda yang terkena infeksi.

Anda juga dapat mengkonsusmi bawang putih secara mentah, 1 x sehari supaya proses penyembuhannya berjalan cepat.
3. Kemangi
Ekstrak dari kemangi dapat dimanfaatkan untuk mengobati Infeksi Telinga ringan dan juga dapat meredakan sakit telinga yang terkait dengan infeksi. Cara membuatnya yaitu: anda ambil 4 – 5 lembar daun kemangi setelah itu anda tumbuk sampai halus, kemudian tumbukan daun kemangi anda tempelkan pada telinga yang terinfeksi dalam beberapa menit. Setelah itu buang dan bersihkan bagin telinga sampai bersih.
Demikian penjelasan mengenai Gejala Akibat Penyebab Telinga Infeksi Serta Dan Obatnya. Sekian dari www.obatpusing.com semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post

0 komentar: