Selasa, 23 Agustus 2016

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kanan, Kiri, Dan Belakang, Depan Terlalu Sering

Cara Mengatasi Sakit Kepala – Jika dibandingkan dengan laki-laki, wanita kerap diserang sakit kepala sebelah atau yang disebut dengan migrain sebanyak 3 kali lipat. Keluhan yang terjadi saat sakit kepala masih berbeda pada setiap penderita. Sampai saat ini masih juga belum diketahui tentang penyebab dari sakit kepala, apakah karena faktor genetis atau lingkungan dan budaya keluarga. Jika seseorang terlahir dari keluarga penuntut, maka bisa jadi memiliki masalah sakit kepala karena masalah stress yang dialami.

Untuk wanita dengan usia mulai dari 20 sampai 30 tahun, paling kerap memiliki masalah dengan sakit kepala, terutama migrain. Walaupun masih ada kemungkinan bahwa wanita di usia belasan tahun bisa terkena sakit migrain, tetapi dalam skala yang lebih kecil dan jarang terjadi kasusnya. Jadi, bukan berarti sakit kepala hanya menyerang wanita yang lebih tua. Sebab, dari presentasinya sekarang adalah 10 persen penderita migrain merupakan wanita dengan usia lebih dari 40 tahun.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kanan, Kiri, Dan Belakang, Depan Terlalu Sering

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kanan, Kiri, Dan Belakang, Depan Terlalu Sering
Cara Mengatasi Sakit Kepala untuk migrain biasanya bisa dengan merebus akar blustru sekitar 1 sampai 2 genggam dengan cara disaring air rebusannya dan diminum saat hangat. Migrain juga dapat dicegah tanpa penggunaan obat, yaitu dengan mencari penyebabnya untuk kemudian dihindari segala pemicunya tersebut supaya migrain tidak muncul lagi. Misalnya, jika penyebab adalah karena puasa, siklus tidur yang kurang teratur, terkena cahaya yang terlalu terang, hormone, merokok, bau yang terlalu menyengat, adanya gangguan emosi, kafein, keju, MSG, alkohol, atau makanan yang mengandung nitrat, maka anda harus menghindari semua penyebab tersebut. Jika gaya hidup sehat terus dilakukan, maka migrain pun bisa dicegah.

Untuk sebelah kanan, kiri dan juga belakang yang bisa terkena masalah sakit kepala sebelah, yang banyak terjadi kasusnya adalah sakit kepala sebelah kanan. Sakit migrain bisa berlangsung hingga berjam-jam dengan rasa pusing yang terus menempel di kepala. Untuk itu ada beberapa hal yang harus dilakukan sebagai Cara Mengatasi Sakit Kepala.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kanan

Untuk mengatasi sakit kepala sebelah kanan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan yaitu:

1. Gunakan obat penghilang rasa sakit
Tentu ada aturan dalam memilih obat penghilang rasa sakit, jadi anda tidak boleh asal comot dan asal ada. Perhatikan bahwa penggunaan obat penghilang rasa sakit bisa memberikan efek samping, sehingga kurang cocok jika dikonsumsi saat anda banyak aktifitas. Pilih obat yang ringan, bukan yang tergolong obat keras. Misalnya, anda bisa menggunakan paracetamol yang tidak hanya berfungsi untuk menurunkan demam, tapi bisa juga bekerja untuk meredakan nyeri karena sakit kepala.
Sebelum mengkonsumsi obat apapun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Jika sakit kepala ini semakin parah, maka hubungi dokter untuk mendapatkan resep obat sakit kepala yang sudah dianjurkan melalui pemeriksaan riwayat kesehatan.

2. Hindari kebiasaan makan makanan yang kurang sehat
Sakit kepala jenis ini bisa dikarenakan adanya makanan yang kurang sehat yang sering dikonsumsi. Jadi, segala jenis makanan dan minuman yang masuk dalam mulut mampu mempengaruhi kesehatan fisik dan psikis anda di kemudian. Untuk itu, usahakan untuk membiasakan hidup sehat.

3. Duduk terlalu lama di depan laptop atau komputer
Hindari duduk terlalu lama di depan layar laptop, komputer, TV atau layar apapun. Hal ini bisa mengurangi resiko sakit kepala sebelah kanan. Untuk itu, istirahatkan tubuh paling tidak 30 menit dengan menjauh dari komputer dan tutup mata selama dalam waktu tersebut agar mata tidak tegang dan tidak memicu sakit kepala. Atau, lakukan relaksasi serta meditasi untuk mengatasi sakit kepala.

4. Istirahatkan badan di tempat gelap dan tenang
Cara ini terbukti efektif untuk meredam sakit kepala sebelah kanan. Istirahatkan badan anda di tempat yang gelap dan jauh dari keramaian. Cara ini juga dapat mengatasi sakit kepala yang dikarenakan terpapar cahaya atau karena suasana bising. Cara Mengatasi Sakit Kepala ini bisa juga dilakukan dengan mengkompres bagian sebelah kanan kepala yang dirasa pusing dengan menggunakan air dingin atau air es, supaya pembuluh darah menjadi sempit. Hangatkan bagian leher dengan minyak kayu putih atau air hangat, dan tambahkan dengan pijatan yang lembut. Terakhir, konsumsi obat pereda nyeri melalui saran dokter.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang

Memang, ada banyak keluhan untuk sakit kepala dan salah satu jenis sakit kepala yang sering muncul selain sakit kepala sebelah kanan adalah sakit kepala belakang. Anda akan merasa nyeri, tegang dan juga sakit di bagian belakang yang disertai dengan rasa sakit hingga ke bagian tengkuk leher seperti ada beban berat yang ada di bagian tersebut.

Yang sering disebut penyebabnya adalah kolesterol, tetapi bukan tersebut ternyata faktornya. Anda bisa melakukan Cara Mengatasi Sakit Kepala di rumah dengan perawatan sederhana. Tetapi, jika tidak kunjung sembuh dan dari hasil medis menunjukkan ada masalah serius, ada pemeriksaan intensif yang harus anda jalankan. 

Berikut beberapa Cara Mengatasi Sakit Kepala bagian belakang yang bisa anda lakukan:

1. Jika sakitnya jenis cervicogenic
Sakit ini terjadi sebagai masalah leher, bisa unilateral atau hanya pada satu sisi saja. Rasanya sakit di bagian belakang leher dan merambat ke bagian belakang kepala lainnya hingga samping dan bahkan sampai dekat mata.
Jika terjadi sakit seperti ini, penyebabnya adalah kelelahan, posisi tidur yang buruk, tulang leher mengalami gangguan, adanya cedera, sikap tubuh yang buruk dan otot tubuh yang tegang atau stress.
Cara Mengatasi Sakit Kepala jenis ini adalah dengan mengubah posisi tidur yang baik supaya otot bagian kepala belakang dan leher tidak bermasalah dan menyebabkan sakit kepala.

2. Jenis sakit kepala oksipital neuralgia
Jenis sakit ini membuat rasa sakit kepala semakin intens dengan rasa seperti menusuk di bagian kepala belakang dan di leher seperti tersengat listrik. Penderita juga akan merasa seperti kepala berdenyut dan rasa terbakar yang merambat ke kulit kepala, di satu sisi atau di kedua sisi. Anda mungkin juga akan merasa bagian belakang mata sakit dan leher terasa sakit ketika digerakkan.

Penyebabnya: trauma otot karena ada pukulan langsung, kompresi tulang belakang, peradangan lokal atau infeksi, lesi saraf, asam urat, diabetes, peradangan pembuluh darah dan yang paling serius adalah tumor lokal.

Cara Mengatasi Sakit Kepala jenis ini adalah dengan melakukan pemeriksaan ke tim medis supaya diketahui penyebab dari sakit kepala tersebut.

3. Sakit kepala jenis tension headache/ tipe tegang
Gejalanya adalah leher terasa sakit sampai ke bagian belakang kepala, dahi depan dan juga bagian belakang lainnya. Seluruh kepala terasa tegang seperti ada tali yang melingkari kepala. Bahkan, otot kulit kepala terasa sakit sampai ke leher dan bahu. Penderita bisa merasa nafsu makannya hilang, mual dan bahkan hingga muntah.

Penyebabnya adalah karena kurang istirahat, kurang relaksasi dan kelelahan.
Cara mengatasinya: luangkan waktu untuk istirahat, lakukan relaksasi atau yoga. Bila perlu hentikan semua aktifitas dan siapkan waktu tersendiri untuk liburan.


Itulah informasi tentang Cara Mengatasi Sakit Kepala sebelah kanan, kiri, belakang dan depan dari Obatpusing.Com. Semoga membantu!

Previous Post
Next Post

0 komentar: