Sabtu, 20 Agustus 2016

Tanda, Gejala, Penyebab, dan Obat Sakit Kepala Sebelah Kiri Sampai Leher & Belakang yang Wajib Anda Tahu

Sakit kepala dalam persfektif medis adalah cephalalgia atau cephalgia yaitu keadaan suatu kondisi dimana timbulnya rasa nyeri pada kepala bagian dalam, yang terkadang juga hingga ke bagian belakang leher dan punggung bagian atas dan tengkuk. Sakit kepala merupakan gejala umum keluhan yang sering dialami pasien dimana salah satunya adalah sakit kepala sebelah kiri.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya gejala sakit kepala sebelah kiri. Walaupun gejala ini tidak berbahaya akan tetapi anda harus tetap waspada karena ada beberapa kasus dari gejala sakit kepala sebelah kiri yang serius dan perlu penangan secara khusus dan cepat untuk mengatasinya.

Tanda, Gejala, Penyebab, dan Obat Sakit Kepala Sebelah Kiri Sampai Leher & Belakang yang Wajib Anda Tahu

Tanda, Gejala, Penyebab, dan Obat Sakit Kepala Sebelah Kiri Sampai Leher & Belakang yang Wajib Anda Tahu
Sering kali sipenderita sakit kepala sebelah kiri akan merasakan sakit hingga keleher dan bagian belakang atau tengkuk dan akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Rencana anda yang sudah disusunpun akan menjadi berantakan ketika gejala sakit kepala ini menyerang. Dan kebanyakan orang ketika menderita sakit kepala akan langsung meminum obat sakit kepala. Sesungguhnya untuk mengatasi dengan baik gejala sakit kepala sebelah kiri sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu penyebabnya.

Penyebab sakit kepala sebelah kiri

Penyebab sakit kepala sebelah kiri sampai leher dan belakang dan pengobatannya
1. Migrain
Migrain atau sakit kepala sebelah merupakan keluhan yang sering ditemukan karena gejala ini terkadang datang secara tiba-tiba dan rasa sakit yang sangat menyiksa. Kondisi ini bisa menyerang salah satu sisi bagian kepala termasuk sakit kepala sebelah kiri. Penderita sakit kepala sebelah atau migrain akan merasakan nyeri dan berdenyut seperti dipukuli serta ditarik-tarik dan biasanya disertai dengan gangguan saluran pencernaan seperti mual dan muntah. Si penderita bahkan cenderung menjadi lebih sensitif pada cahaya, suara dan bau-bauan. Sehingga akan sangat mengganggu aktivitas sipenderitanya.

Sesungguhnya Sakit kepala sebelah atau migrain belum dapat diketahui secara pasti penyebabnya. Akan tetapi, perkiraan sementara sakit kepala sebelah atau migrain ini disebabkan terjadinya hiperaktifitas impuls listrik otak yang berakibat pada meningkatnya aliran darah di otak sehingga terjadi pelebaran pembuluh darah otak dan proses inflamasi atau luka radang. 

Obat  sakit kepala sebelah kiri jenis ini

Jika sesorang terserang sakit kepala jenis ini maka ia sebenarnya bisa mengobati dirinya sendiri dengan obat pereda sakit kepala yang dijual bebas di toko-toko obat seperti paracetamol karena tidak ada obat khusus untuk sakit kepala sebelah kiri akibat migrain, akan tetapi sebaiknya periksakan ke dokter agar diberi obat untuk mengurangi rasa nyeri. Selain itu anda bisa melakukan penangan dirumah secara sederhana tanpa harus meminum obat, seperti, melakukan relaksasi dengan cara berdiam diri di tempat yang tenang dan ruangan yang agak gelap, karena jika kondisi bercahaya dan sangat berisik maka akan memperburuk keadaan sipenderita migrain.

2. Sakit Kepala Cluster
Sakit kepala cluster sedikit berbeda dengan migrain, biasanya sakit kepala ini sering muncul selalu pada satu sisi dan jika kambuh akan berada pada sisi yang sama pada setiap pasien tertentu. Gejala cluster sering terjadi pada pria dibandingkan wanita dan menyerang pada usia lanjut. Sakit kepala cluster bukan merupakan sindrom genetik atau turunan. Gejala sakit kepala ini biasanya muncul secara singkat mulai dari beberapa menit hingga 2 jama, sangat parah, satu belahan sisi kiri atau kanan, tidak berdenyut dan konstan. Sakit kepala cluster sering muncul pada malam hari sehingga akan membuat sipenderita terbangun dan terjadi berulang kali dalam kurun waktu tertentu serta akan berhenti dalam kurun waktu tertentu pula.

 Tanda dan Gejala Sakit Kepala Sebelah Kiri

Tanda-tanda sakit kepala awal jenis ini adalah dimulai dari rasa sakit kepala sebelah kiri atau sebelah kanan dengan sensasi terbakar sepanjang bagian lateral hidung dan belakang mata hingga air mata keluar pada sisi yang terkena, hidung tersumbat atau meler. Gejala ini muncul biasanya dipicu beberapa faktor seperti akibat penggunaan alkohol atau obat-obatan tertentu. Itulah sedikit tanda Sakit Kepala Sebelah Kiri Sampai Belakang

Penanganan sakit kepala cluster bisa dilakukan dengan terapi yaitu simptomatik sesuai gejala, dan profilaksis untuk pencegahan.

3. Sakit Kepala Tipe Tegang
Ketegangan yang terjadi pada otot-otot bagian leher atau pundak akan menyebabkan terjadinya gangguan sakit kepala sebelah kiri sampai leher. Ketegangan otot-otot tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya, kurang istirahat atau kurang tidur, sakit gigi, stress, gelisah atau cemas, kelelahan, dan posisi tubuh yang buruk pada suatu kondisi. Nah dengan mengetahui faktor-faktor penyebabnya maka anda akan menemukan sendiri solusi untuk mengatasinya. Sebab pada prinsipnya, jika sesorang terserang sakit kepala jenis ini maka ia sebenarnya bisa mengobati dirinya sendiri dengan obat pereda sakit kepala yang dijual bebas di toko-toko obat seperti paracetamol. Atau jika ketegangan otot-otot leher dan pundak yang begitu berat karena stres dengan beban pekerjaan yang menumpuk sehingga mengakibatkan kepala sebelah anda sakit, lakukanlah relaksasi dengan cara refresing mencari udara segar atau pijat refleksi agar pikiran anda fres kembali dan sakit kepala tersebut dapat diatasi. Di samping itu untuk mencegah munculnya gejala sakit kepala ini sebaiknya anda melakukan olah raga secara rutin dan teratur. 

4. Penyebab lain dari sakit kepala sebelah kiri
Sebagian besar sakit kepala bersifat primer yaitu tidak terdapat penyakit yang menjadi dasar munculnya sakit kepala seperti sakit kepala sebelah kiri. Sakit kepala sebelah atau migrain, sakit kepala cluster dan sakit kepala tipe tegang atau tension type headache merupakan jenis sakit kepala yang tidak didasari oleh suatu penyakit serius. Akan tetapi ada juga sakit kepala yang disebabkan oleh suatu penyakit atau kondisi atau biasa disebut sakit kepala sekunder, dan kondisi seperti ini harus menjadi fokus perhatian awal dalam mendiagnosa sakit kepala agar secara cepat dan tepat dapat ditangani, karena jika sampai terlambat bisa berakibat fatal. Beberapa penyakit yang harus diwaspadai yang mungkin menjadi pemicu timbulnya sakit kepala sebelah kiri, diantaranya radang otak, darah tinggi, penyakit jantung, reaksi alergi, sinusitis, meningitis, dan lain-lain.Unutuk lebih jauh silahkan baca Apa Penyebab Sering Sakit Kepala dan Pusing Sebelah Kiri, Sebelah Kanan, Belakang

 Sakit kepala periksa ke dokter spesialis apa dan Kapan waktu yang tepat ?

Dimana untuk mengetahui secara tepat penyebab pastinya dibutuhkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lain oleh dokter yang akan disesuaikan dengan kondisi keluhan pasien.

Maka segera hubungi dokter jika sakit kepala sebelah kiri disertai dengan:
a. Demam yang cukup tinggi
b. Sakit kepala sangat berat
c. Leher menjadi sangat kaku, lemah dan nyeri otot dan persendian.
d. rasa ingin berbaring terus/ mengantuk
e. Mual dan muntah dan tidak responsif atau kebingungan
f. badan panas tetapi tangan dan kaki kedinginan atau mengigil
g. disertai bibir kebiruan
h. Timbul ruam atau bercak kemerahan yang tidak menghilang bila ditekan.
i. Disertai kejang-kejang
Lalu dokter spesialis yang menangani sakit kepala ? o dokter yang tepat adalah dokter sepesialis Syaraf.

Jika hal tersebut anda alami penting untuk didiagnosa oleh dokter agar mendapatkan pengobatan yang tepat. Jangan anggap enteng sakit kepala sebelah kiri yang anda alami. Penanganan yang cepat dan tepat dapat meminimalkan resiko yang lebih besar. Tetaplah hati-hati dan jaga kesehatan anda karena menjaga lebih baik dari pada mengobati. Itulah Tanda, Gejala, Penyebab, dan Obat Sakit Kepala Sebelah Kiri Sampai Leher & Belakang yang Wajib Anda Tahu dari www.obatpusing.com. Semoga manfaat!
Previous Post
Next Post

0 komentar: