Sabtu, 27 Agustus 2016

9 Penyebab Dan Cara Pengobatan Vertigo Secara Tradisional Alami dengan Akupunktur dan Bekam

Pengobatan Vertigo – Vertigo Adalah salah satu pertanda adanya gangguan keseimbangan dalam diri anda dan seringkali menyerang orang dewasa. Biasanya, sakit ini disertai rasa sakit kepala dengan kondisi dimana anda merasa apa yang ada di sekitar anda berputar mengelilingi anda. Hal ini adalah gejala utama vertigo. Kondisi ini terjadi sebagai bentuk adanya kerusakan labiran dan juga saraf vestibular. Memang, gejalanya tidak langsung datang begitu saja. Berikut informasi mendalam tentang penyebab dan pengobatan vertigo secara tradisional.

Penyebab Dan Cara Pengobatan Vertigo Secara Tradisional Alami dengan Akupunktur dan Bekam

Sebelum membahas Tips Pengobatan Vertigo secara alami maka yang pertama anda butuhkan adalah mengenal penyab penyabab vertigo itu sendiri.
Penyebab Dan Cara Pengobatan Vertigo Secara Tradisional Alami dengan Akupunktur dan Bekam

Penyebab Umum Vertigo

Berikut beberapa faktor yang bisa menjadi pemicu atau penyebab umum munculnya vertigo.
1. Mabuk
Mabuk dalam artian bukan karena pengaruh minum minuman beralkohol dan minuman keras. Jika anda sering mabuk kendaraan karena perjalanan jauh baik mabuk udara, mabuk laut atau mabuk darat, hal tersebut bisa menjadi penyebab vertigo muncul.

2. Adanya penyakit meniere
Penyakit meniere terjadi karena adanya peningkatan volume endolimfe. Dalam kondisi ini, penderita cenderung memiliki masalah banyaknya cairan dalam telinga. Saat cairan di dalam telinga begitu banyak, maka akan secara langsung mempengaruhi keseimbangan penderitanya dan memicu sakit vertigo.

3. Infeksi telinga
Infeksi telinga juga digadang-gadang sebagai pemicu sakit vertigo. Saat terjadi infeksi dalam telinga, maka akan mempengaruhi kinerja telinga terutama dalam menjaga keseimbangan tubuh. Infeksi telinga bisa muncul saat terkena flu.

4. Penyakit saraf pusat
Vertigo juga bisa muncul jika anda mengalami masalah atau gangguan dengan saraf pusat. Saraf pusat bisa bermasalah ketika anda punya penyakit tumor, multiple sclerosis atau stroke. Dengan penyakit-penyakit tersebut, anda bisa rentan terkena vertigo.

5. Gangguan telinga
Jika telinga mengalami gangguan atau masalah, maka bisa menyebabkan vertigo. Hal ini disebabkan telinga bagian dalam yang mengatur keseimbangan tubuh juga ikut terpengaruh fungsinya. Gangguan vertigo yang muncul karena penyakit telinga tersebut dikenal dalam dunia medis sebagai Benign Paroxysmal Positional Vertigo.

6. Migrain
Anda mungkin tahu betul bahwa migrain adalah sakit kepala sebelah. Jika anda menderita migrain dalam kurun waktu yang cukup lama dan sepertinya sulit sekali untuk sembuh, maka bisa jadi masalah ini akan menyebabkan masalah lainnya yaitu masalah keseimbangan yang berujung pada vertigo.

7. Gangguan penglihatan
Adanya gangguan penglihatan pada mata anda seperti misalnya mata plus atau minus juga dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh. Jika sedikit saja terganggu, maka vertigo pun bisa muncul.

8. Tumor sudut/ cerebellar-pontine
Pengobatan Vertigo harus segera dilakukan jika penyebab vertigo yang anda alami dikarenakan masalah kesehatan yag serius yaitu tumor sudut. Tumor ini memang tergolong kondisi vertigo yang ringan dan disebut tumor jinak karena pertumbuhannya tergolong lambat, tetapi dapat menyerang sistem vestibular yang bisa mengganggu anda kapan saja.

9. Posisi tidur
Jika anda merasa seperti sekeliling anda berputar ketika baru bangun tidur, bisa jadi karena anda bangun terburu-buru, misalnya tidak sadar bahwa anda sudah telat meeting. Kondisi ini juga disebut vertigo sebab disertai dengan perasaan berputar. Vertigo ini akan menjadi sangat parah terutama jika anda tidak kunjung merubah posisi tidur yang baik. Bantal yang terlalu rendah dan terlalu tinggi bisa mempengaruhi vertigo.Jika anda sering mengalami sakit kepala di belakang maka baca postingan Apa Obat Sakit Kepala Belakang dan Bagian Leher

Pengobatan Vertigo Secara Tradisional


Untuk perawatan di rumah, anda tidak perlu terburu-buru beli dan minum obat guna mengatasi masalah vertigo dan mengobatinya. Ada beberapa cara tradisional yang bisa dilakukan dari bahan-bahan herbal dan alami yang dapat dilakukan secara rutin setiap harinya agar vertigo bisa semakin berkurang dan tidak semakin parah. 

1.Pengobatan Vertigo Menggunakan kulit manggis
Ada banyak zat yang terkandung dalam kulit manggis. Jadi, ketika anda mengkonsumsi buah manggis, sebaiknya olah kulit manggis tersebut dan jangan dibuang. Pengolahan kulit manggis yang tepat akan memberikan khasiat yang tinggi untuk merawat kesehatan tubuh anda. Sebab, kulit manggis dilengkapi dengan berbagai kandungan penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti antioksidan, vitamin C, vitamin B1 dan juga vitamin B2. Tidak hanya itu, kulit manggis bisa dijadikan Pengobatan Vertigo karena kandungan zat kalsium, zat besi, zat potassium dan zat sodium didalamnya. Sehingga, dapat membantu mengatasi masalah kerusakan sel tubuh karena radikal bebas dan penyakit lainnya yang merusak sistem saraf tubuh.

Cara Pengobatan Vertigo Kulit Manggis:
Gunakan kulit manggis untuk dicuci terlebih dahulu, kemudian keringkan. Rebus kulit manggis yang sudah dikeringkan dan minum air rebusannya. Atau, anda juga bisa membeli obat herbal yang praktis dan siap dikonsumsi dengan kandungan ekstrak kulit manggis yang bisa ditemukan dengan mudah di apotik terdekat.

2. Pengobatan Vertigo Secara Alami Menggunakan daun sirsak
Pengobatan Vertigo selanjutnya adalah dengan menggunakan daun sirsak. Daun sirsak kaya dengan kandungan lemak, acetogenins, fosfor, fruktosa, besi, vitamin A, vitamin B dan juga kalsium. Dengan adanya kandungan acetogenins, daun sirsak bisa membantu mengatasi masalah depresi, stress dan juga menurunkan tekanan darah.

Caranya sama, yaitu dengan mengeringkan daun sirsak dan direbus untuk diminum air rebusannya setiap hari. Anda juga bisa membeli ekstsrak daun sirsak yang dikemas dalam obat herbal dan bisa ditemukan di apotik terdekat untuk Pengobatan Vertigo.

3.Pengobatan Vertigo dengan Lakukan terapi keseimbangan
Anda bisa mencoba cara ini sebagai Pengobatan Vertigo. Caranya adalah dengan duduk dalam posisi yang nyaman. Kemudian, punggung harus lurus dengan posisi kepala dan pinggul. Mata harus tetap dalam kondisi terbuka. Kemudian, anda bisa berdiri perlahan dengan kondisi mata yang tertutup. Cara ini bisa menjadi cara alami untuk melatih keseimbangan tubuh sehingga dapat menstimulasi saraf yang akan rusak. Cara ini juga harus dilakukan berulang kali secara teratur.

4. Terapi telinga
Pengobatan Vertigo selanjutnya juga bisa dengan melakukan terapi sederhana, yaitu terapi telinga. Caranya adalah dengan merapatkan telinga kiri ke bahu kiri dan ditahan sekitar 15 detik. Kemudian, lakukan hal yang sama untuk telinga kanan dengan durasi waktu yang sama yaitu 15 detik. Lakukan terapi ini setiap kali anda sedang punya waktu luang dan ulangi cara ini sekitar 3 kali untuk masing-masing telinga.

5. Terapi kepala
Caranya adalah dengan memutar kepala ke sebelah kiri dan hentikan sejenak saat dagu terletak di dada, kemudian putar kepala ke arah kanan. Lakukan cara ini secara teratur.

6. Terapi mata
Terapi ini harus dilakukan dalam kondisi tubuh berdiri tegak. Kemudian, anda bisa menutup mata dan membukanya perlahan sebanyak lima kali dan terus ulangi gerakan ini secara teratur.

7. Lakukan latihan otot
Latih otot mata anda untuk Pengobatan Vertigo dengan cara mengikuti arah objek yang sedang bergerak. Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah melihat kendaraan di jalan-raya, atau melihat teman bermain bulu tangkis. Anda harus tetap berusaha fokus pada benda yang bergerak.

8.  Pengobatan Vertigo dengan Akupunktur
Trapi Akupunktur yang dikenal juga dengan tusuk jarum juga bisa menyembuhkan vertiga namun dalam pengobatan ini anda harus serahkan ke ahlinya jangan tusuk jarum sendiri . Maka disini kami tidak membahas titik  Akupunktur vertigo.

9. Cara Pengobatan Vertigo dengan Bekam
Bekam dengan api adalah dilarang dalam agama namun kemodren dan perkembangan bekam sekarang bekam bukan lagi dengan api tapi dengan alat yang disedot pakai dengan pompa .  adapun titik bekam untuk vertigo adalah samping leher kiri dan kanan dan juga pangkal leher dan juga bisa diubun-ubun dengan mencukur rambut. Tetap tidak disarankan anda membekam diri anda sendiri.

Cara-cara di atas adalah Pengobatan Vertigo yang benar-benar sederhana dan mudah dilakukan. Cukup anda praktekkan setiap harinya guna melatih saraf mata dan lainnya yang berhubungan dengan penyebab munculnya vertigo. Sekian saja dari www.obatpusing.com. Semoga bermanfaat!
Previous Post
Next Post

0 komentar: