Kamis, 16 Februari 2017

Solusi Dan Obat Telinga Kemasukan Air Berhari-Hari Setelah Berenang

Solusi Telinga kemasukan air- Berolahraga, terutama olahraga air merupakan aktifitas menyenangkan dan menyehatkan juga bisa membuat rileks pikiran anda. Tetapi olahraga yang menyenangkan ini justru bisa mendatangkan resiko gangguan pada kesehatan. Air yang masuk ke telinga dalam jangka waktu tidak sebentar seperti berhari-hari dapat meningkatkan resiko peradangan pada saluran telinga. Peradangan yang dimaksud bisa berupa warna kemerahan dan pembengkakan pada saluran telinga luar anda. Bagian ini berupa saluran yang terletak di antara telinga bagian luar dan gendang telinga. Dan didunia medis peradangan ini biasa dikenal dengan nama otitis eksterna.

Gejala Infeksi Akibat Telinga Kemasukan Air

Jika telinga kemasukkan air dan menyebabkan infeksi pada telinga luar, ada beberapa gejala yang bisa anda perhatikan dan dijadikan sebagai tanda.


Solusi Dan Obat Telinga Kemasukan Air Berhari-Hari Setelah Berenang
Untuk gejala infeksi pada telinga yang masih tergolong ringan, tandanya sebagai berikut:

1) Telinga anda akan terlihat sedikit kemerahan,
2) Terasa gatal pada saluran telinga anda,
3) Terasa nyeri saat daun telinga ditarik, dan
4) Telinga anda tiba-tiba mengeluarkan cairan bening yang tidak berbau.

Gejala-gejala yang ditimbulkan infeksi telinga pada tahap menengah keparahannya bisa berupa:
1) Kemerahan makin meluas,
2) Terasa semakin gatal pada telinga,
3) Rasa nyeri akibat infeksi semakin meningkat,
4) Cairan bening yang keluar semakin banyak,
5) Keluarnya nanah dari telinga,
6) Telinga terasa penuh dan tertutup oleh cairan, dan
7) Mengalami penurunan secara bertahap dalam pendengaran.

Sedangkan pada tahap yang parah, gejalanya ialah:
1) Rasa nyeri yang parah dapat menyebar ke daerah wajah, leher, atau pada sisi kuping luar menjadi kemerahan dan timbulnya pembengkakan.
2) Saluran telinga telah mengalami penyumbatan seluruhnya,
3) Timbulnya demam, dan
4) Kelenjar getah bening di bagian leher membengkak.

Jika infeksi telinga kemasukkan air sudah mencapai tahap parah, anda harus segera menghubungi dokter THT untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Penanganan pertama yang akan dokter lakukan biasanya ialah membersihkan saluran telinga anda. Kemudian, dokter mungkin akan memberikan beberapa obat untuk mengobati infeksi dan mengurangi rasa sakit pada telinga anda.

Solusi Untuk Air Yang Masuk Ke Dalam Telinga Selama Berhari-Hari

Agar masalah telinga kemasukkan air tidak berkembang menjadi kondisi yang mengkhawatirkan, maka sebaiknya segera lakukan upaya untukmengeluarkan air yang telah masuk ke telinga anda. Beberapa solusi berikut ini mungkin bisa membantu anda untuk memudahkan keluarnya air yang terperangkap ditelinga anda:

1. Lap telinga anda dengan kain
Ketika telinga kemasukkan air setelah berenang, solusi pertama yang bisa anda lakukan ialah dengan mengelap telinga anda menggunakan kain. Caranya ialah dengan mengelap telinga bagian luar secara perlahan-lahan menggunakan kain yang halus hingga ke bagian lubang luar telinga. Hal ini diharapkan bisa menyerap sebagian air ditelinga yang telah masuk. Lakukan pengelapan ini sambil memiringkan telinga yang kemasukkan air ke arah kain. Pastikan juga untuk tidak terlalu mendorong kain ke bagian dalam telinga, karena hal ini bisa membuat air makin terdorong masuk.

2. Miringkan kepala ke samping
Solusi selanjutnya untuk telinga kemasukkan air setelag mandi ialah dengan memiringkan kepala ke arah telinga yang telah kemasukkan air. Jika perlu, tambahkan dengan melakukan hal tersebut sambil melompat kecil dengan satu kaki agar air terdorong ke luar. Tarik juga daun telinga anda agar kanal membuka lebih luas sehingga memudahkan air untuk keluar.

3. Berbaring miring
Air akan mengalir menuju tempat yang lebih rendah karena adanya pengaruh dari gaya gravitasi. Untuk itu, cobalah sesekali berbaring miring agar air yang berada dalam telinga anda bisa dengan mudah keluar setidaknya selama beberapa menit. Biasanya daun telinga akan terasa hangat seiring air yang terperangkap berhasil keluar dari telinga anda. Cara ini terbilang cukup efektif untuk telinga kemasukkan air tidak bisa keluar.

4. Menguap
Cara selanjutnya yang kemungkinan bisa membantu membebaskan telinga kemasukkan air terutama dari bagian Eustachius, ialah dengan menguap. Gerakan sederhana ini mungkin saja bisa membantu melegakan ketegangan bagian telinga sehingga bisa menguras air untuk keluar dari telinga.

5. Mengunyah sesuatu
Biasanya air yang telah masuk ke telinga akan terjebak di saluran atau bagian tabung eustachio. Bagian tersebut merupakan salah satu bagian dari telinga bagian dalam. Untuk membantu membebaskan air sehingga bisa keluar dengan mudah ialah dengan gerakan sederhana seperti mengunyah sesuatu. Jika anda mempunyai waktu luang, cobalah mengunyah sembari memiringkan kepala anda agar air yang masuk kedalam telinga akan semakin mudah keluar.

6. Menahan nafas
Cara terakhir untuk telinga kemasukkan air ialah dengan menutup mulut anda dan memencet hidung anda rapat-rapat, lalu ambil nafas panjang dan keluarkan melalui hidung. Lakukan kegiatan ini secara berualang hingga beberapa menit. Cara ini berguna untuk mengatur tekanan udara pada saluran eustachia, sehingga bisa mengurangi sakit datau tidak nyaman yang ditimbulkan akibat masuknya air. Baca juga artikel kesehatan telinga lainnya: Cara Kerja Telinga dan Anatomi Telinga Serta Kelainan Pada Telinga.

Obat Untuk Rasa Nyeri Atau Sakit Akibat Telinga Kemasukkan Air

Obat untuk mengatasi sakit atau nyeri akibat telinga kemasukkan air berdengung memang diperlukan. Karena jika dibiarkan bisa menimbulkan infeksi hingga radang dan pembengkakan pada telinga anda. Berikut beberapa obat dari bahan alami yang mungkin bisa membantu anda untuk meredakan rasa nyeri dan sakit yang ditimbulkan oleh telinga kemasukkan air:

1. Bawang putih
Obat pertama yang bisa anda gunakan dengan memanfaatkan bahan alami ialah dengan bawang putih. Cara ini cukup efektif mengingat kandungan bakteri yang terdapat pada bawang putih bisa bekerja secara cepat untuk membunuh bakteri penyebab rasa sakit didalam telinga anda. Cara nya cukup mudah yaitu dengan menghaluskan beberapa siung bawang putih, kemudian ambil/peras airnya. Kemudian ambil airnya sekitar 2-3 tetes dan masukkan ke dalam telinga anda. Tunggu hingga beberapa menit atau anda bisa juga mengeringkan air didalam telinga dengan menggunakan hair dryer. Pegang hair dryer dengan jarak 25 cm didepan telinga, atur suhu panas dengan paling rendah dengan kecepatan angin yang rendah juga. Nyalakan dan biarkan anginnya masuk kedalam telinga, biarkan selama beberapa menit (bisa 2-3 menit). Cara ini berguna untuk mengeringkan rambut di dalam telinga sekaligus dapat meredakan rasa sakit akibat telinga kemasukkan air.

2. Air garam
Garam dapat menyerap air dengan aman tanpa rasa sakit ataupun hal buruk lainnya. Maka itu kali ini obat yang dibutuhkan untuk mengeluarkan air yang terperangkap dalam telinga cukup dengan memanfaatkan garam alami dirumah anda. Cara menggunakannya ialah dengan menyediakan ¼ cangkir garam kemudian panaskan didalam microwave. Lalu letakkan di dalam kain katun dan ikatlah dengan kencang. Taruh kain yang ada garamnya tersebut di dekat lubang telinga anda. Biarkan selama beberapa menit agar garam dapat menyerap air yang terperangkap di dalam telinga anda.

Itulah beberapa cara dan solusi berikut obat untuk telinga kemasukkan air setelah berenang selama berhari-hari yang mudah dan aman digunakan. Sekian dari www.obatpusing.com Semoga berhasil.

Previous Post
Next Post

0 komentar: