Jumat, 19 Agustus 2016

8 Faktor Penyebab Kepala Pusing Tiba Tiba Dan Terus Menerus seperti melayang Yang Perlu anda Tahu

Kepala Pusing sudah menjadi hal yang biasa dalam kehidupan kita sehari-hari. Istilah pusingmengacu pada kondisi dimana kepala terasa sakit diikuti dengan sensasi seperti berputar-putar. Terkadang penglihatan juga terasa berkunang-kunang dan membuat penderitanya kadang kehilangan keseimbangan. Pusing memang bukan penyakit yang mematikan. Namun jika terus berlanjut maka harus waspada karena bisa menjadi indikasi adanya penyakit yang lebih serius.

Faktor Penyebab Kepala Pusing Tiba Tiba Dan Terus Menerus seperti melayang Yang Perlu anda Tahu

Kepala pusing meaning/yang dimaksud dalam artikel ini bisa menimpa siapapun baik pria maupun wanita mulai dari anak-anak sampai orang lansia. Kepala merupakan bagian tubuh yang berisi otak dimana didalamnya terdapat sel-sel dan jaringan yang bekerja tanpa henti. Maka tidak heran jika kepala cukup sering mengalami sakit atau pusing. Untuk mengobati pusing banyak cara yang bisa dilakukan mulai dari cara alami dan tradisional sampai mengkonsumsi obat-obat modern yang sudah tersedia diapotik. Semua tergantung pada masing-masing individu.

8 Faktor Penyebab Kepala Pusing Tiba Tiba Dan Terus Menerus seperti melayang Yang Perlu anda Tahu

Faktor Penyebab Kepala Pusing Tiba Tiba Dan Terus Menerus

Sama halnya dengan cara pengobatan Kepala Pusing yang begitu beragam, penyebab timbulnya pusing dikepala juga bermacam-macam. Berikut beberapa hal yang ditengarai menjadi faktor faktor penyebab pusing dikepala:

1. - Dehidrasi
Ini adalah salah satu penyebab seringnya terjadi pusing secara tiba-tiba padahal kita merasa sedang dalam kondisi sehat. Dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan cairan. Cairan penting bagi tubuh manusia karena hampir 70% tubuh manusia terdiri atas air. Tanpa asupan cairan yang cukup maka pasokan energi ke otak akan berkurang dan bisa menyebabkan pusing atau sakit kepala. Maka, perbanyaklah konsumsi air putih minimal 8-12 gelas per harinya untuk menghindari pusing.

2. - Kadar gula terlalu rendah
Kadar gula diperlukan tubuh untuk dijadikan energi sehingga tubuh berfungsi dengan baik. Maka, jika kadar gula terlalu rendah maka tubuh akan lemas disertai dengan pusing. Bahkan lebih buruk lagi bisa membuat pingsan. Maka, sebaiknya biasakan untuk mengkuti pola makan teratur. Jangan sampai melewatkan sarapan karena sarapan adalah rutinitas yang diperlukan tubuh sebelum memulai aktifitas agar tetap bugar dan bisa terhindar dari kepala pusing badan lemas .

3. - Terlalu lama duduk atau berbaring
Saat duduk atau berbaring, sirkulasi darah berpotensi untuk tertahan dibagian bawah tubuh sehingga jika kita sudah terlalu lama duduk atau berbaring kemudian berdiri secara tiba-tiba maka sirkulasi darah belum menyesuaikan diri. Maka pusing, sempoyongan dan mata terasa gelap sering terjadi. Hal ini akan terjadi secara berulang dan terus menerus jika pola duduk kita tetap sama. Maka lakukan peregangan selama 20 menit sekali jika kita diharuskan duduk untuk waktu yang lama.

4. - Konsumsi obat
Konsumsi obat-obatan tertentu bisa memicu kepala pusing saat bangun tidur yang terjadi secara terus menerus dan sering berulang. Obat-obatan seperti obat pereda nyeri atau obat migren yang dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama justru akan menimbulkan pusing yang berulang. Terutama jika obat migren tersebut dihentikan tiba-tiba penggunaannya. Maka potensi pusing kembali lebih tinggi.

5. - Radang telinga
Seseorang yang mengalami radang dibagian telinga maka akan mengalami pusing lebih sering dan terus menerus. Vertigo atau pusing dengan sensasi berputar akan terjadi lebih intens dan berulang. Telinga merupakan pusat keseimbangan tubuh sehingga jika terjadi gangguan pada telinga maka kepala adalah bagian yang pertama kali merasakan sakit.

6. - Aroma yang menyengat
Bagi beberapa orang, memakai parfum dengan aroma kuat dan tajam bisa meningkatkan percaya diri. Namun tidak semua orang bisa mentolerir aroma tajam seperti itu. Beberapa orang mungkin tidak tahan dengan aroma menyengat sekalipun itu adalah wangi parfum. Mencium aroma wangi yang tajam bisa membuat seseorang mengalami kepala pusing dan mual .

7. - Anemia
Anemia atau kekurangan sel darah merah merupakan gangguan kesehatan yang umum dan sering terjadi. Sel darah merah sendiri merupakan bagian yang sangat penting bagi tubuh untuk menyuplai oksigen dan nutrisi penting lainnya. Seseorang yang menderita kekurangan sel darah merah atau anemia akan mengalami gejala kepala yang pusing berputar dan perasaan melayang serta kehilangan keseimbangan. Hal ini terjadi secara terus menerus selama anemia tidak diatasi.

8. - Terlalu lama didepan komputer
Saat ini hampir setiap orang menggunakan komputer untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari maupun untuk sekedar memperoleh hiburan. Seringkali penggunanya kehilangan waktu. Inilah yang menyebabkan terjadinya pusing secara tiba-tiba. Jika kebiasaan duduk lama didepan komputer tidak diperbaiki maka Kepala Pusing akan berulang dan terjadi terus menerus.

Pusing tidak hanya mengganggu karena rasanya yang tidak nyaman, namun bisa mengindikasikan gangguan kesehatan lainnya. Maka saat terjadi pusing secara tiba-tiba kemudian terjadi secara terus menerus dalam durasi waktu yang lama sebaiknya jangan menunda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Pastikan kita menjelaskan dengan detil kondisi kesehatan kita sebelumnya serta apa saja yang kita konsumsi baik itu makanan ataupun obat. 

Apa perbedaan pusing dan sakit kepala ?

Disini akan kita tahu apa perbedaan pusing dan sakit kepala , jika dirasakan maka Pusing identok dengan penglihatan terasa berputar (nggeliyeng, bahasa kerennya vertigo), sakit kepala cenderung nyut-nyutan
Hampir setiap orang pernah merasakan nyeri atau sakit kepala. Data menunjukkan bahwa 90% populasi manusia pernah mengalami gangguan sakit kepala bisa sekali atau dua kali dalam setahun. Sakit kepala juga menjadi alasan terbanyak kedua seseorang untuk konsultasi dengan dokter. Untuk lebih jelas tentang kepala sakit lihat artikel Sakit Kepala Terus Menerus Gejala Penyakit Apa? Dan Cara Mengobatinya dengan Cara Alami

Tips Mencegah Kepala Pusing

Karena pusing menyebabkan rasa yang sangat tidak nyaman, berikut beberapa tips untuk mencegah terjadinya pusing yang bisa kita coba aplikasikan:

1. - Olahraga ringan dan teratur
Olahrga sangat baik untuk kesehatan. Ia akan membantu memperlancar peredaran darah sehingga resiko terjadinya pusing bisa lebih ditekan. Olahraga tidak perlu yang berat. Cukup dengan lari pagi selama 30 menit setiap harinya maka akan membantu dalam meningkatkan kualitas tubuh.

2. - Cukupi kebutuhan cairan
Tubuh memerlukan cairan yang cukup setiap harinya agar tetap berfungsi dengan baik. Untuk mencegah kepala pusing seperti melayang, pastikan untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari. Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan cairan dari sumber lainnya seperti buah-buahan dan sayur.

3. - Hindari kafein berlebihan
Kafein memang mampu membuat fikiran terasa lebih prima dan matapun jauh dari kantuk. Namun bila dikonsumsi secara berlebihan justru dapat memicu pusing. Lebih baik mengganti kopi dengan minuman yang lebih sehat seperti jus, teh ataupun air kelapa muda.

4. - Jauhi stres
Meskipun tidak terlihat, nyatanya stres berpengaruh buruk terhadap kesehatan dan ia berpengaruh langsung pada kondisi kepala kita. Saat stres, kepala akan langsung pusing dan sakit. Maka hindarilah penyebab stres atau atasi sebisa mungkin agar hidup lebih bahagia dan terbebas dari Kepala Pusing  Tiba Tiba yang mengganggu.

5. - Pola hidup sehat
Ikutilah pola hidup sehat dengan cara tidak melewatkan sarapan, tidur yang cukup 7-8 jam, dan hindari makanan junk food. Pola hidup sehat akan menghindarkan kita dari pusing karena tubuh akan selalu sehat dan terjaga.

Memiliki tubuh yang sehat tentu menjadi keinginan setiap orang. Tubuh sangat pintar sehingga saat terjadi gangguan maka akan langsung mengirimkan sinyal seperti pusing. Maka, jika kepala terasa pusing, ingatlah kembali apa yang menyebabkannya pusing sehingga bisa ditemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Namun jika Kepala Pusing Terus Menerus berlanjut, segera hubungi dokter.

Demikian artikel tentang Faktor Penyebab Kepala Pusing Tiba Tiba Dan Terus Menerus  dari kami obatpusing.com semoga manfaat.
Previous Post
Next Post

0 komentar: