Senin, 08 Agustus 2016

Alasan Mengapa Sakit Kepala Sebelah Migrain Saat Bangun Tidur Dan Pengobatannya

Mungkin anda pernah mengalami Sakit Kepala Sebelah terutama saat bangun dari tidur. Sehingga, anda pun membutuhkan waktu lebih lama untuk beranjak dari tempat tidur dan bahkan menunggu sakit kepala ini hilang dulu. Ketika anda bangun tidur, anda merasa sakit kepala tersebut muncul dengan rasa yang benar-benar hebat sehingga anda tidak sanggup mengangkat kepala. Padahal, anda merasa baik-baik saja saat hendak tidur dan saat bangun, mendadak sakit kepala tersebut muncul. Nah, mengapa sakit kepala bisa muncul seperti migrain atau sakit kepala sebelah terutama saat bangun tidur?

Alasan Mengapa Sakit Kepala Sebelah Migrain Saat Bangun Tidur Dan Pengobatannya

Alasan Mengapa Sakit Kepala Sebelah Migrain Saat Bangun Tidur Dan Pengobatannya
Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya Sakit Kepala Sebelah terutama saat bangun tidur. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

1. Pola tidur kurang tepat
Pola tidur yang mengalami gangguan akan menyebabkan sakit kepala saat bangun tidur. Anda mungkin terlambat tidur karena gaya hidup yang cepat, stress atau lainnya. Bahkan, tidur yang kurang nyenyak dan kurang memadai akan menjadi faktor utama terjadinya penegangan pada otot sehingga dapat menyebabkan sakit kepala.

2. Dehidrasi
Cairan dibutuhkan tubuh setiap jamnya. Maka, pada saat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, maka kerja otot menjadi kurang maksimal. Dalam hal ini, otot tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Sehingga, saat anda bangun tidur malah yang terasa adalah kepala menjadi pusing.

3. Gigi gemeretak saat tidur
Ya, beberapa orang memiliki kebiasaan yang mereka tidak sadari seperti bunyi gigi gemeretak saat sedang tidur persis seperti orang yang mengunyah makanan saat tidur dengan bunyi gemeretak gigi. Dengan kebiasaan seperti ini, maka akan memicu otot-otot rahang yang tegang yang juga dapat merambat ke bahu, leher dan kepala. Dengan adanya kegiatan tersebut secara terus menerus, maka dapat memicu munculnya sakit kepala saat bangun tidur.

4. Sinusitis
Faktor ini juga merupakan penyebab sakit kepala. Penyakit sinusitis adalah kondisi dimana terdapat bakteri yang ada dalam rongga sinus. Sakit Kepala Sebelah atau migrain bisa muncul saat bangun tidur dan kemudian menyebar ke bagian lain sehingga menyebabkan sakit kepala yang hebat.

5. Sleep anea
Pernah dengar sleep anea? Kondisi ini muncul karena adanya gangguan pernapasan yang terjadi saat tidur dan otak memberikan tanda bahwa adanya suplai udara yang masih kurang di paru-paru. Kondisi ini membuat anda akan terbangun pada waktu tertentu dan kemudian bernapas secara normal kembali. Pada kondisi tersebut, maka anda akan mengalami sakit kepala saat bangun tidur.

6. Tensi
Diabetes dan juga tekanan darah dapat menjadi pemicu munculnya sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari. Hal ini disebabkan pembuluh darah sedang dalam kondisi melebar dan membuat tekanan aliran darah menjadi meningkat. Adanya tekanan yang meningkat tersebutlah yang membuat otot menjadi tegang sehingga memicu munculnya sakit kepala.

7. Psikis
Anda mungkin pernah mengalami mimpi buruk, sedang cemas, stress dan juga depresi. Dalam kondisi ini, anda akan mudah sekali tersentak dan dengan hal tersebut dapat memicu sakit kepala saat bangun tidur.

Pengobatan Sakit Kepala Sebelah Migrain

Sakit Kepala Sebelah atau migrain yang muncul saat bangun tidur bagi beberapa orang baru bisa hilang setelah 2 hingga 3 jam. Migrain bisa muncul di bagian kepala sebelah kanan atau kiri. Penyebab sakit kepala selain migrain bisa dikarenakan rasa lapar, dehidrasi, terlalu lelah, stress, makan makanan tertentu, postur tubuh yang buruk, konsumsi minum minuman keras yang terlalu berlebihan, sakit kepala tegang atau adanya perubahan hormone seperti karena menggunakan pil kb. Berikut beberapa pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit kepala sebelah saat bangun tidur:
1. Mulailah dengan mengatur waktu istirahat yang cukup
sakit kepala sebelah sampai ke mata saat bangun tidur bisa muncul dikarenakan tubuh kurang mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Jadi, pola istirahat sebaiknya segera diatur agar migrain tidak sering muncul.

2. Konsultasi dengan dokter
Konsultasi dengan dokter dapat dilakukan terutama jika anda menderita tidur mendengkur, gangguan tidur seperti makan kerupuk, sleep apnea dan lainnya. Dengan berkonsultasi dengan pakar kesehatan, maka anda dapat memperoleh perawatan dan pengobatan yang tepat.
3. Atur pola makan
Pola makan dan asupan makanan harus diatur sebagai cara untuk mencegah Sakit Kepala Sebelah berdenyut. Makanan yang sehat atau makanan yang tidak mengandung bahan kimia akan sangat membantu tubuh terutama semua organ untuk bekerja dengan maksimal.

4. Berlatih yoga
Untuk menghindari aliran darah yang terhambat yang dapat memberikan efek serangan jantung atau sakit kepala, anda bisa berlatih yoga. Yoga membantu untuk memberikan suplai oksigen dari aliran darah supaya tetap lancar sehingga juga dapat mencegah sakit kepala. Lakukan juga olahraga secara teratur.

5. Menggunakan parasetamol
Parasetamol dapat digunakan untuk meredakan nyeri guna mengurangi rasa nyeri karena migrain. Tetapi, jangan mengkonsumsi obat ini secara terus-menerus. Lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin menggunakan parasetamol.

6. Hindari minuman beralkohol
Agar migrain tidak muncul kembali, hindari kebiasaan buruk seperti merokok atau minuman alkohol.

7. Penuhi kebutuhan air putih tubuh
Untuk mencegah Sakit Kepala Sebelah kanan dan kiri, biasakan meminum air putih yang cukup. Tubuh membutuhkan sebanyak 2 liter air putih setiap harinya. Air atau cairan bisa didapatkan melalui air mineral, jus buah, kuah sayur dan lainnya.

8. Gunakan minyak kayu putih
Anda bisa menggunakan minyak kayu putih untuk mengobati migrain secara alami. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak ini dibagian kening dan beri pijatan ringan dan lembut di area tersebut. Atau, bisa juga dengan cara menghirup minyak kayu putih. Minyak kayu putih juga dapat membantu anda untuk merasa lebih rileks dan nyaman sehingga dapat mengurangi rasa nyeri karena Sakit Kepala Sebelah kiri dan kanan.

9. Lakukan kompres
Migrain atau sakit kepala bagian kanan dan kiri saja bisa diatasi dengan memberikan kompres di area leher atau kepala. Anda bisa menggunakan air dingin atau es batu guna menghilangkan rasa nyeri karena sakit kepala. Sebab, es mampu bekerja untuk meredakan nyeri.

10. Buat teh jahe
Sakit Kepala Sebelah atau migrain yang muncul saat bangun tidur bisa diobati juga dengan membuat teh jahe. Teh jahe yang hangat mengandung anti-inflamasi yang juga dapat bekerja untuk menghambat sintesis prostaglandin yang menyebabkan migrain muncul. Cara membuatnya adalah dengan mengupas kulit jahe, merebus jahe dalam panci, isi dengan air dan kemudian masukkan 1 kantong teh. Rebus kedua bahan tersebut sampai mendidih. Ambil saringan untuk disaring dan minum airnya. Tambahkan lemon, susu atau madu untuk hasil yang maksimal.Itulah pbat pening kepala sebelah yang ampuh nomor ke sepuluh.

11. Konsumsi minuman yang mengandung kafein
Kafein bukanlah penyebab sakit migrain. Minuman kafein seperti kopi, cokelat dan teh bisa membantu mengatasi sakit kepala tersebut. Hanya tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Dianjurkan sebanyak 1-2 gelas saja saat anda ingin meringankan rasa sakit karena migrain.

Itulah informasi lengkap tentang Alasa Kenapa/mengapa Sakit Kepala Sebelah migrain saat bangun tidur dan pengobatannya dari obatpusing.com. Semoga bermanfaat!
Previous Post
First

0 komentar: