Sabtu, 20 Agustus 2016

Apa Penyebab Kepala Pusing Setiap Hari Mendadak Saat Hamil Dan Pengobatannya

Penyebab Kepala Pusing. Saat hamil baik hamil muda atau hamil muda, bukan hanya perasaan sensitif dan mudah marah yang kerap dialami oleh para calon ibu, mereka juga memiliki keluhan yang umum yaitu sering pusing. Dalam kondisi ini, mereka cenderung was-was tentang kesehatannya. Bahkan, pusing masih kerap muncul ketika mereka sudah memasuki trimester kedua dan ketiga, sehingga mematahkan pendapat bahwa sering pusing hanya muncul pada trimester pertama saja. 

Apa Penyebab Kepala Pusing Setiap Hari Mendadak Saat Hamil Dan Pengobatannya

Saat hamil tua dan masih sering pusing, sangat penting bagi anda untuk segera mencari tahu terlebih dahulu tentang apa Penyebab Kepala Pusing tersebut, sebab saat hamil muda dan hamil tua penyebab pusing sudah berbeda. Jika pada hamil muda, penyebabnya adalah morning sickness karena perkembangan janin pada rahim anda. Lantas, bagaimana dengan sering pusing saat hamil tua?
Apa Penyebab Kepala Pusing Setiap Hari Mendadak Saat Hamil Dan Pengobatannya

Penyebab Kepala Pusing Setiap Hari Mendaadak Saat Hamil

Pusing menyerang hampir setiap hari dan itulah yang kerap dirasakan oleh semua calon ibu. Faktor penyebabnya pun cukup beragam. Karena sangat penting mengetahui penyebab rasa pusing tersebut, berikut beberapa macam faktor yang bisa kami simpulkan untuk ibu hamil yang kerap pusing.

1. Morning sickness
Yang pernah hamil, mungkin mereka tidak kaget dengan morning sickness. Kondisi ini kerap menyerang para ibu yang sedang hamil terutama di trimester pertama. Hal ini disebabkan tubuh mulai menyesuaikan diri dengan perubahan fisik dan hormone yang terjadi selama masa kehamilan. Selain itu, kondisi ini terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan diri karena adanya janin yang menempel di dinding rahim yang terus tumbuh dan berkembang. Anda mungkin akan merasa pusing, mual dan bahkan muntah saat hendak bangun dari tidur.

2. Melebarnya pembuluh darah
Karena adanya perubahan hormone pada ibu yang sedang mengadung, maka pembuluh darah menjadi melebar. Hal inilah yang membuat para ibu hamil sering mengalami pusing. Jika pelebaran pembuluh darah terjadi, maka kondisi ini bisa disebut kondisi yang bagus untuk janin dalam kandungan. Sebab, dapat membantu melancarkan aliran darah ke tubuh janin untuk membantu perkembangan dan pertumbuhannya di bagian rahim. Tetapi, dampak buruknya adalah detak jantung dan juga sistem peredaran darah dalam jantung menjadi meningkat. Darah menjadi lebih banyak dipompa sehingga pusing pun muncul.

3. Meningkatnya aliran darah
Hal ini masih berkaitan dengan penjelasan sebelumnya. Sistem jantung terutama bagian kardiovaskular dapat membuat aliran darah meningkat kea rah janin dan dampaknya adalah tekanan darah pun menurun atau disebut dengan tekanan darah rendah. Kondisi ini sudah dipahami betul oleh sistem kardiovaskular, tetapi kondisi tersebut malah diikuti dengan aliran darah menuju otak yang berkurang. Bahkan, tidak heran bahwa ibu hamil yang sering pusing pun bisa pingsan juga sudah terjadi hal seperti ini.

4. Pembuluh darah mengalami penekanan
Saat hamil tua, anda mungkin sering merasa pusing karena kehamilan semakin membesar dan rahim terus membesar. Saat terjadi pembesaran dalam rahim, maka pembuluh darah dalam tubuh pun ikut tertekan. Penekanan seperti ini disebut sebagai vena kava. Pembuluh darah vena yang sangat berperan penting untuk membawa darah kembali menuju jantung membuat aliran darah ke otak menjadi berkurang sehingga dapat juga mengurangi supplai oksigen ke otak. Inilah yang menjadi Penyebab Kepala Pusing pada ibu hamil tua sampai pingsan.

5. Turunnya gula darah
Sistem metabolisme juga ikut berubah pada ibu yang sedang hamil. Sebab, adanya penurunan gula darah yang ada dalam tubuh. Gula darah yang menurun akan memberikan efek rasa pusing, lemas juga tidak bertenaga.

6. Lapar
Faktor Penyebab Kepala Pusing berikutnya adalah kondisi lapar. Lapar menjadi pemicu mengapa sering pusing saat hamil. Jika ibu hamil membiarkan perutnya kosong atau menunda lapar, maka sakit kepala atau pusing bisa muncul. Untuk itu, dianjurkan mengatur jadwal makan yang tepat. Walaupun terasa mual, muntah dan nafsu makan yang hilang, ibu hamil harus mengatur porsi makannya sedikit demi sedikit asalkan sering. Apalagi jika rasa lapar muncul tetapi lambung malah menolak untuk diisi makanan. Jika lapar dan tidak ada makanan yang bisa diolah menjadi sumber energi tubuh, maka sudah pasti ibu hamil akan memiliki kadar gula yang rendah.

7. Kelelahan
Kelelahan juga bisa menjadi Penyebab Kepala Pusing pada ibu hamil, terutama yang masih bekerja. Tubuh harus bekerja ekstra untuk membuat energi yang mendadak dibutuhkan guna melakukan aktivitas sehingga tubuh menjadi mudah lelah dan kelelahan. Dalam kondisi demikian, ibu hamil jadi mudah pusing.

8. Anemia
Untuk ibu hamil yang kurang zat besi, sudah pasti mengalami masalah anemia. Anemia adalah kondisi dimana tubuh memiliki sel darah merah yang kurang. Dalam kondisi ini, maka asupan oksigen dan darah ke otak juga ikut berkurang. Jika menyerang anda, maka anda bisa sering pusing dan pingsan.

9. Gangguan emosional
Saat hamil, mood seorang ibu akan berubah-ubah. Perubahan mood inilah yang kemudian membawa dampak pada emosional ibu hamil. Mereka cenderung merasakan mudah pusing sebab syaraf pada otak ikut berkerut saat emosi. Aliran darah pun menjadi tidak lancar. Tidak heran, jika pusing bisa datang saat ada gangguan emosional.

10. Tekanan darah tinggi
Bukan hanya masalah anemia saja yang dapat menjadi Penyebab Kepala Pusing setiap hari , tapi juga masalah hipertensi atau darah tinggi. Tekanan darah tinggi muncul karena adanya pelebaran pembuluh darah dan kemudian mendadak menjadi rendah sehingga ibu hamil menjadi pusing. Atau, mungkin ada kondisi penyempitan pembuluh darah terutama untuk ibu hamil dengan masalah kolesterol atau asam urat, sehingga menyebabkan masalah tekanan darah tinggi. Akibatnya, aliran darah ke otak menjadi terhambat dan memicu pusing.

11. Faktor lain
Ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebab kepala pusing berkepanjangan seperti dehidrasi, tekanan darah yang tiba-tiba menurun, sirkulasi oksigen dan darah menurun, kepanasan, hypotensive atau kondisi dimana ibu hamil tidur dalam posisi terlentang cukup lama, penyakit kronis atau hamil ektopik yaitu tumbuhnya janin di tuba falopi. Setelah tahu sebab kepala pusing coba baca Cara Menghilangkan Sakit Kepala Dengan Pijatan Tanpa Obat

Cara Mengobati Penyebab Kepala Pusing Saat Hamil


Untuk mengobatinya bisa secara ampuh ketika sudah diketahui faktor penyebabnya. Misalnya, jika karena anemia, maka sebaiknya periksa ke bidan atau dokter supaya dapat pil tambah darah. Atau, jika karena lapar, pastikan bahwa mulai besok kebiasan menunda makan harus dihentikan. Jika Penyebab Kepala Pusing terus menerus karena gangguan emosional, cobalah untuk melakukan sugesti bahwa terus-terusan marah dan emosi tidak akan membuat janin dalam kandungan menjadi sehat. Bahkan, berdasarkan banyak penelitian, malah ikut membuat janin ikut sedih dan stress. Dengan cara-cara sederhana seperti menjaga istirahat, tidak terlalu capek dan minum banyak air putih sangat membantu ibu hamil agar tidak gampang pusing mendadak saat masa-masa kehamilan. Terus konsultasi dengan pihak medis secara intensif jika kepala pusing terlalu sering menyerang karena dapat menimbulkan masalah serius pada janin.

Itulah informasi lengkap tentang Penyebab Kepala Pusing dari kami www.obatpusing.com, semoga bermanfaat!

Previous Post
Next Post

0 komentar: