Rabu, 15 Februari 2017

Artikel Cara Mengobati Sakit Telinga Secara Tradisional Bagian Luar Dan Dalam

Artikel Sakit telinga- Telinga atau biasa disebut sebagai kuping merupakan salah satu panca indra yang memiliki fungsi penting di kehidupan kita sebagai manusia. Selain sebagai salah satu panca indra tubuh, telinga juga berfungsi sebagai alat keseimbangan pada tubuh manusia. Namun saat telinga sedang menjalani peran serta fungsinya, telinga anda juga dapat mengalami gangguan atau kelainan. Salah satu gangguan atau penyakit yang umumnya menyerang telinga ialah telinga berdengung atau biasa disebut tinnitus. Penyakit tinnitus bisa juga disebabkan penyakit lain seperti tumor otak.

Artikel Cara Mengobati Sakit Telinga Secara Tradisional Bagian Luar Dan Dalam

Anatomi pada telinga terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian tengah, luar, dan dalam. Seluruh bagian ini memiliki peran masing-masing unuk membuat anda dapat mendengar denga baik. Namun terjadinya gangguan pada salah satu bagian telinga anda bisa membuat pendengaran juga menjadi terganggu dan tak berfungsi dengan baik sebagaimana biasanya. Bila gangguan pada telinga terjadi di bagian telinga dalam, bisa jadi hal ini pertanda dari adanya gangguan pada keseimbangan.

Artikel Cara Mengobati Sakit Telinga Secara Tradisional Bagian Luar Dan Dalam

Penyebab Gangguan Pada Telinga

Jika anda mengalami sakit pada telinga anda baik dibagian dalam maupun bagian luarnya, anda dapat memanfaatkan beberapa bahan alami atau tradisional sebagai solusinya. Lalu apa saja penyebab sakit pada telinga anda? Berikut beberapa penyebab atau penyakit yang umumnya dapat menyerang telinga anda:

1. Infeksi
Penyebab sakit telinga yang pertama ialah infeksi. Infeksi pada telinga dapat menimpa orang dewasa, remaja, dan anak-anak. Wujud dari infeksinya bisa berupa tumbuhnya bisul dan dapat dilihat atau diraba pada liang telinga yang sakit. Bisul yang muncul ditelinga sama pada umumnya, yaitu bisul dapat pecah dan mengeluarkan cairan berupa nanah didalam telinga. Umumnya hal ini dapat sembuh dengan sendirinya. Tetapi juga bisa menimbulkan efek yang tidak nyaman karena jika tidak diobati proses penyembuhannya memakan waktu lama. Anda dapat pergi menemui dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut atau menggunakan obat alami sebagai penanganan pertama.

2. Kotoran telinga
Penyebab sakit telinga selanjutnya bisa disebabkan oleh kotoran telinga itu sendiri. Jika sakit pada telinga anda disebabkan oleh kotoran pada telinga yang sudah menumpuk, usahakan untuk tidak membersihkan telinga anda dengan cotton bud. Kenapa? karena jika anda membersihkannya dengan cotton bud maka kotoran yang menumpuk akan terdorong ke bagian yang lebih dalam lagi dan dapat menyakiti gendang telinga anda nantinya. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Anda dapat mengatasinya dengan pemberian obat tetes telinga yang direkomendasikan oleh dokter atau membelinya di apotik Obat tetes ini berfungsi untuk melunakkan kotoran sehingga telinga mudah dibersihkan atau keluar sendiri dengan alami.

3. Eksim pada liang telinga
Penyebab sakit telinga yang ketiga dan umum ialah eksim pada liang telinga atau biasa disebut dermatitis seboroik. Penyakit ini dapat mempengaruhi setiap area kulit yang berminyak, seperti telinga dan dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi, berubah merah atau memerah, meradang dan bersisik.

4. Abses gusi
Abses gusi ialah dimana beberapa kondisi ditemukannya nanah akibat infeksi bakteri yang telah terbentuk dalam gigi atau gusi anda. Kondisi ini dapat menimbulkan efek sakit kepala hingga dapat juga menyebabkan sakit pada telinga anda karena letaknya panca indra yang berdekatan. Baca juga artikel kesehatan lainnya: Apa Penyebab Telinga Berdengung Dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah.

Cara Mengobati Sakit Telinga Tradisional

Lalu apa saja bahan alami yang bisa dijadikan sebagai obat pada sakit telinga anda? Berikut beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan dan dibuat dirumah:

1) Minyak zaitun
Khasiat minyak zaitun yang sudah terkenal sebagai bahan alami yang dapat menjaga kecantikan dan kesehatan kulit, ternyata juga mempunyai khasiat lain untuk mengobati sakit pada telinga anda. Caranya ialah dengan menghangatkan beberapa tetes minyak zaitun kemudian tempatkan pada wadah botol yang sudah dipastikan kebersihannya. Lalu teteskan beberapa kali minyak zaitun tersebut pada telinga anda yang terkena infeksi. Diamkan hingga beberapa menit. Pemakain yang teratur minyak zaitun ini dapat menyembuhkan sakit pada telinga anda secara efektif.

2) Bawang merah
Kandungan sifat anti bakterinya pada bawang merah dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami melawan bakteri penyebab sakit telinga bagian liar. Caranya sangat mudah yaitu cukup dengan menyiapkan beberapa bawang merah yang sudah ditumbuk halus, lalu tambahkan sedikit air dan tempatkan pada wadah bersih. Ramuan bawang merah ini diperuntukkan sakit telinga yang dapat menyebabkan pembengkakan di area luar telinga dengan mengoleskannya di sekitar daun telinga yang terasa sakit. Bawang merah ini bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit akibat pembengkakan dan mengempiskannya secara perlahan.

3) Kunyit
Obat bagi sakit telinga bagian dalam yang ketiga ialah dengan menggunakan perpaduan dari kunyit, daun iler, dan biji mahoni. Bagaimana penggunaannya? Caranya setelah menyiapkan ketiga bahan tersebut secukupnya, haluskan bahan tersebut bisa melalui blender atau ditumbuk. Setelah itu panaskan 3 sendok makan minyak wijen pada api kecil, kemudian campurkan dengan bahan tersebut. Aduk rata, setelah ramuan tersebut agak dingin anda bisa teteskan pada kuping anda.

4) Madu
Ternyata madu tak hanya bisa dijadikan obat dengan cara diminum pada tubuh. Dengan mencampurkan beberapa madu dan air secukupnya juga bisa dijadikan obat tetes untuk sakit telinga dalam. Saat mencampurkan kedua bahan tersebut, usahakan air dan madunya seimbang jangan sampai air madunya terlalu kental saat diteteskan pada kuping anda. Anda bisa menggunakan obat tetes ini di pagi dan malam hari agar keesokan harinya kuping anda sudah terasa khasiatnya dari air madu ini.

5) Bawang putih
Bahan anti bakteri yang bisa kita manfaatkan dari bawang putih ini dapat membantu melawan bakteri penyebab sakit telinga anda. Setelah itu bawang putih juga mengan dung antibiotik alami juga yang bisa mempercepat proses penyembuhannya. Caranya ialah dengan merebus beberapa bawang putih secukupnya bisa 1-2 siung hingga mendidih dan bawang putih berubah menjadi sedikit lembek. Lalu gunakan saring air antara air rebusan dengan minyak dari bawang putih. Gunakan minyak bawang putih tersebut untuk diteteskan pada telingan anda yang sakit. Kandungan antibiotik pada bawang putih dapat membantu melawan infeksi pada telinga anda.

Cara Menjaga Telinga Agar Tidak Bermasalah

Pada beberapa kasus, sakit telinga dapat menyebabkan hilangnya fungsi pendengaran anda secara bertahap, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor penuaan pada usia, paparan suara bising, trauma, obat-obatan tertentu dan penyebab lain. Mengingat rentannya telinga pada gangguan-gangguan diatas, sebaiknya dari sedini mungkin anda harus memperhatikan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga telinga anda. Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan dalam menjaga telinga anda:
  1. Hindari paparan suara musik yang terlalu kencang dalam durasi lama untuk menjaga telinga dalam anda tetap berfungsi dengan baik.
  2. Beri jeda sesekali jika anda mendengarkan musik melalui earphone atau headset.
  3. Jangan biarkan eraphone yang masih menyala di dekat telinga saat anda tertidur.
  4. Hindari berada di dekat pengeras suara.
  5. Hindari kebiasaan membersihkan telinga bagian dalam anda dengan cotton bud atau jepit rambut dan benda tajam lainnya.

Itulah beberapa ramuan dari bahan alami untuk mengobati sakit pada telinga anda baik pada bagian dalam maupun luar. Sekian dari www.obatpusing.com Semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post

0 komentar: