Rabu, 24 Agustus 2016

Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang Dan Samping Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang – Selain sakit kepala sebelah, sakit kepala lainnya yang paling sering dikeluhkan adalah sakit kepala bagian belakang. Sakit kepala jenis ini umumnya disertai dengan rasa tegang, nyeri dan berat di area belakang kepala dan rasa nyeri tersebut bisa merambat sampai ke bagian tengkuk atau leher bagian belakang seperti ada beban berat di bagian leher tersebut.

Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang Dan Samping Dan Cara Mengatasinya

Dari hasil penelitian, tidak ada penyebab yang serius dalam sakit kepala bagian belakang, apalagi jika Cuma berlangsung sementara. Anda tentu bisa mengatasinya sendiri di rumah dengan melakukan perawatan sederhana. Tetapi, berbeda jika kasusnya adalah sakit kepala jenis ini sangat sulit disembuhkan, bahkan terjadi terus-menerus. Jika kondisi terjadi seperti itu, maka anda akan butuh perawatan dan bantuan tim medis untuk melakukan pemeriksaan secara intensif guna mengetahui Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang yang anda derita. Dokter akan melakukan semua pemeriksaan untuk mencari tahu apa yang memicu sakit kepala tersebut yang mungkin bisa disebabkan oleh meningitis, stroke, tumor dan kondisi kritis lainnya.
Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang Dan Samping Dan Cara Mengatasinya

Untuk itu, jika anda kerap mengalami masalah ini ada beberapa hal yang harus anda ketahui dan berikut informasi lengkapnya.

Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang


1. Sakit kepala cervicogenic
Sakit kepala ini disebabkan adanya masalah pada leher atau disebut dengan cervic. Sakit ini muncul pada satu sisi saja tetapi bisa merambat hingga ke bagian belakang dan samping kepala, bahkan bisa ke dekat mata. Awalnya, cuma sakit kepala biasa tetapi bisa berkembang menjadi sering terjadi dan terus-menerus. Nyeri yang muncul membuat anda bahkan nyaris tidak bisa menggerakkan leher secara bebas.

Terlalu capek, tulang leher mengalami masalah, posisi tidur yang kurang bagus, sikap tubuh yang buruk, cedera di bagian belakang kepala, stress dan otot tegang.

2. Oksipital neuralgia
Disebut oksipital neuralgia karena adanya rasa sakit kepala yang benar-benar intens yang terasa seperti menusuk dan seperti tersengat listrik, terutama did bagian belakang kepala dan juga bagian leher.
Anda akan merasa seperti sakit di bagian tersebut dengan rasa terbakar dan adanya kepla berdenyut di bagian dasar yang kemudian menyebar ke kulit kepala. Sakit ini bisa terjadi pada sebelah atau kedua sisi kepala anda dengan rasa nyeri di belakang mata dan juga akan terasa lebih sakit jika anda ingin menggerakkan leher.

Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang ini adalah:
Karena trauma setelah terkena pukulan langsung, adanya kompresi tulang belakang, infeksi atau peradangan lokal, lesi saraf, asam urat, peradangan pembuluh darah, diabetes dan juga tumor lokal.

3. Migrain
Migrain juga dikenal sebagai sakit kepala sebelah. Tapi, bisa juga menjadi Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang. Bahkan, mencapai 40% sebagai pemicu pada para penderita migrain. Mereka juga sering merasa sakit di tengkuk leher.
Anda mungkin merasa mual, muntah, malas makan, malas melakukan berbagai kegiatan, lebih sensitif pada cahaya dan suara keras.

4. Ice-pick headache
Sakit kepala ini muncul dengan rasa seperti tertusuk parah di bagian belakang kepala dalam beberapa detik. Tetapi, bisa terjadi di bagian kepala manapun, sehingga bisa menjadi Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang

5. Tension headache
Sakit ini adalah sakit kepala tipe tegang. Gejala awal adalah fokus sakit di bagian leher dan juga bagian kepala belakang. Kemudian, muncul rasa tegang seperti hanya melingkar di bagian dahi. Bahkan, terasa seperti ada tali yang melingkar erat di kepala anda. Anda juga akan merasa seperti nyeri di otot kulit kepala, bahu dan leher. Gejala lainnya seperti migrain yaitu mual.
Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang jenis ini adalah:
Terlalu lelah dan stress.

6. Es krim headache
Disebut es krim headache karena sakit kepalanya baru muncul setelah makan es krim, es batu atau yang dingin-dingin. Memang tidak semua orang mengalami ini, jadi hanya sebagian kecil.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang dan Samping

Untuk mengatasi sakit kepala, maka harus diketahui jenis dan penyebabnya dulu. Masing-masing jenis sakit kepala memiliki penyebab yang berbeda, sehingga dibutuhkan cara penanganan yang berbeda pula untuk mengatasinya.

1. Jika disebabkan oleh stress dan tegang
Jika sakit kepala muncul karena stress dan tegang, maka sudah pasti otot bagian belakang tampak tegang. Kondisi ini bisa jadi karena posisi anda bekerja yang kurang tepat, posisi tidur yang kurang benar, cemas, kurang tidur dan juga stress.

Cara mengatasinya adalah:
Rubah posisi duduk anda saat bekerja atau juga lakukan stretching untuk mengurangi ketengangan otot pada bagian pundak.
Atau anda bisa meminta tolong teman serta keluarga untuk memberikan pijatan ringan di bagian leher dan pundak agar tidak mudah terserang sakit kepala.

2. Jika disebabkan gangguan tulang belakang pada leher
Jika disebabkan oleh cervicogenis, maka termasuk dalam sakit kepala sekunder, sakit kepala vertebrogenis atau myogenis. Sakit kepala ini bisa karena disfungsional pada leher atau karena ketegangan di otot-otot leher.
Jika tidak disertai dengan gejala yang membahayakan atau dengan tekanan darah, maka kemungkinan penyebabnya adalah stress dan kelelahan.

Sehingga, bisa diselesaikan dengan cara yang sederhana untuk menghindari stress atau kelelahan seperti refreshing, relaksasi, pijat dengan halus, kompres kepala dengan air hangat atau istirahat sejenak.

Anda juga bisa mengatasi Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang yang disebabkan oleh gangguan otot leher dengan mengkonsumsi obat-obatan antalgin atau obat neuralgin. Tetapi hal itu hanya disarankan jika anda tidak punya masalah alergi dengan obat. Untuk itu, diskusikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui masalah sebenarnya. Jika anda mengalami sakit kepala ringan sebainya baca Tips bagaimana  Cara Menghilangkan Sakit Kepala Saat Haid Atau Tidak Yang Aman Paling Top ini.


Pada dasarnya, sakit kepala bisa muncul karena hal yang sama yaitu adanya ketegangan otot di bagian tertentu. Jika yang terasa sakit adalah di bagian belakang kepala sampai ke samping, bisa juga dikarenakan otot-otot di bagian tersebut sedang tegang. Untuk itu, diperlukan pola hidup yang sehat. Anda harus mencari cara bagaimana bisa mengerjakan tugas yang anda emban tanpa harus sering lembur atau begadang sampai anda kelelahan dan kurang tidur.
Selain itu, anda juga disarankan untuk lebih menyayangi tubuh anda. Misalnya, akan lebih baik jika anda tidak duduk berjam-jam di depan laptop atau layar komputer untuk menuntaskan pekerjaan anda. Ambillah waktu 15 menit untuk bergerak setiap 2 jam sekali, misalnya. Anda bisa pergi ambil air minum, keluar sebentar untuk duduk-duduk di teras atau apapun yang bisa anda lakukan untuk memecahkan kebosanan yang dapat memicu anda untuk merasa gampang stress dan tertekan dengan pekerjaan yang harus anda selesaikan. Bila perlu, anda harus menyiapkan waktu tersendiri untuk relaksasi atau refreshing supaya sakit kepala tidak mudah datang.

Demikian informasi kami melalui blog www.obatpusing.com tentang Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang dan samping dan cara mengatasinya. Semoga membantu!
Previous Post
Next Post

0 komentar: