Selasa, 09 Agustus 2016

14 Cara Mengobati Sakit Kepala Biasa Secara Alami Dengan Cepat Tidak Bikin Ngantuk

Sakit kepala muncul karena ada rasa sakit yang menyerang mendadak di area kepala. Hal ini muncul dikarenakan beberapa faktor seperti telat makan, terlalu banyak mengkonsumsi kafein, stress, kurang istirahat, dehidrasi dan lainnya. Macam-macam sakit kepala pun juga banyak seperti sakit kepala cluster, sakit kepala berkepanjangan, sakit kepala vertigo dan juga sakit kepala migrain. Cara Mengobati Sakit Kepala sudah pasti berbeda, tergantung dari jenis sakit kepala yang menyerang.

14 Cara Mengobati Sakit Kepala Biasa Secara Alami Dengan Cepat

Jadi, saat hendak mencari obat sakit kepala, sangat dianjurkan untuk tidak sembarang memilih obat. Anda harus mencari obat yang tepat untuk jenis sakit kepala yang anda derita. Tetapi, untuk sakit kepala biasa, sebaiknya jangan buru-buru minum obat. Berikut beberapa Cara Mengobati Sakit Kepala yang bisa anda lakukan secara alami dan meredakan sakit kepala secara cepat.

Cara Mengobati Sakit Kepala  Dengan Cepat Secara Alami

1. Sering minum air putih
Ya, penyebab utama sakit kepala muncul karena kurang cairan. Jadi, tubuh mengirimkan sinyal bahwa pasokan air untuk semua organ tubuh sangatlah kurang dengan cara munculnya rasa sakit di kepala. Sakit kepala yang muncul karena dehidrasi atau kekurangan cairan bisa diobati dengan cara memperbanyak minum air.
Saat sedang sakit kepala, sangat dianjurkan untuk banyak minum air putih. Selain itu, biasakan juga meminum air putih paling tidak 8 hingga 10 gelas setiap harinya supaya sakit kepala yang sering muncul bisa dicegah.

2. Konsumsi biji alpukat
Jangan buang biji alpukat jika anda sering mengkonsumsi atau baru beli buah alpukat. Cara alami ini sangat berkhasiat untuk meredakan sakit kepala apalagi jika disertai demam.

Caranya:
Siapkan 2 biji buah alpukat dan parut. Campur dengan sedikit air dan tempelkan di dahi. Biji alpukat bisa dijadikan kompres untuk sakit kepala dan demam kurang lebih sekitar 1 hingga 2 jam, atau bisa ditempel saat hendak tidur di malam hari.

3. Hindari stress
Cara Mengobati Sakit Kepala yang berkepanjangan selanjutnya adalah dengan menghindari stress. Stress yang muncul akan menyebabkan otot dan urat syaraf menjadi tegang. Dalam kondisi demikian, anda akan mudah terkena serangan sakit kepala. Untuk itu, luangkan waktu untuk istirahat, jalan-jalan atau melakukan aktivitas lainnya yang membuat anda merasa tenang. Hindari juga banyak fikiran yang memicu tubuh mudah stress.

4. Tidur cukup
Tidur cukup akan membuat anda mudah mencegah sakit kepala. Tidur cukup berbeda dengan tidur terlalu banyak. Jika terlalu banyak tidur, malah badan terasa tidak fit dan mudah capek. Jangan sampai tubuh anda kurang tidur. Atur waktu tidur anda agar bisa istirahat secara normal. Hindari memforsir tubuh dengan begadang mengerjakan semua kerjaan anda, sebab anda bukanlah robot.
Waktu tidur yang baik adalah 7 sampai 8 jam supaya anda bisa terhindar dari sakit kepala.

5. Lakukan stretching
Cara berikutnya adalah dengan mencoba melakukan stretching. Disebut stretching karena anda akan melakukan gerakan senam untuk meregangkan otot dan syaraf yang bisa tegang. Agar tidak mudah sakit kepala, cobalah meluangkan waktu untuk melakukan gerakan senam. Atau, anda juga bisa melakukan yoga.

6. Makan semangka
Seperti halnya air yang dibutuhkan oleh semua organ tubuh agar otot dan syaraf tidak mudah tegang, anda bisa menggunakan semangka untuk obat sakit kepala. Hal ini disebabkan kandungan air yang ada dalam semangka sangatlah tinggi. Jadi, jika sakit kepala muncul karena kurang minum atau dehidrasi, semangka bisa menjadi alternatif terutama jika anda tidak terbiasa minum banyak air sampai 8 gelas setiap harinya.

7. Makan ikan
Makan ikan juga bisa menjadi cara mengobati sakit kepala yang sangat sakit . Ikan yang berlemak sangat disarankan seperti ikan tuna, ikan makarel dan juga salmon. Sebab, kandungan omega-3 dan juga lemak esensial pada ikan sangat membantu mencegah peradangan. Makan ikan sangat baik terutama jika anda sering menderita sakit kepala sebelah atau migrain.

8. Menggunakan biji wijen
Biji wijen sangat membantu untuk mengatasi sakit kepala. Kandungan vitamin E didalamnya sangat membantu untuk emmbuat hormone esterogen kembali stabil sehingga masalah migrain dan sakit kepala lainnya bisa diatasi.
Tidak hanya bekerja sebagai cara mengobati sakit kepala secara alami, bahkan biji wijen dilengkapi dengan kandungan magnesium yang tinggi yang dapat mencegah munculnya sakit kepala.

Selain biji wijen, anda juga dapat mengkonsumsi makanan seperti dandelion, kacang-kacangan, minyak zaitun, kentang manis, dan gandum yang semua jenis makanan tersebut tinggi dengan magnesium.
9. Minum kopi
Kopi memang bisa diminum untuk mengatasi sakit kepala. Namun, tidak dianjurkan untuk meminum kopi dalam jumlah berlebihan. Konsumsi kopi dalam jumlah yang normal saja yaitu tidak melebihi 2 atau 3 cangkir setiap harinya. Dengan mengkonsumsi kopi dalam batas tersebut, dapat dijadikan sebagai cara mengobati sakit kepala yang tidak bikin ngantuk. Kandungan kafein dalam kopi adalah 40% yang cukup efektif untuk sakit kepala, namun jika dikonsumsi melebihi batas normal maka bisa menyebabkan sakit kepala menjadi semakin parah.

10. Makan atau minum apapun dengan rasa mint
Untuk sakit kepala yang disebabkan oleh maag karena anda telat makan, Cara Mengobati Sakit Kepala ini adalah dengan mengkonsumsi atau minuman apapun dengan rasa mint. Misalnya anda bisa meminum teh peppermint yang bekerja untuk mengusir mual, sakit kepala dan memberikan efek menenangkan untuk tubuh.

11. Es batu
Es batu dapat bekerja secara efektif untuk mengurangi rasa sakit kepala.
Caranya:
Cukup ambil es batu dan gosok-gosokkan atau kompreskan es batu di daerah kepala yang terasa sakit secara perlahan. Dengan menggunakan es batu, maka akan memberikan efek mati rasa di daerah yang terasa sakit, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri atau sakit karena sakit kepala.

12. Pisang
Buah yang satu ini memiliki banyak manfaatuntuk kesehatan. Tidak hanya membantu buah hati anda cepat gemuk, melancarkan pencernaan tetapi kandungan potassium dan magnesiumnya yang tinggi membuat pisang sangat cocok untuk meredakan sakit kepala dan sakit kepala sebelah.

Saat sakit kepala menyerang, mengkonsumsi pisang dapat menjadi pilihan untuk mengurangi rasa sakit kepala.

13. Kentang
cara mengatasi sakit kepala yang berkepanjangan selanjutnya dengan menggunkan Kentang. Kentang bisa dimakan untuk menggantikan hilangnya eletrolit seperti kalium dalam tubuh. Ya, sakit kepala yang muncul bisa jadi karena kalium hilang. Untuk mengganti kalium tersebut, makan kentang bisa menjadi pilihan cocok. Anda bisa memasak kentang dengan cara dibakar dengan kulitnya atau dengan direbus. Namun, hindari mengkonsumsi kentang goreng sebab kandungan kaliumnya akan sedikit berkurang dan kurang efektif mengatasi sakit kepala.

14. Cobalah melakukan latihan pernafasan perut
Latihan pernafasan perut bisa membantu meredakan rasa sakit kepala. Cara Mengobati Sakit Kepala berat ini adalah dengan menarik oksigen sebanyak-banyaknya sehingga anda merasa seperti semua otot dan syaraf menjadi meregang dan rileks. Selain membantu pasokan oksigen dalam tubuh menjadi membaik, cara ini juga dapat membuat anda merasa tenang.

Itulah informasi lengkap tentang Cara Mengobati Sakit Kepala biasa secara alami dengan cepat dari kami tim obatpusing.com. Semoga bermanfaat!
Previous Post
Next Post

0 komentar: