Minggu, 14 Agustus 2016

Cara Mengobati Sakit Kepala Belakang Bawah, Kiri dan Kanan Disertai Mual

Sakit kepala belakang merupakan salah satu dari sekian banyak jenis sakit kepala yang sering terjadi. Sebagian besar orang pernah mengalami sakit kepala belakang dengan berbagai gejala dan penyebab dengan intensitas nyeri yang beragam. Biasanya sipenderita akan merasakan tegang, nyeri dan kepala bagian belakang terasa berat hingga menjalar ke bagian tengkuk, ia seakan-akan membawa beban yang berat. Walau ada beberapa kasus yang menyebutkan bahwa sakit kepala belakang tidaklah berbahaya, akan tetapi sebaiknya anda berhati-hati dan segera tangani agar tidak mengganggu aktivitas anda dan tidak berdampak lebih buruk bagi kesehatan anda.

Cara Mengobati Sakit Kepala Belakang Bawah, Kiri dan Kanan Disertai Mual

Cara Mengobati Sakit Kepala Belakang Bawah, Kiri dan Kanan Disertai Mual
Beberapa hal perlu anda ketahui terkait keluhan sakit kepala belakang agar anda dengan segera mengetahui penyebabnya sehingga akan mudah dalam menangani inti atau akar penyakitnya.

Penyabab dan Cara Mengobati Sakit Kepala Belakang

Secara umum ada beberapa penyebab yang dapat memicu timbulnya sakit kepala belakang dan cara mengatasinya, diantaranya :

Migrain

Salah satu penyebab sakit kepala belakang adalah sakit kepala sebelah atau sering disebut migrain. Setengah dari penderita migrain akan mengalami sakit kepala bagian belakang dan juga mereka sering menderita sakit dibagian leher bagian belakang. Migrain biasanya disertai mual, muntah dan hilangnya nafsu makan. Ketika anda mengalami hal tersebut sebaiknya lakukan relaksasi dengan cara berdiam diri di tempat yang tenang dan ruangan yang agak gelap, karena jika kondisi bercahaya dan sangat berisik maka akan memperburuk keadaan sipenderita migrain.

Nyeri Kepala Tipe Tegang

Ketegangan yang terjadi pada otot-otot bagian leher atau pundak akan menyebabkan terjadinya gangguan sakit kepala belakang. Ketegangan otot-otot tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya, kurang istirahat atau kurang tidur, sakit gigi, stress, gelisah atau cemas, kelelahan, dan posisi tubuh yang buruk pada suatu kondisi. Nah dengan mengetahui faktor-faktor penyebabnya maka anda akan menemukan sendiri solusi untuk mengatasinya. Sebagai contoh jika ketegangan otot-otot leher dan pundak yang begitu berat karena stres dengan beban pekerjaan yang menumpuk sehingga mengakibatkan bagian belakang kepala anda sakit, lakukanlah relaksasi dengan cara refresing mencari udara segar atau pijat refleksi agar pikiran anda fres kembali dan sakit kepala belakang pun dapat diatasi.

Cervicogenic Headache (sakit kepala cervicogenic)

Sakit kepala cervicogenic biasanya ditandai dengan munculnya rasa nyeri pada bagian belakang leher dipersimpangan antara tengkorak dan bagian atas leher. Pada umumnya rasa sakit yang terjadi akibat dari sikap tubuh yang buruk, seperti seseorang yang sering membungkuk terlalu lama atau seseorang yang memiliki kecenderungan untuk membeungkuk maka akan beresiko serviks tulang belakang atau C2 tersangkut. Dan keadaan tersebut dapat menimpa siapa saja bahkan banyak para remaja kini banyak yang memiliki postur tubuh yang buruk akibat sikap tubuh yang buruk.

Untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan relaksasi atau pelemasan pada jaringan otot lunak diantarnya dengan pijat medis yang gunanya untuk bersantai knot pada otot dan melepaskan ketegangan sebagai pemicunya. Disamping itu bisa dilakukan pengobatan medis dengan teknik tusuk jarum kering kedalam otot untuk meredakan rasa sakit lalu kemudian dilakukan pengobatan untuk memperkuat otot inti di leher melalui latihan.

Neuralgia Oksipital

Neuralgia oksipital adalah kondisi di mana saraf oksipital yang terdapat di atas sumsum tulang belakang hingga dasar leher mengalami peradangan. Gejala kondisi ini mirip dengan migrain atau sakit kepala kronis. Gejala Neuralgia Oksipital bisa menyebabkan rasa sakit yang sangat kuat yang terasa seperti ditusuk pada bagian belakang kepala dan leher. Disamping itu gejala Neuralgia Oksipital lainnya adalah rasa sakit yang berdenyut-denyut dimulai di dasar kepala dan seterusnya menyebar ke kulit kepala, sakit pada salah satu atau kedua-duanya dari sisi kepala, sakit pada bagian belakang mata dan akan terasa sangat sakit ketika menggerakan leher. 

Adapun penyebab sakit kepala belakang jenis ini adalah trauma karena pukulan langsung, lesi saraf, kompresi tulang belakang, infeksi atau peradangan lokal, asam urat, peradangan pembuluh darah, dan diabetes. Dan untuk mengatasi maslah ini sebaiknya anda segera berobat ke dokter. Akan tetapi anda bisa melakukan latihan yoga dan pijatan dengan bimbingan profesional untuk mengurangi rasa sakit yang diderita.

Sakit Kepala Ice Pick

Gejala dari sakit kepala belakang jenis ini ditandai dengan sakit kepala yang menusuk sekali dan biasanya berlansung dalam tempo sesaat atau beberapa detik saja. Sakit kepala semacam ini sebenarnya dapat menyerang pada semua bagian kepala sehingga dapat berakibat pula timbulnya sakit kepala belakang. Dan timbulnya gejala ini bisa kapan saja bahkan saat tidur pun, sehingga dapat mengganggu anda karena anda harus terjaga.

Exertional Headache

Exertional Headache adalah salah satu gejala sakit kepala yang diakibatkan oleh aktivitas fisik yang beragam. Dan gejala tersebut akan semakin parah jika kegiatan fisik tersebut semakin berat seperti berlari, berhungan intim, batuk yang keras sehingga otot perut tertarik. Exertional Headache biasanya terjadi di kepala belakang tepatnya di belakang mata. Pada umumnya sakit kepala seperti ini bukanlah suatu pertanda atau gejala masalah serius, akan tetapi ada juga kasus seperti ini merupakan tanda gangguan pembuluh darah pada otak, walaupun hal ini sangat jarang terjadi. Walaupun demikian, sebaiknya segeralah periksakan keluhan yang dialami pada dokter jika anda kerap kali terserang penyakit ini.

Cara Mengobati Sakit Kepala Belakang

Setelah tau beberapa penyebab dan jenis sakit kepala bagian belakang maka disini akan kami suguhkan tips bagaimana cara mengobati sakit kepala sampai sembuh total :

1. Cara Mengobati Sakit Kepala Belakang dengan Pijat

Hilangkan sakit kepala dengan pijatan adalah hal yang lazim dan familiar. Menurut salah satu penelitian yang dilakukan oleh Salwa H, Hanna, MD seorang pemilik dan direktur medis dari Headache Clinic of Denver menyatakan bahwa seseorang yang mengalami sakit kepala dapat melakukan pijat untuk mengatasinya. Hal ini dikarenakan sensasi pijat yang Anda lakukan dapat mengurangi rasa sakit serta dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

Titik Refleksi untuk Mengobati Sakit Kepala

Berikut ini adalah titik-titik refleksi yang perlu Anda ketahui untuk mengobati sakit kepala:

1.    Pai Hui: Letaknya tepat ditengah tempurung kepala. Jika kepala anda terasa berat, atau terasa berdenyut-denyut, pijatlah titik Pai Hui ini.
2.    Mi Ze: Letaknya ada di kepala bagian samping (jika anda menggigit gigi, terasa ada otot yang mengeras pada kepala bagian samping). Titik ini dipijat untuk mengobati sakit kepala sebelah (migren).
3.    Tien Cu: Letaknya beraada pada kepala bagian belakang, tepatnya di bawah rambut, di sebelah luar kanan kiri otot besar. Pijatlah titik ini untuk menyembuhkan sakit kepala bagian belakang.
4.    Ci Ce: Letaknya di ujung kerutan lipat siku bagian luar.
5.    Kun Lun: Letaknya di mata kaki bagian belakang.

Titik nomor 4 dan 5 juga bisa menyembuhkan sakit kepala. Karena jalur Meridian kepala melewati titik-titik tersebut. Coba perhatikan gambar berikut untuk mengetahui titik-titik refleksi yang sudah kita bahas tadi.

Tips Sebelum Melakuan Pijat refleksi sakit kepala

Ada beberapa teori atau sarat untuk pasien atau sipemijat yang harus di jalankan supaya hasil bisa maksimal.
  • Pasien harus berusaha melemas atau mengendorkan seluruh tubuh dan tidak boleh menahan di saat di pijat.
  • Pemijat harus memulai memijit dengan perlahan-lahan dulu baru agak kuat sesuai kemampuan pasien.
  • Berurutan dari tahab 1 sampai selesai.

Tips Mengobati Sakit Kepala dengan Pijat Refleksi

Berikut ini adalah langkah demi langkah yang perlu Anda lakukan untuk Menghilangkan sakit kepala dengan pijat refleksi:

 Cara Memijat Sakit Kepala

1.    Gunakan jari tangan untuk menekan keras-keras titik Pai Hui. Sedangkan untuk titik Tien Hui, gunakan ibu jari tangan untuk menekan dan memenyet ke arah titik Pai Hui. Namun untuk sakit kepala kronis, gunakanlah metode pembakaran (baca penjelasan tentang metode pembakaran pada titik refleksi) pada titik-titik tersebut.

2.    Dengan olahraga kepala, diantaranya adalah: Gunakan seluruh jari tangan untuk memijat seluruh bagian kepala. Kepala ditundukkan lalu pelan-pelan digerakkan ke belakang. Tekan keras-keras titik Tien Cu, sambil kepala dicondongkan ke arah berlawanan. Gerakan leher ke kanan dan ke kiri. Gerakan bahu ke atas dan ke bawah, dengan posisi leher tetap tegak.

3.    Dengan hair dryer.Tiupkan udara panas dan udara dingin bergantian ke arah titik Mi Ze dan Tien Cu. Lakukan kurang lebih selama 3 menit. Udara panas membesarkan pembuluh darah, sedangkan udara dingin menyempitkan pembuluh darah. Dengan perlakuan secara bergantian bisa meringankan sakit kepala.

4.    Bila leher terasa kaku dan sakit (seolah - olah dari leher sampai pundak ototnya menjadi kaku). Ini terjadi akibat peredaran darah tidak lancar. Gunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk mencubit dan memenyet daging sekitar belakang kuping sampai leher depan, dari arah atas ke bawah. Kemudian dengan perlahan kepala dicondongkan ke belakang.

2. Cara Mengobati Sakit Kepala Belakang dgn Aerobik

Yang ke 2 adalah dengan cara melakukan aerobik. Menurut National Pain Foundation latihan aerobik seperti berenang, jalan kaki serta bersepeda dapat mengurangi intensitas sakit kepala. Tak hanya itu saja, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Headache menyatakan bahwa seseorang yang rutin melakukan latihan aerobik dapat meningkatkan kualitas hidup serta dapat mengatasi dan mencegah sakit kepala.

3. Cara Mengobati Sakit Kepala Belakang cukup dengan Peregangan


Seperti yang kita bahas tadi bawah salah satu penyebab sakit kepala adalah tegangnya otot kepala. Oleh karena itu, selain beristirahat secara teratur Anda juga harus melakukan peregangan otot. Hal ini bertujuan agar otot lebih rileks dan melancarkan peredaran darah yang menuju ke kepala. Sehingga hal ini akan meringankan Anda saat mengalami sakit kepala. Caranya pun sangat mudah yaitu gerakkan bahu, leher secara isometrik selama 20 menit.

4. Obat sakit kepala pakai Terapi panas dan dingin


Cara mengatasi sakit kepala salanjutnya dengan melakukan Terapi panas dan dingin, adapun cara melakukan terapi panas dan dingin. Caranya Anda dapat menempelkan es ke daerah pelipis dan juga Anda bisa menempelkan rasa panas ke bagian belakang leher. Menurut dokter yang berpraktik di Michigan Headache Clinic, Edmund Missina, MD menyatakan bahwa saat sakit kepala dura (lapisan otak) akan meradang. Oleh karena itu menurunkan suhu pada pembuluh darah yang melewatinya diyakini dapat meredakan rasa sakit yang ditimbulkan.

5. Minum air putih


Cara Menghilangkan sakit kepala bagian belakang berikutnya ialah dengan minum air putih. Seperti yang Anda ketahui salah satu penyebab sakit kepala adalah dehidrasi atau kurang minum air putih. Dan yang perlu Anda ketahui adalah air merupakan komponen utama yang sangat diperlukan oleh tubuh. Jika Anda terserang sakit kepala, segeralah minum air putih. Dan untuk mencegah penyakit yang satu ini biasakan minum air putih 8 hingga 10 gelas dalam setiap harinya.

Yang harus diperhatikan

1. Lakukan perubahan posisi saat anda sedang bekerja, karena jika terpaku terlalu lama dalam satu posisi dapat memicu ketegangan pada otot-otot leher anda yang akan berakibat timbulnya sakit kepala belakang.
2. Aturlah waktu anda agar anda memiliki waktu untuk rileks seperti jalan-jalan sebentar untuk menghirup udara segar setelah bekerja. Hal tersebut akan membuat otot-otot yang kaku akan rileks kembali.
3. Perhatikan pola makan yang seimbang, olah raga yang teratur dan rutin, hindari stres, meminum banyak air putih, serta istirahat atau tidur yang cukup.
Pada umumnya gejala sakit kepala belakang terjadi tanpa sebab yang serius. Namun, jika Anda mengalami sakit kepala disertai gejala-gejala lain atau sakit kepala berbeda daripada yang pernah dialami sebelumnya, segera periksakan diri ke dokter. Seperti gejala berikut :
  •  Mendadak sakit kepala setelah cidera kepala karena jatuh atau kecelakaan;
  •  Sakit kepala yang disertai demam, leher kaku, ruam, kejang, penglihatan kabur, lemas, kesulitan berbicara atau mati rasa;
  • Sakit kepala yang disertai mual dan muntah, hilang keseimbangan dan;
  • Rasa nyeri sakit kepala yang semakin memburuk walaupun anda sudah beristirahat dan meminum obta.
Jika hal tersebut anda alami penting untuk didiagnosa oleh dokter agar mendapatkan pengobatan yang tepat. Jangan anggap enteng sakit kepala belakang yang anda alami. Penanganan yang cepat dan tepat dapat meminimalkan resiko yang lebih besar. Tetaplah hati-hati dan jaga kesehatan anda karena menjaga lebih baik dari pada mengobati.Sekian saja dulu dari Www.Obatpusing.Com. Wasssalam
Previous Post
Next Post

0 komentar: