Selasa, 09 Agustus 2016

Sebab, Gejala, Akibat Dan Obat Kepala Sering Pusing Dan Rambut Rontok

Kepala Sering Pusing memang pasti pernah dialami oleh semua orang. Namun, gejala yang muncul pada setiap penderita bisa saja berbeda-beda. Ya, memang pusing atau sakit kepala muncul dengan gejala yang cukup bervariasi. Namun, ada beberapa gejala utama yang kerap kali dirasakan oleh penderita bahkan ada yang disertai dengan rambut rontok. 

Sebab, Gejala, Akibat Dan Obat Kepala Sering Pusing Dan Rambut Rontok

Untuk lebih jelasnya, berikut informasi lengkap tentang sebab, gejala, akibat dan obat kepala sering pusing dan rambut rontok.

Penyebab dan akibat Kepala Sering Pusing

Sebab, Gejala, Akibat Dan Obat Kepala Sering Pusing Dan Rambut Rontok
Penyebab sering pusing tidak bisa karena hal yang benar-benar sudah jelas. Tidak mudah mendeteksi penyebab munculnya pusing sehingga hal ini cukup sulit diketahui dan harus melewati pemeriksaan tim medis, namun ada beberapa fakta penting yang harus diketahui yang dapat memicu munculnya pusing, sebagaimana berikut:

1. Tekanan darah yang mendadak turun
Hal ini bisa menjadi pemicunya. Terutama, jika anda merasa pusing seperti mau pingsan. Tekanan darah yang turun menjadi pemicunya, terlebih jika anda habis duduk cukup lama lalu hendak berdiri secara tiba-tiba.
Faktor lainnya adalah anda mungkin merasa seperti hendak pingsan ketika suplai darah ke otak cukup kurang karena adanya gangguan ritme detak jantung bahkan karena gagal jantung.

2. Adanya penyakit otak, gangguan sensori dan penglihatan yang kurang jelas
Pusing yang disertai dengan sensasi seperti hilang keseimbangan dan limbung bisa disebabkan karena adanya penyakit otak mulai dari tumor otak atau Parkinson. Bahkan jika anda kerap mengalami seperti hilang keseimbangan, bisa juga dikarenakan penglihatan yang kurang jelas atau karena adanya gangguan sensori pada telapak kaki.

3. Vertigo
Penyebab Kepala Sering Pusing selanjutnya adalah vertigo. Gejala ini dikarenakan adanya infeksi di telinga bagian dalam. Atau bisa juga karena vertigo posisi paroksismal jinak yang juga dikenal sebagai BPPV, migrain, penyakit Meniere dan vestibular neutritis.

4. Faktor lainnya
Faktor lainnya yang dapat memicu pusing adalah seperti terlalu cemas, stress, kepanasan, dehidrasi, kurangnya pasokan darah ke otak karena adanya penyempitan pembuluh darah, gula darah yang rendah pada penderita diabetes atau karena puasa, efek samping mengkonsumsi obat-obatan seperti penurun tekanan darah, meminum minuman keras terlalu berlebihan.

Gejala Kepala Sering Pusing

Kepala Sering Pusing biasanya ditandai dengan gejala utama seperti berikut:
- Penderita merasa seperti hendak pingsan.
- Adanya sensasi hilang keseimbangan, seluruh obyek disekitar tampak seperti berputar cepat dan limbung.
Biasanya, disertai dengan gangguan yang lebih serius seperti:
1. Anda memiliki cedera kepala yang signifikan
2. Sakit kepala berat
3. Leher terasa kaku
4. Penglihatan menjadi kabur
5. Mengalami gangguan pendengaran secara tiba-tiba
6. Mengalami kesulitan saat berbicara
7. Mengalami kelemahan di bagian kaki atau lengan
8. Penurunan kesadaran
9. Jatuh dan kesulitan berjalan
10. Dada sakit seperti nyeri
11. Detak jantung melambat atau semakin cepat
Jika pusing yang anda rasakan disertai gejala seperti di atas, maka sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih lanjut.

Obat Kepala Sering Pusing

Sebelum mencari tahu obat yang tepat untuk Kepala Sering Pusing dan badan lemas, ada diagnosa yang harus dilakukan terlebih dahulu. Berikut beberapa prosedur yang harus anda lewati:
1. Pengujian gerakan mata sehingga dokter akan mengamati gerakan mata saat anda melihat benda-benda bergerak.
2. Pengujian posturography, untuk menunjukkan bagian dari sistem keseimbangan tubuh yang sedang bermasalah.
3. Pengujian dengan kursi berputar yang dijalankan oleh sistem komputr.
4. Magnetic Resonance Imaging (MRI) agar mendapat gambar lebih jelas tentang tubuh dan penampang kepala anda.

Obat Kepala Sering Pusing

Selain obat, dokter akan memberikan pengobatan untuk anda yang mengalami Kepala Sering Pusing dan mual. Semua perawatan pengobatan diberikan berdasarkan jenis gejala yang anda keluhkan.

1. Terapi fisik posisi kepala atau canalith reposisi dilakukan untuk mendapatkan hasil efektif dengan 1 hingga 2 kali perawatan. Perawatan ini diberikan pada penderita yang mengalami sering pusing karena Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)
2. Latihan keseimbangan atau rehabilitasi vestibular yang juga digunakan sebagai pengobatan neuronitis vestiular akut atau labyrinthitis. Prosedur ini juga dapat mengobati pusing yang disebabkan oleh kondisi telinga dalam yang bermasalah.
3. Jika pusing yang muncul disebabkan oleh penyakit meniere, maka dokter akan membantu mengurangi retensi cairan tubuh serta melakukan diet rendah garam melallui penggunaan obat-obatan diuretic.
4. Psikoterapi, pengobatan ini dilakukan jika pusing yang terlalu sering disebabkan oleh kecemasan atau stress yang berlebihan. Itulah obat sakit kepala pusing pilih sesuai keadaan anda saat ini.

Kepala Sering Pusing Disertai Rambut Rontok

Jika Kepala Sering Pusing disertai dengan rambut rontok yang berlebihan, atau sakit kepala dengan nyeri di bagian belakang yang terasa amat sakit saat anda bangun tidur dengan penglihatan menjadi sensitif terhadap cahaya yang silau, penyebabnya bisa dikarenakan adanya masa pergantian rambut yang baru. Jika rambut rontok hingga 100 helai perhari, maka masih dikatakan normal. Namun, jika kondisi ini tidak dikarenakan masa pertumbuhan, maka bisa menjadi sebuah tanda masalah serius.
Rasa sakit kepala yang berat dan benar-benar sakit bisa dikarenakan adanya pergantian rambut. Anda baru boleh waspada jika rambut mengalami rontok yang berat karena bisa menjadi pertanda dari beberapa penyakit seperti berikut:

1. Adanya gangguan infeksi kulit kepala seperti kurap, kutu, lupus dan lichen planus.

2. Adanya alopecia areata, kondisi dimana sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut sehingga muncul bercak pada kulit kepala di bagian rambut rontok.

3. Cicatrical alopecia, rambut terus rontok dan tidak bisa tumbuh lagi.

4. Telogen Effluvium, jenis kerontokan rambut pasca operasi besar pada tubuh, kehamilan atau peristiwa apapun yang memicu stress.

5. Perawatan kanker, Kepala Sering Pusing disertai rambut rontok disebabkan anda sedang dalam masa perawatan kanker. Penderita kanker akan mengalami rambut rontok sebab dalam perawatannya diharuskan melewati berbagai prosedur pengobatan seperti radiasi dan obat-obatan.

6. Adanya gangguan kelenjar tiroid
Rambut rontok bisa disebabkan karena kurangnya gizi seperti protein, zat besi, vitamin, zinc dan juga omega3. Bahkan jika anda kurang minum air putih, anda pun akan merasa pusing, mata terasa sakit karena terkena cahaya silau dan rambut mengalami rontok berat.
Beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah sakit kepala yang terlalu sering adalah dengan tidak menyisir rambut terlalu kuat, mengikat rambut setiap hari, tidur dengan rambut basah, menggunakan alat kimia berbahaya untuk rambut, tidak menyisir rambut sehabis keramas, mencukupi kebutuhan gizi tubuh, rajin mengkonsumsi telur dan sayuran, tidak melakukan diet berlebih dan makan gizi yang seimbang.

Selain itu, anda juga harus rutin istirahat yang cukup dan pintar-pintar mengendalikan stress. Anda juga disarankan untuk rajin berolahraga paling tidak 4 kali dalam seminggu dengan rata-rata waktu 20 menit. Hindari juga berjemur di bawah panas matahari terlalu lama. Demikian informasi tentang sebab, gejala, akibat dan obat kepala sering pusing dan rambut rontok dari Obatpusing.Com. Semoga membantu!
Previous Post
Next Post

0 komentar: