Minggu, 28 Agustus 2016

Tips Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala Saat Hamil yang Paling Dipercaya

Mengatasi sakit kepala ketika sedang hamil merupakan cara yang gampang-gampang susah. Banyak calon ibu yang merasa khawatir dengan rasa pusing yang dialami. Banyak sekali hal yang menyebabkan wanita hamil merasa pusing. Keluhan ini tidak hanya dialami oleh wanita hamil yang kandungannya menginjak trimester pertama saja, bahkan tak jarang keluhan bisa datang dari wanita yang kehamilannya menginjak trimester kedua. 

Tips Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala Saat Hamil yang Paling Dipercaya

Namun jangan khawatir karena mengatasi sakit kepala ketika hamil tanpa efek samping akan kita bahas di artikel ini. Tidak hanya cara alami saja yang akan kita ketahui. Kita akan tahu lebih lanjut tentang apa saja penyebab sakit kepala yang sering dirasakan oleh wanita hamil.
Tips Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala Saat Hamil yang Paling Dipercaya

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Kepala ketika Hamil

Berikut ini merupakan penyebab dari sakit kepala yang sering dirasakan ketika sedang hamil serta cara untuk mengatasinya.

1. Penyebab sakit kepala ketika hamil

Ada beberapa penyebab sakit kepala yang dapat diketahui terutama ketika sedang hamil.

a. Morning sickness
Morning sickness sering dialami oleh wanita hamil ketika trimester pertama. Penyebabnya tidak lain karena tubuh menyesuaikan terhadap janin yang mulai tumbuh dan berkembang di rahim wanita. Biasanya morning sickness ditandai dengan rasa pusing, mual serta muntah.

b. Pembuluh darah yang melebar
Penyebab pusing selanjutnya yaitu pembuluh darah yang melebar. Perubahan hormon yang terjadi pada wanita yang sedang hamil dapat membuat pembuluh darah melebar. Hal ini mempunyai efek yang positif terhadap janin yang dikandung yaitu aliran darah pada janin menjadi lebih lancar.

c. Lapar
Penyebab sakit kepala selanjutnya yaitu rasa lapar. Wanita hamil yang menahan rasa lapar terlalu lama akan merasakan pusing. Hal ini disebabkan tidak ada makanan yang dapat diubah untuk menjadi energi. Selain itu kadar gula pada wanita yang sedang hamil akan menjadi rendah ketika lapar. Karena itu sebaiknya membuat jadwal makan agar teratur dan rasa pusing dapat berkurang.

d. Lelah
Mengalami kelelahan dapat membuat wanita hamil menjadi pusing atau sakit kepala. Karena itu lakukanlah aktivitas ringan dan seperlunya agar badan tidak terlalu lelah. Istirahat yang cukup juga sangat diperlukan.

e. Anemia
Penyebab selanjutnya yaitu kekurangan zat besi atau bisa juga disebut dengan anemia. Ketika anemia, jumlah sel darah merah akan berkurang serta aliran darah menuju otak akan semakin berkurang. Hal inilah yang menyebabkan wanita hamil sering merasa pusing.

f. Hipertensi kehamilan
Penyebab berikutnya yaitu hipertensi ketika sedang hamil. Seseorang yang menderita hipertensi ketika hamil maka pembuluh darahnya mengalami penyempitan sehingga aliran darah menuju otak menjadi tidak lancar. Wanita hamil yang memiliki penyakit misalnya kolesterol serta asam urat biasanya rentan mengalami penyempitan pembuluh darah.

g. Dehidrasi
Penyebab selanjutnya bisa jadi kepala megalami pusing karena mengalami dehidrasi. Ketika sedang dehidrasi aliran darah serta oksigen menuju ke seluruh tubuh menjadi tidak lancar. Wanita hamil yang tidak mempunyai darah serta oksigen yang cukup dapat membuat sakit kepala sampai pingsan. Jika anda memiliki saudara suka tiba-tiba sakit kepala maka kenali penyebabnya di Postingangan sebelumnya Apa Penyebab Kepala Sering Pusing dan Pening Serta Badan Lemas Tiba-Tiba Beserta Cara Mengatasinya

2. Cara Mengatasi sakit kepala saat hamil

Setelah mengetahui berberapa penyebab dari sakit kepala saat hamil 4 bulan 3 bulan atau bahkan 2 dan 1 bulan samapai 9 bulan, berikut ini merupakan cara alami yang sederhana dan mudah untuk dilakukan agar sakit kepala segera sembuh.

a. Minum air putih
Cara pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan minum air putih. Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup dapat memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Namun perlu diingat sebaiknya jika sedang hamil hindarilah minuman yang mengandung kafein maupun minuman yang berkarbonasi.

b. Mandi
Cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan cara mandi. Namun perlu ddingat bahwa wanita yang sedang hamil sebaiknya tidak mandi menggunakan air hangat. Mandilah dengan menggunakan air yang dingin agar sakit kepala perlahan-lahan dapat berkurang dan sembuh.

c. Kompres
Cara menghilangkan sakit kepala juga dapat diatasi dengan dikompres. Kompreslah wajah, mata, maupun kening dengan handuk yang direndam menggunakan air panas. Atau jika leher terasa kaku dapat juga mengompres leher dengan menggunakan handuk yang direndam dengan air dingin.

d. Pijat
Sakit kepala juga dapat diatasi dengan cara memijat. Pijatlah secara lembut pada bagian kepala yang sakit supaya perlahan-lahan membaik. Jika enggan memijat sendiri kita dapat juga meminta orang lain untuk memijat bagian kepala yang sakit secara perlahan. Mendapatkan relaksasi pada tubuh sangat diperlukan terutama untuk wanita yang sedang hamil.

e. Menggunakan aromaterapi
Cara ini juga sering dilakukan yaitu menggunakan aromaterapi. Menghirup aromaterapi dapa membuat tubuh menjadi rileks dan pikiran menjadi tenang. Pilihlah aromaterapi yang disukai, bisa wangi bunga, buah, coklat, atau aoma yang lain yagn disesuaikan dengan selera kita.

f. Istirahat
Ini adalah cara lain apabila cara di atas tidak mempan. Mungkin yang kita butuhkan adalah istirahat agar tidak merasa pusing. Kita bisa berbaring di tempat tidur dengan suasana yang tenang. Cobalah untuk tidur agar tubuh terasa rileks.

Pentingnya Mengetahui Cara Mengatasi Sakit Kepala ketika Hamil dan Yang Tidak Hamil

Dengan mengetahui cara mengatasi pusing yang telah disebutkan di atas maka apabila kita sedang pusing tidak perlu panik. Ada beberapa cara yang dapat digunakan dan tidak mengakibatkan efek samping pada kehamilan. Cara di atas dapat dicoba ketika rasa pusing mulai mengganggu.

Tips menghilangkan sakit kepala saat hamil sakit kepala saat hamil trimester 3 dan trimester 3 Tanpa Obat

Selain beberapa cara di atas kita juga perlu menghindari hal-hal yang dapat memicu sakit kepala diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Merokok
Tidak merokok ketika sedang hamil merupakan tindakan yang paling tepat agar janin tetap sehat dan tidak sakit kepala.

2. Terlambat makan
Apabila sedang hamil, sebaiknya jangan sampai terlambat makan. Makan secara teratur dapat menjadikan kadar gula darah dalam tubuh menjadi stabil.

3. Mengkonsumsi makanan pemicu sakit kepala
Kita juga perlu menghindari makanan yang dapat memicu sakit kepala. Makanan tersebut diantaranya yaitu makanan yang mengandung banyak MSG, nitrit, nitrat, pemanis buatan, makanan fermentasi, serta ikan asap.

4. Terlalu lelah
Wanita yang sedang hamil memang tidak boleh terlalu lelah. Sebab kelelahan ketika sedang hamil dapat membuat semakin pusing. Karena itu, jika melakukan aktivitas dan dirasa tidak mampu sebaiknya jangan memaksakan diri. Istirahat merupakan cara yang dapat dilakukan apabila merasa lelah dan pusing. 

Sakit kepala ketika hamil  hamil trimester 3 dan  hamil trimester 2 merupakan hal yang wajar dirasakan. Namun kita perlu berhati-hati apabila rasa pusing terjadi pada trimester terakhir masa kehamilan. Karena itu jika pada trimester terakhir mengalami pusing sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter kandungan agar segera mendapatkan jalan keluar.
Demikian pejelasan dari www.obatpusing.com terkait dengan beberapa sebab, cara mengatasi,serta beberapa hal yang perlu dihindar apabila sedang sakit kepala. Semoga beberapa ulasan mengenai mengatasi sakit kepala semoga dapat menjadi manfaat.
Previous Post
Next Post

0 komentar: