Rabu, 24 Agustus 2016

10 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Saat Haid Atau Tidak Yang Aman Paling Top

Cara Menghilangkan Sakit Kepala – Bagi wanita, menstruasi atau haid adalah siklus yang menandakan adanya perubahan fisiologis yang selalu datang di setiap bulan. Biasanya, menstruasi akan hadir pada wanita terutama ketika sudah baligh atau sudah berusia paling tidak 9 tahun. Dalam dunia kesehatan, kondisi ini menandakan adanya masa remaja yang mulai tumbuh, sehingga seseorang yang sudah haid sudah tidak pantas disebut sebagai anak-anak, dan harus mulai beralih meninggalkan masa kanak-kanak. Dalam dunia psikologis juga disebutkan bahwa wanita yang sudah haid sudah bisa dikatakan mandiri dan beranjak dewasa.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Saat Haid Atau Tidak Yang Aman

Pada wanita usia subur, haid atau menstruasi pasti terjadi dan hal itu normal. Siklus mensturasi ini memang tidak sama pada semua wanita, jadi setiap wanita memiliki siklus yang berbeda, namun rata-ratanya adalah berjarak satu bulan untuk setiap siklusnya. Artinya, masa menstruasi yang paling pendek adalah 1 hari sedangkan yang paling lama adalah 15 hari. Jika menstruasi tidak kunjung usai, maka dibutuhkan pemeriksaan medis lebih lanjut.
10 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Saat Haid Atau Tidak Yang Aman Paling Top

Dalam siklus menstruasi, bisa terjadi rata-rata 28 hari pada semua wanita dan ini secara umumnya, tapi sekali lagi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama. Kadang bisa terjadi setiap 21 hari atau bahkan hingga 30 hari. Menstruasi juga bisa terjadi selama 5 hari saja, atau sekitar 2-7 hari. Digolongkan darah penyakit jika menstruasi terjadi hingga lebih dari 15 hari. Darah yang hilang karena menstruasi secara umum bisa mencapai 10mL sampai 80mL setiap harinya. 

Wanita juga unik. Saat menstruasi datang, tidak sedikit yang merasa seperti perutnya diare, sembelit, mual, kram, gampang emosi dan bahkan sakit kepala.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Aman


Nah, jika anda sering sekali merasa sakit kepala terutama saat sedang haid dan benar-benar dibuat bingung untuk mengatasinya, berikut beberapa cara yang bisa anda coba secara alami dan tidak meggunakan obat apapun. Cara ini juga bisa anda gunakan walaupun anda tidak sedang haid atau pria tapi butuh penanganan untuk sakit kepala.

1. Pijat lembut
Pijat lembut bagian leher belakang kepala, pelipis dan juga pundak dengan lembut untuk meredakan sakit kepala yang anda derita. Cara Menghilangkan Sakit Kepala ini akan lebih ampuh jika anda menggunakan minyak urut atau juga minyak kayu putih. Selain memberikan rasa hangat, minyak tersebut juga bisa membantu anda mengurut kulit tubuh dengan baik. Anda bisa meminta tolong keluarga atau teman untuk memberi pijatan di bagian-bagian tersebut. Dengan memijat, maka sakit kepala bisa membaik sebab peredaran darah ke otak menjadi lebih lancar dan melancarkan oksigen pula. Pijatan bisa berhenti jika anda sudah merasa nyaman.

2. Istirahat yang cukup
Obat Sakit kepala tanpa obat bisa diredakan dengan istirahat yang cukup, sebab baik menstruasi atau tidak jika tidur anda kurang teratur dan kurang istirahat, sudah pasti sakit kepala bisa muncul. Saat sedang sakit kepala, Cara Menghilangkan Sakit Kepala bisa dengan berbaring dan istirahat sejenak sekitar 1 jam supaya otot-otot yang tegang bisa pulih. Untuk beristirahat, anda harus mencari tempat yang tenang dan sepi supaya tidurnya pun berkualitas.

3. Olahraga ringan
Saat sakit kepala, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan olahraga ringan. Misalnya, kamu bisa jalan-jalan santai sekitar 15 sampai 20 menit saja, supaya tubuh merasa lebih rileks. Terutama, jika kamu kerja depan layar laptop, jadi harus ada jeda dengan membuat tubuh sedikit bergerak, jalan kesana-kemari sebentar.

4. Pakai teknik relaksasi
Cara Menghilangkan Sakit Kepala berikutnya adalah dengan menggunakan teknik relaksasi seperti misalnya tarik nafas dalam-dalam.
Caranya:
Anda bisa memejamkan mata sejenak, kemudian tarik nafas panjang dalam waktu 3 detik ditahan dan hembuskan perlahan dengan mulut. Teknik ini harus dilakukan beberapa kali dengan posisi tangan kiri di atas perut dan tangan kanan di dada. Aliran udara akan mengisi seluruh rongga perut dan hembuskan perlahan secara rileks supaya anda merasa nyaman dan sakit kepala bisa berkurang.

5. Gunakan minuman hangat
Anda juga dapat menggunakan minuman hangat untuk mengatasi sakit kepala. Misalnya, dengan meminum jahe atau teh hangat. Cara Menghilangkan Sakit Kepala ini sangat membantu terutama untuk melancarkan peredaran darah. Selain itu, minuman yang hangat akan memberikan rasa nyaman pada tubuh. Anda bisa menikmati secangkir minuman hangat di tempat yang benar-benar nyaman dan jauh dari kebisingan untuk meredakan sakit kepala.

6. Kompress kepala
Ini adalah cara yang bisa anda lakukan selanjutnya. Gunakan air hangat atau air dingin di rumah untuk meredakan sakit kepala.
Caranya:
Basahi handuk dengan air hangat dan tempelkan ke bagian kepala yang dirasa sakit juga di bagian leher di bagian belakang dan lakukan cara ini secara berulang. Untuk menggunakan es batu, anda tidak perlu menggunakan handuk basah, gunakan handuk kering saja. Tempelkan es batu dan kompreskan di bagian belakang leher.

7. Gunakan minyak urut
Minyak urut atau minyak kayu putih yang anda punya di rumah bisa menjadi solusi atau Cara Menghilangkan Sakit Kepala.
Caranya:
Cukup gunakan minyak tersebut untuk digosokkan pada bagian kepala yang dirasa sakit, juga di bagian leher belakang. Tambahkan dengan pijatan lembut untuk membuat otot yang semula tegang menjadi sedikit lentur. Bila perlu, sebaiknya gunakan minyak yang memiliki aroma peppermint atau boleh juga minyak aromaterapi.

8. Minum air putih
Ini adalah cara yang paling sederhana untuk Cara Menghilangkan Sakit Kepala. Sakit kepala bisa semakin buruk saat menstruasi terutama jika anda kurang minum. Kurang minum berarti tubuh kurang cairan atau dehidrasi. Anda juga harus menghindari makanan terlalu banyak garam atau yang bersift diuretic. Untuk itu, konsumsi air minum yang banyak supaya tidak mudah terkena gangguan sakit kepala. Sebab, jika tubuh dehidrasi maka dapat menjadikan kepala terasa pusing.

9. Konsumsi makanan yang mengandung banyak estrogen
Level hormone estrogen harus ditingkatkan untuk mengatasi sakit kepala. Cara meningkatkannya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan level estrogen.
Misalnya, makan udang, jamur atau makanan lainnya tepat sebelum beberapa hari menjelang menstruasi. Dengan demikian, hormone estrogen tetap terjaga dan sakit kepala yang muncul bisa dicegah.

10. Makan kentang
Ini bisa menjadi cara terakhir anda sebagai Cara Menghilangkan Sakit Kepala secara alami, aman dan tanpa efek samping baik saat haid atau tidak. Mengkonsumsi kentang dapat menggantikan elektrolit yang hilang karena menstruasi seperti kalium. Atau anda bisa mengkonsumsi pisang yang menggantikan elektrolit potassium dan magnesium.Jika kamu suka sakit kepala saat bangun dari tidur sebaiknya baca artikel Apa Penyebab Sakit Kepala Di Pagi Hari Dan Dan Cara Penyembuhannya

Menghilangkan sakit kepala sangat mudah dilakukan dan bisa dengan cara-cara sederhana. Sebaiknya, cari tahu mengapa sakit kepala kerap muncul sehingga anda bisa melakukan cara lain untuk mencegah sakit kepala timbul terutama saat menstruasi. Itulah informasi tentang Cara Menghilangkan Sakit Kepala saat haid atau tidak yang aman. Bagaimana artikel yang kami sajikan dari www.obatpusing.com ini ? jika anda suka silahkan dilike jika ada komentar silahkan komen di bawah .
Previous Post
Next Post

0 komentar: